Bicara Tentang Kacamata - Sukadi.net

July 23, 2014

Bicara Tentang Kacamata

Kacamata biasa digunakan sebagai alat bantu untuk melihat, karena mata minus. Namun, banyak orang yang menggunakan kacamata untuk aksesoris, alat bantu untuk menikmati hiburan atau untuk keperluan lainnya. Beberapa jenis kacamata diantaranya:
  • Kacamata 3D. Kacamata 3D merupakan kacamata yang digunakan untuk menonton film tiga dimensi di mana kacamata 3D ini merupakan alat bantu vital untuk mendapatkan sensasi tiga dimensi. Kacamata ini memiliki satu lensa yang berwarna merah dan satu lensa yang berwarna biru atau cyan.
  • Kacamata hitam. Kacamata hitam adalah kacamata yang mempunyai lensa yang gelap (biasanya berwarna hitam). Tujuan pembuatan kacamata ini adalah untuk melindungi mata dari cahaya silau hingga cahaya ultraviolet (UV). Kacamata hitam digunakan selain untuk melindungi mata dari cahaya, juga sering digunakan untuk alasan gaya. Kacamata hitam juga seringkali digunakan oleh para tuna netra untuk alasan estetika supaya orang tidak bisa melihat mata mereka.
  • Kacamata baca. Kacamata baca adalah kacamata yang digunakan untuk membantu mata mencapai penglihatan normalnya ketika membaca. Kacamata jenis ini menjadi kebutuhan bagi para penderita cacat mata.

Dipasaran banyak kacamata pria dan kacamata wanita. Beberapa hal yang membedakan diantaranya terletak pada ukuran frame, warna frame (karena kecenderungan selera warna antara laki-laki dan perempuan berbeda). 
****8****
Bukalah kacamatamu
bila kau ingin memandangku
tak perlu kau sembunyi
curi pandang malu dong aah 
Gelisah resah hatiku
serasa dag dig dug jantungku
hitam kacamatamu membuatku
jadi salah tingkah
.....

Bukalah Kacamatamu, demikian judul lagu yang dinyanyikan oleh Rano Karno, penggalan liriknya seperti yang tertulis diatas. Pertanyaan sekarang adalah, apakah memang orang yang berkacamata hitam itu bisauntuk menyimpan rahasia?.

Kacamata hitam tak selalu identik dengan kacamata pria, karena banyak juga perempuan yang sering mengguakan kacamata hitam, mungkin saja proporsinya tidak jauh beda. Beberapa orang terkenal yang sering menggunakan kacamata diantaranya Atiek CB, Dedy Dores, Ari Wibowo, dan masih banyak lagi. Bahkan dalam foto-fotonya, presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno juga sering berkacamata hitam.

Secara umum kacamata hitam bisa digunakan sebagai alat untuk melindungi mata dari sinar matahari, melindungi mata dari debu dan bisa membuat si pemakai menjadi percaya diri. Tapi entah kenapa saya malah jarang untuk menggunakan kacamata hitam meskipun sebenarnya saya punya. Saya malah merasa kurang percaya diri menggunakan kacamata hitam. Sudah beberapa kali saya mempunyai kacamata, namun kesemuanya hanya saya pakai beberapa kali saja. Ada rasa kurang percaya diri saat harus menggunakan kacamata, apalagi kacamata yang saya punya adalah berkaca hitam. Apakah Anda suka berkcamata hitam?

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Kacamata

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda