5 Pertanyaan Terpopuler Tentang Diet Keto, Cek Jawabannya Di Sini

 On February 11, 2019  

Sudah dengan tentang diet keto yang beberapa waktu ini sangat populer di Indonesia? Anda pasti sempat mendengar kalau diet ini memperbolehkan Anda untuk mengonsumsi makanan berlemak. Hmm, hal tersebut seperti impian jadi nyata, ya. Kapan lagi bisa diet tapi tetap mengonsumsi makanan berlemak yang rasanya sudah pasti enak?
Ilustrasi. Photoright : Steve Buissinne / www.pixabay.com
Jangan terburu senang dulu, sebab ada informasi yang perlu Anda ketahui sebelum mencoba diet keto. Berikut ini adalah 5 pertanyaan yang paling sering muncul berkenaan dengan diet keto. Yuk, simak jawaban lengkapnya di sini:

Bagaimana bisa mengonsumsi lemak justru menurunkan berat badan?

Pertanyaan pertama yang paling  banyak diajukan mengenai diet keto adalah bagaimana bisa lemak yang dikonsumsi malah menurunkan berat badan. Ya, hal ini memang bisa terjadi ketika tubuh membatasi asupan karbohidrat hanya 20 gram setiap harinya. Jumlah ini kira-kira setara dengan sesendok nasi putih. Jadi bisa dibayangkan kalau tubuh kekurangan karbohidrat yang biasanya digunakan sebagai sumber energi, maka ia akan mulai mengambil lemak untuk dibakar. Saat itulah tubuh berada dalam fase ketosis dan bisa mengurangi timbunan lemak karena menggantikan karbohidrat untuk dibakar.

Apa semua makanan berlemak boleh dikonsumsi saat diet keto?

Pasti menyenangkan membayangkan bisa menyantap semua makanan berlemak seperti ayam tepung dan kentang goreng. Tapi sayangnya, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah tidak! Sebab lemak yang boleh dikonsumsi adalah lemak sehat yang berasal dari bahan makanan segar, bukan makana olahan. Daging, ikan, dan ayam panggang, telur rebus, alpukat, minyak zaitun, kacang-kacangan, adalah beberapa contoh sumber lemak baik yang bisa Anda konsumsi selama menjalani diet keto. Sumber karbohidrat seperti kentang justru bisa menggagalkan diet Anda. Termasuk juga roti, pasta, tepung, dan segala sesuatu yang tinggi gula sangat tidak dianjurkan dikonsumsi ketika diet keto.

Apakah selama diet keto tetap harus menghitung kalori yang masuk?

Tentu saja! Sebab prinsip utama dari diet untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi kalori. Kalau Anda mengonsumsi kalori melebihi batas kebutuhan tubuh, diet apapun yang dilakukan termasuk diet keto tak akan bisa membuahkan hasil. Jadi kalau Anda memang ingin melakukan diet keto dan berharap bisa turun berat badan, pastikan kalori yang dikonsumsi setia hari ada di bawah kebutuhan kalori maksimal Anda. Banyak kok, aplikasi penghitung kalori yang bisa digunakan untuk melacak berapa banyak kalori yang sudah Anda konsumsi.

Samakah diet keto dengan diet yang membebaskan kita untuk konsumsi jeroan dan santan?

Banyak sekali pertanyaan semacam ini, mengenai diet keto yang katanya sama dengan salah satu jenis diet di mana Anda boleh makan telur tanpa batas dan mengonsumsi jeroan serta menenggak santan. Kembali lagi ke pertanyaan awal, diet keto memang dilakukan dengan mengonsumsi lebih banyak lemak. Tapi perlu digarisbawahi bahwa yang dikonsumsi haruslah lemak sehat. Jadi bisa Anda jawab sendiri, apakah diet tersebut sama dengan diet keto atau tidak.

Apakah diet keto aman untuk kesehatan?

Membayangkan kalau diet ini harus mengonsumsi banyak lemak, tampaknya cukup menyeramkan ya. Tapi diet keto ini sangat aman untuk kesehatan kok, asalkan Anda melakukannya sesuai dengan aturan. Namun untuk beberapa kasus di mana ada penyakit seperti PCOS dan diabetes, maka harus berkonsultasi dengan dokter dahulu sebelum melakukan diet ini.
5 Pertanyaan Terpopuler Tentang Diet Keto, Cek Jawabannya Di Sini 4.5 5 Sukadi February 11, 2019 Sudah dengan tentang diet keto yang beberapa waktu ini sangat populer di Indonesia? Anda pasti sempat mendengar kalau diet ini memperbol...


No comments:

Post a Comment