Sebelum Cari Info Kontrakan Jogja, Ini Beberapa Hal yang Wajib Diketahui - Sukadi.net

February 20, 2019

Sebelum Cari Info Kontrakan Jogja, Ini Beberapa Hal yang Wajib Diketahui

info kontrakan jogja
Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau yang populer dengan nama Jogja, bisa dibilang jadi salah satu kota favorit sebagai destinasi wisata di Indonesia.

Karena ini pula banyak orang yang berpikir bahwa kota ini menjadi salah satu tempat yang menyenangkan untuk ditinggali.

Hal ini setidaknya dibuktikan oleh berita dari tribunnews.com yang mengungkapkan bahwa selama 2018 saja, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta, mencatat ada 11.923 pendatang. 

Jumlah penduduk Kota Jogja kini mencapai 413.961 jiwa, yang mana ada peningkatan dari sebelumnya sekitar 410 ribu jiwa.

Bisa ditebak sebagian pendatang kota ini berasal dari kalangan pelajar alias mahasiswa. Maklum, sebagai Kota Pelajar, Jogja jadi salah satu tujuan favorit untuk menimba ilmu. Kita semua tentu tahu kualitas Universitas Gajah Mada yang jadi kebanggaan Jogja.

Namun, ternyata tak sedikit yang tadinya tinggal sementara selama kuliah, akhirnya merasa betah dan mencari pekerjaan di sini, hingga kemudian menetap.

Hal ini dimaklumi juga, karena Jogja memang punya magnet yang luar biasa. Padahal untuk bekerja, upah minimumnya bisa dibilang tidak terlalu besar. 

Upah minimum kota di Provinsi DIY paling tinggi adalah Kota Jogja yakni sekitar 1,8 juta rupiah, diikuti oleh Sleman dan Bantul yang berkisar 1,7 juta rupiah.

Namun ini juga sejalan dengan biaya hidup yang relatif murah. Mulai dari harga makanan hingga sewa kos atau kontrakan semuanya lebih murah dibanding kota besar lainnya.

Cara mudah cari info kontrakan Jogja 


cara mudah cari info kontrakan jogja
Saat ini sudah banyak kemudahan kalau Anda ingin mencari kontrakan. Terutama karena kehadiran teknologi.

Mencari info kontrakan Jogja jadi sangat mudah dengan hanya mengunjungi forum yang menyedia kontrakan, atau mengunjungi website listing properti hingga mengunduh aplikasi di handphone yang menyediakan info kosan dan kontrakan.

Di sini, Anda bisa memilih kontrakan yang sesuai dengan kebutuhan. Jadi lebih efektif dan efisien ya?

Dengan begini juga Anda bisa dengan mudah mengetahui harga, spesifikasi dan tampilan dari kontrakan. Ini akan mempersingkat waktu, karena Anda bisa langsung menyeleksi kontrakan yang masuk dalam kualifikasi Anda.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, keutamaan tinggal di Jogja adalah biaya hidup yang murah, maka tak heran jika harga jadi pertimbangan utama dalam mencari kontrakan.

Tak perlu khawatir, karena cukup banyak pilihan. Misalnya bisa dilihat dari salah satu info kontrakan Jogja yang tersedia secara online

Ada rumah baru yang dikontrakkan dengan biaya 8,5 juta rupiah per tahun atau sekitar 700 ribu saja per bulan.

Luas bangunan 80 m2, dimana kondisi rumahnya sendiri adalah bangunan yang masih baru, dan tentunya dilengkapi berbagai ruang berupa kamar mandi, kamar tidur, ruang tamu dan dapur. Ditambah lagi akses jalan di depan rumah yang memadai.

Cari info kontrakan Jogja? Cek dulu beberapa hal ini!


tips cari info kontrakan jogja
Jika Anda sedang mencari info kontrakan Jogja atau di tempat lainnya, ada beberapa hal yang perlu Anda cek dengan teliti untuk jadi bahan pertimbangan. Ini tujuannya agar Anda tidak salah dalam memilih hunian.

Beberapa tips-nya antara lain:

1. Lokasi, akses dan lingkungan

Tanpa disadari, memilih kontrakan yang dekat ke tempat kerja tak hanya bisa lebih hemat biaya transportasi, tapi juga bagus untuk psikologis karena Anda tidak akan kelelahan di jalan karena jarak tempuh yang jauh.

Lalu pastikan bahwa lingkungan kontrakan Anda aman, alias tidak rawan tindak kejahatan. Kalau perlu cari kontrakan yang memiliki sistem keamanan yang baik.

