Memilih Susu Yang Tepat Untuk Anak Usia 1-3 Tahun

 On July 12, 2018  

Memiliki anak yang sehat tentu menjadi idaman setiap orang tua, karena dengan melihat anak-anak yang riang gembira tanpa gangguan kesehatan adalah sebuah kebahagiaan yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Oleh karenanya, bermacam upaya dilakukan agar anak senantiasa sehat dan bahagia, apalagi dalam masa tumbuh kembangnya. Terlebih bagi mereka yang baru memiliki anak pertama kali, terkadang terlalu “sensitive” terhadap hal-hal kecil yang berkaitan dengan buah hati mereka.
Ilustrasi. Photoright: lisa runnels / www.pixabay.com
Bagi ibu yang disibukkan dengan pekerjaan, tentu tak bisa sewaktu-waktu memberikan asi kepada anak mereka, oleh karenanya diperlukan susu pendamping agar pertumbuhan anak tidak terganggu. Ada banyak susu pertumbuhan anak 1-3 tahun yang beredar dipasaran, berbagai kandungan nutrisi ditawarkan oleh masing-masing produsen. Sebagai orang tua, tentu harus teliti dalam memilihkan susu pendamping untuk anak mereka, tidak boleh asal atau hanya terpengaruh oleh iklan yang terkadang kurang sesuai dengan kebutuhan usia anak.

Dari referensi yang pernah saya baca, susu pertumbuhan anak 1-3 tahun juga membantu si kecil dalam pemenuhan asupan gizi, terutama bagi anak dalam usia pertumbuhan. Manfat susu bagi anak umur diatas 1 tahun adalah untuk mendorong proses tumbuh kembang. Kandungan kalsium dalam susu penting dalam masa perkembangan tulang dan gigi, serta macam jenis vitamin lainnya. Tubuh lebih mudah menyerap kandungan kalsium dalam susu dibanding dari jenis sumber makanan lainnya. Karena pentingnya peran susu dalam masa pertumbuhan anak, sebagai orang tua perlu memahami cara memilih susu pertumbuhan yang sesuai dengan anak. 

Nah, dengan mempertimbangkan pentingnya memilih susu pendamping yang tepat untuk buah hati, tentu sebagai orang tua harus lebih teliti lagi dalam menentukan pilihan. Jangan asal pilih, baca baik-baik kandungan nutrisi yang ada dalam susu, dikemasan biasanya tercantum. Susu formula dengan laktosa sebagai sumber utama karbohidrat sangat direkomendasikan. Hal lain yang patut menjadi perhatian orang tua dalam memilih susu pertumbuhan bagi anak diantaranya:
  1. Memilih susu formula sesuai dengan usia anak. Setiap tingkatan usia memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, jangan asal pilih. Kebutuhan susu anak usia 1-3 tahun tentu berbeda dengan anak usia 4-6 tahun, jangan salah pilih.
  2. Kandungan nutrisi dalam susu. Biasanya kandungan nutrisi dalam susu tertera dalam label, baca baik-baik, apakah sesuai dengan kebutuhan atau belum. 
  3. Pilih rasa yang enak. Pemilihan rasa susu tidak kalah penting, jangan sampai si kecil tidak mau minum susu gara-gara rasanya yang tidak enak.
Selain hal-hal diatas, tentunya masih banyak pertimbangan lain yang patut dijadikan acuan orang tua sebelum memutuskan memilih susu untuk si buah hati. Kadang orang tua memilih susu untuk anak berdasarkan harga yang murah, hal ini tidak sepenuhnya keliru, tapi akan lebih baik bila pemilihan susu didasarkan pada kebutuhan si kecil. Bisa jadi susu yang harganya terjangkau sudah sesuai dengan kebutuhan, tinggal pandai-pandainya orang tua mensikapi hal ini.

Apapun itu, asi masihlah pilihan utama dan sangat disarankan. Pemberian susu formula juga penting sebagai pendukung asi, apalagi saat ini banyak orang tua yang tidak bisa sepanjang hari menunggu anak-anak mereka. Apapun itu, orang tua lah yang mengerti apa yang terbaik bagi anak-anak mereka.

Semoga sedikit yang saya sampaikan ini bisa memberi manfaat. Bila dirasa kurang, Anda bisa mencari referensi yang banyak dimuat diberbagai tulisan online maupun online. Atau biar lebih mantap, bisa konsultasikan ke dokter anak disekitar Anda. Terima kasih.
Memilih Susu Yang Tepat Untuk Anak Usia 1-3 Tahun 4.5 5 Sukadi July 12, 2018 Memiliki anak yang sehat tentu menjadi idaman setiap orang tua, karena dengan melihat anak-anak yang riang gembira tanpa gangguan kesehatan...


No comments:

Post a Comment