Tahap-tahap Penanganan Luka Terbakar yang Tepat

 On July 21, 2018  

Dalam kehidupan sehari-hari, ada saja kejadian yang dapat menyebabkan kita terkena luka bakar. Entah karena terkena air panas, minyak panas, knalpot motor, bahan kimia, sengatan matahari dan benda atau pahan yang memiliki sumber panas.

Tingkat derajat luka terbakar pada kulit juga berbeda-beda sehingga penanganannya pun menyesuaikan dengan keparahan yang terjadi. Cara membalut luka bakar dan mengobatinya dengan tepat, akan membantu mempercepat proses penyembuhan dan mungkin saja tidak akan menimbulkan bekas luka bakar pada kulit. 
Ilustrasi. Photoright: Credit Robert Owen-Wahl / www.pixabay.com 
Sebelum Anda melakukan penanganan dengan cara membalut luka bakar, ada beberapa tahap yang harus dilakukan jika terkena luka bakar. Namun hal ini hanya boleh dilakukan jika Anda terkena luka derajat satu dan dua, atau luka bakar minor.

Mengalirkan air di atas luka

Jika Anda terkena luka bakar, segera letakan letakan bagian yang terluka di bawah air yang mengalir selama sekitar 10 hingga 15 menit. Hal ini juga bertujuan, agar luka yang terjadi tidak mengalami pelebaran. Sebaiknya jangan menggunakan air es, karena dapat menyebabkan kerusakan kulit lebih parah

Lepaskan aksesoris yang melekat pada area kulit terbakar

Pada saat Anda sedang mengalirkan air pada luka bakar, sebaiknya lepaskan aksesoris yang melekat pada tubuh. Hal ini dapat membantu memperlancar aliran darah menuju bagian yang terluka, sehingga penyembuhannya akan semakin cepat. Selain itu, perhiasan yang ketat dapat menyebabkan kerusakan kulit yang lebih parah.

Letakan kompres dingin pada luka

Jika tidak ada air mengalir di sekitar Anda, bisa juga menggunakan kompres es yang telah dibalut handuk. Letakan handuk tersebut di atas luka dan diamkan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Setelah itu diamkan selama 30 menit, kemudian kompres kembali.

Minum obat pereda sakit

Luka bakar biasanya menyebabkan rasa sakit terkena. Anda bisa meminum obat pereda rasa sakit jika tidak tahan dengan rasa perih yang dirasa. Obat seperti ini tidak membutuhkan resep dokter untuk mendapatkannya. Seperti ibuprofen, aspirin, naproxen dan parasetamol.

Bersihkan luka dan balut 

Untuk mencegah terjadinya infeksi, gunakanlah air dan sabun  untuk membersihkan luka. Setelah itu oleskan antibiotik yang biasa digunakan untuk luka bakar. Bisa juga menggunakan aloe vera untuk menenangkan kulit. Setelah itu sebagai tahap akhir, lakukan cara membalut luka bakar menggunakan plester perekat luka dengan benar untuk melindungi luka bakar dari bakteri yang bisa menempel. 
Tahap-tahap Penanganan Luka Terbakar yang Tepat 4.5 5 Sukadi July 21, 2018 Dalam kehidupan sehari-hari, ada saja kejadian yang dapat menyebabkan kita terkena luka bakar. Entah karena terkena air panas, minyak panas...


1 comment:

  1. wow jadi pelajaran nih kalo kenapa napa langsung pake cara ini

    ReplyDelete