Kalau akses, pastikan kontrakan Anda dekat ke fasilitas umum seperti rumah sakit dan pusat perbelanjaan. Karena ini bisa memudahkan Anda dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

2. Durasi sewa

Tentu Anda tahu ya, kalau menyewa kontrakan pilihan pembayarannya bisa bulanan atau tahunan. Kelebihan kontrakan bulanan, Anda bisa sudahi masa sewa jika ternyata di kemudian hari ada hal-hal yang tidak berkenan. 

Lagipula, dengan sistem pembayaran bulanan akan terasa lebih ringan di kantong, ketimbang yang tahunan.

Intinya, sesuaikan saja dengan kemampuan keuangan Anda, dan pertimbangkan dengan bijak.

3. Kondisi bangunan

Mengecek kondisi rumah ini adalah langkah wajib untuk dilakukan karena ini juga menyangkut kenyamanan Anda juga nantinya. 

Sekaligus untuk memastikan jika ada segala sesuatu yang perlu diperbaiki oleh pemilik kontrakan sebelum Anda tempati.

Kenapa tinggal di Jogja?


alasan tinggal di  jogja
Banyak jawaban dari pertanyaan di atas. Selain yang sudah disebutkan di awal, Anda juga masih perlu tahu alasan di balik Jogja jadi tempat ideal untuk berdomisili.

Tingkat kemacetan yang tidak separah kota besar lainnya. Ini tentu jadi pertimbangan bagi orang-orang khususnya yang sudah bosan tinggal di kota besar seperti Jakarta yang jalanannya selalu dihiasi kemacetan. 

Lalu untuk ukuran kota yang besar, Jogja masih terbilang bisa diakses dengan mudah mau kemanapun tujuannya.

Jadi dalam sehari, Anda bisa pergi ke beberapa tempat tanpa harus menghabiskan banyak waktu di jalanan.

Ini tentunya akan memengaruhi gaya hidup masyarakatnya yang cenderung santai dan jauh dari kata crowded.

Bicara masyarakat Jogja, hal yang menyenangkan dari kota ini adalah karakter orangnya yang ramah dan sederhana. 

Hal ini karena orang asli Jogja masih menjunjung tinggi nilai budaya dan kesopanan, yang berpengaruh langsung terhadap cara mereka berinteraksi.

Nilai budaya memang masih melekat di masyarakat Jogja. Terbukti dari seringnya diadakan acara bertema kebudayaan, sehingga membuat Yogyakarta memiliki keunikan tersendiri. 

Acara budaya bisa jadi alternatif bagi Anda untuk menghabiskan waktu luang, misalnya datang ke acara seperti Festival Kesenian Yogyakarta atau Festival Gamelan.

Kalau ingin pilihan tempat refreshing menghabiskan waktu luang, banyak sekali destinasi wisata di Jogja, mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, kuliner dan sebagainya. 

Beberapa destinasi yang cukup populer dari Jogja adalah Candi Prambanan, Kulon Progo, Gunungkidul hingga Pantai Parangtritis.

Tak kalah populer kawasan wisata belanja yakni Malioboro dan Pasar Beringharjo

Selain pariwisata, sektor perekonomian lainnya di kota ini meliputi investasi; perindustrian, perdagangan, koperasi dan UKM.

Jogja bahkan memiliki produk ekspor seperti produk dari olahan kulit, tekstil, dan kayu. Pakaian jadi tekstil dan mebel kayu merupakan produk yang mempunyai nilai ekspor tertinggi dari Jogja. 

Hasil pertanian Jogja juga diklaim bisa mencukupi kebutuhan pangan. Sementara produksi perikanan budidaya tahun 2010 mencapai hampir 40 ton dan perikanan tangkap mencapai lebih dari 4 ribu ton.

Dari segi kesejahteran, DIY mengalami peningkatan, dimana menurut data di Wikipedia, tahun 2007 jumlah keluarga miskin sebanyak 275.110 RTM dan menerima bantuan raskin dari pemerintah pusat.

Lalu tahun 2010 meningkat dengan penurunan persentase penduduk miskin menjadi 16,83%.

Dari segi lokasi pun Jogja sangat strategis, karena terletak di jalur utama, yaitu Jalan Lintas Selatan yang menghubungkan Yogyakarta, Bandung, Surakarta, Surabaya dan kota-kota di selatan Jawa, serta jalur Yogyakarta – Semarang, yang menghubungkan Yogyakarta, Magelang, Semarang dan kota-kota di lintas tengah Pulau Jawa. 

Jadi, apa Anda tertarik untuk tinggal di Jogja?

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda