Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Jalan-jalan Atau Liburan - Sukadi.net

March 19, 2023

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Jalan-jalan Atau Liburan

Menikmati liburan membutuhkan banyak persiapan, selain uang, kelengkapan pendukung lain juga perlu dipersiapkan. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat libur, bisa yang bersifat outdoor maupun jalan-jalan dengan variasi menginap di hotel atau penginapan non hotel lainnya. Misalkan saja menikmati liburan ke luar kota, ke tempat wisata misalnya, kurang nikmat rasanya bila tanpa menginap.

Bagi Anda yang ingin jalan-jalan atau liburan, selain waktu, ada dua hal yang penting untuk dipersiapkan menurut saya. Tempat menginap dan pakaian. Walau sebenarnya kalau dikerucutkan lagi yang terpenting adalah dana atau uang. :)

Pilihan tempat meningap erat kaitannya dengan ketersediaan dana, bila pilihannya adalah hotel berbintang, tentu budget yang harus dipersiapkan juga menyesuikan dengan kelas hotel tersebut. Sebagai gambaran, dana yang harus dipersiapkan untuk menginap di hotel kelas satu dengan hotel kelas tiga tentu tidak sama.

Ilustrasi. Image by Peggy und Marco Lachmann-Anke from Pixabay.com

Dari artikel yang pernah saya baca, secara klasifikasi, hotel berbintang terbagi dalam beberapa kelas, bintang satu sampai dengan bintang lima. 

1. Hotel Bintang 1

Merupakan pilihan hotel dengan harga paling terjangkau, cocok bagi backpacker atau yang punya budget terbatas. Walau murah, hotel bintang satu juga memiliki aspek yang cukup menarik, diantaranya: kamar dengan jumlah minimal 15 bertipe standar, kamar mandi dalam, memiliki kamar dengan luas minimal 20 m2, serta fasiltas tambahan lain seperti televisi dan kulkas.

2. Hotel Bintang 2

Sedikit diatas hotel kelas satu, dengan fasiltas yang lebih baik, tentu saja harganya juga diatas hotel kelas satu. Secara klasifikasi, hotel bintang dua memiliki kamar minimal 20 dengan tipe standar, kamar standar dengan luas minimal 22 m2, mempunyai minimal satu kamar tipe suite dengan luas minimal 44 m2, sirkulasi udara yang baik, kamar mandi dalam, televisi, AC dan telepon. Dari segi penerangan, hotel kelas dua memiliki kapasitas penerangan minimal 150 lux. Selain itu, ada lobi utama, pintu kamar dengan pengaman, fasiltas olahraga, rekreasi dan bar.

3. Hotel Bintang 3

Hotel dengan fasilitas serta pelayanan yang cukup lengkap, tentu saja lebih nyaman dari hotel kelas satu dan dua. Klasifikasi serta fasilitas dari hotel kelas tiga diantaranya: kamar tipe standar minimal 30 kamar dengan luas minimal 24 m2, kamar tipe suite minimal 2 kamar dengan luas 48 m2, mengelola restoran sendiri, valet parking, ada sarana olahrega dan permainan. Selain itu, fasilitas kamar berupa televisi, Wi-Fi, kamar mandi dan toilet terpisah, AC dan beberapa fasilitas tambahan lainnya.

4. Hotel Bintang 4

Hotel dengan fasiltas mendekati hotel bintang lima, dengan fasiltas dan pelayanan yang lebih baik. Ukuran kamar standar minimal 24 m2 dan kamar ukuran suite minal luas 48 m2. Tentu saja harganya juga cukup lumayan, bisa dicoba bagi yang tak terlalu memikirkan biaya menginap.

5. Hotel Bintang 5

Tempat meningap idaman, karena memiliki fasiltas paling lengkap bila dibandingkan dengan empat hotel dengan kelas dibawahnya. Tak perlu saya jelaskan, karena fasilitas yang diberikan sebanding dengan harga yang harus dikeluarkan.

Bila hanya sekedar jalan-jalan dan tidak membutuhkan fasilitas cukup mewah, memilih hotel kelas satu saya kira sudah cukup. Bisa juga memilih penginapan atau hotel non bintang. Selain budget lebih terjangkau, anggaran untuk penginapan bisa dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan yang lain.

Selain tempat menginap, barang bawaan atau kelengkapan lain juga perlu dipersiapkan. Salah satu kelengkapan bersantai yang saya suka adalah celana pendek, saya pribadi suka dengan celana pendek eiger pria, ya, celana pendek produk dari eiger. Selain nyaman dipakai, produk dari eiger juga terkenal awet karena memang kualitasnya baik. Beberapa rekomendasi celana pendek eiger pria yang saya suka diantaranya:

Eiger X-Mens Motionwalker Shorts

Sumber: eigeradventure.com

Celana pendek ini dibuat dari bahan katun yang elastis, sehingga nyaman untuk digunakan dalam beraktivitas. Jumlah saku yang banyak bisa dipergunakan untuk membawa barang yang seukuran saku tersebut.

Eiger Morecambe Shorts

Sumber: eigeradventure.com

Celana pendek dengan tampilan kasual, simple dan dengan tali ban pinggang. Dengan bahan 100% polyster celana pendek ini cocok untuk dipergunakan saat santai. Dengan desain yang menarik, cocok dipadukan dengan atasan kemeja maupun kaos.

Eiger Trackline Shortpants 1.1

Sumber: eigeradventure.com

Bagi pegiat outdoor, Trackline 1.1 adalah celana pendek yang pas digunakan, karena kelengkapan fitur teknikal yang dirancang untuk berkegiatan outdoor. Dengan bahan dari polyster microfiber, celana ini ringan sehingga memudahkan untuk dibawa ketika traveling.

Nah, dengan apa yang sudah saya bahas diatas, semoga bisa memberi gambaran kira-kira apa saja yang harus dipersiapkan ketika akan melakukan kegiatan saat mengisi hari libur. Hotel, pakaian, kendaraan atau moda transportasi serta kelengkapan lain harus dipersiapkan dan diperhitungkan dengan matang. Bagaimanapun juga kegiatan mengisi liburan adalah upaya untuk melepas penat dan refreshing setelah jenuh dalam beraktivitas. Jangan sampai kurang matang perhitungan yang nantinya malah menimbulkan hal-hal yang kurang menyenangkan. Semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda