Laki-laki Wajib Punya 5 Aksesoris Ini Agar Penampilan Jadi Makin Keren

Walaupun penampilan bukanlah segalanya akan tetapi, terlihat menarik di mata sendiri maupun di mata orang lain adalah modal berharga yang b...

Mari Berkenalan dengan Busbar pada Panel Listrik

 On February 1, 2018  

Pernah dengar istilah busbar? Bagi Anda yang sering berurusan dengan service panel listrik, mungkin sudah tidak asing lagi. Namun bagi Anda yang awam, silakan simak penjelasan berikut ini.

Busbar adalah susunan konduktor yang biasanya berupa plat tembaga atau aluminium yang digunakan dalam sebuah panel listrik. Busbar ini dapat mendistribusikan atau menghantarkan energy listrik sesuai dengan keperluan yang tentu saja terdapat masukan dan keluaran dari panel listrik.
Ilustrasi. Photoright: Michal Jarmoluk / www.pixabay.com
Bentuknya adalah plat atau penampang tembaga persegi panjang. Ada pula yang berbentuk tabung dengan ukuran yang cukup tebal untuk bisa menghantarkan arus yang sangat besar. Busbar berbahan logam aluminium ini memiliki kelebihan seperti:
  • Biaya yang murah
  • Konduktivitas yang tinggi
  • Tahan dengan korosi
Terdapat beberapa jenis pengaturan busbar yang bergantung pada faktor kebutuhan instalasi, tegangan voltase sistem daya listrik, posisi gardu, dan juga faktor biaya. Sebelum menginstalasi busbar, Anda perlu memerhatikan faktor-faktor penting seperti berikut:
  • Perhatikan kebutuhan ekspansi daya kedepannya
  • Pengaturan busbar wajib dibuat sederhana dengan pemeliharaan yang mudah
  • Terdapat alternative pengaturan sebagai antisipasi terjadinya pemadaman
  • Instalasi sebisa mungkin dibuat seekonomis mungkin dengan tetap memperhatikan kapasitas dari panel daya gardu listrik
  • Harus memperhatikan maksimum kapasitas arus yang akan dilewati
Alasan menggunakan busbar

Busbar digunakan di dalam panel listrik bertujuan untuk mempermudah instalasi maupun perubahan. Sebenarnya tanpa busbar juga bisa menggunakan kabel yang berukuran besar. Namun cukup merepotkan untuk digunakan, mengingat kabel tersebut memiliki lapisan isolator yang tebal. Tidak hanya itu, plat busbar juga lebih efektif dalam mengantisipasi panas berlebih karena arus yang dilewati juga cukup besar.

Bayangkan jika ternyata dibutuhkan daya listrik baru, sedangkan di dalam panel listrik menggunakan instalasi kabel seluruhnya tanpa busbar. Tentu hal tersebut akan merepotkan, bukan? Nah, jika menggunakan busbar, Anda hanya tinggal menghubungkan saja dengan terminal yang sudah tersedia. Biasanya bentuknya berupa sekrup logam.

Jadi, sudah cukup paham mengenai definisi dan fungsi busbar pada panel listrik, kan?
Mari Berkenalan dengan Busbar pada Panel Listrik 4.5 5 Sukadi February 1, 2018 Pernah dengar istilah busbar? Bagi Anda yang sering berurusan dengan service panel listrik , mungkin sudah tidak asing lagi. Namun bagi And...


No comments:

Post a Comment