Sulit Mendapatkan Rumah di Jakarta Utara yang Murah? Ngontrak Aja!

 On September 27, 2019  

Cover
(Photo: Freepik)
Di tengah mahalnya harga hunian tapak di kota-kota besar, mengontrak rumah sepertinya menjadi pilihan yang cukup masuk akal untuk dilakukan, apalagi jika Anda mencari rumah di Jakarta Utara yang murah.

Sebagai salah satu daerah yang paling diminati oleh warga ibu kota, rumah-rumah di Jakarta Utara menjadi buruan bagi banyak orang, baik peruntukan sebagai hunian pribadi atau lahan investasi properti.

Maka tidak heran, apabila harga rumah di sana setiap tahunnya melonjak hingga angka yang cukup tinggi.

Di kawasan Kelapang Gading misalnya, harga tanah di sana telah mencapai Rp21 juta per meter persegi. Sedangkan, harga tanah di daerah Sunter saat ini sudah berkisar Rp17 juta per meter perseginya.

Dengan melihat harga lahan dari kedua daerah ini saja kita sudah bisa mengetahui, bahwa sulit sekali mendapatkan rumah di Jakarta Utara yang murah.

Akan tetapi, apakah itu artinya kita tidak bisa bermukim di kawasan tersebut? Tentu saja tidak, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengontrak rumah.

Akan tetapi, mencari rumah kontrakan berharga murah pun ternyata sulit lho, untuk dilakukan. Oleh sebab itu, berikut ini tips yang bisa Anda ikuti demi mendapatkan harga kontrakan yang murah.

Tips Mengontrak Rumah di Jakarta Utara yang Murah

Harga sewa rumah kontrakan sudah pasti lebih murah jika dibandingkan dengan membeli sebuah rumah.

Kendati demikian, cara ini merupakan cara sementara yang dapat kita lakukan sebelum mendapatkan hunian pribadi. Sebab, tentu saja Anda tidak mau menempati rumah kontrakan selamanya, bukan? Jika demikian, yuk kita lihat tips mengontrak rumah di Jakarta Utara yang murah di bawah ini.

1. Riset Harga Pasaran Rumah Kontrakan

Sebelum mencari rumah kontrakan, usahakan agar Anda melakukan riset terlebih dahulu. Pasalnya, harga sewa rumah kontrakan di setiap daerah tentu berbeda-beda.

Cara yang paling mudah dalam menemukan harga pasaran rumah kontrakan di suatu daerah adalah dengan mencarinya lewat situs properti, seperti halnya laman 99.co/id atau biasa dikenal 99.co Indonesia.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan kata kunci “Rumah Kontrakan di Jakarta Utara,” maka keluarlah sejumlah rekomendasi listing yang sesuai dengan pencarian tersebut.

Dari situ Anda bisa mengetahui berapa harga kisaran sewa rumah di Jakarta Utara yang murah, sekaligus Anda juga bisa mencari rumah kontrakan yang Anda inginkan di sana.

2. Sesuaikan Fasilitas dengan Kebutuhan
Pilih fasilitas rumah kontrakan sesuai kebutuhan
(Photo: Freepik)
Selayaknya rumah biasa, harga sewa rumah kontrakan juga dipengaruhi oleh lokasi dan fasilitas pendukung yang terdapat di dalamnya.

Semakin lengkap fasilitas yang tersedia di kawasan tersebut, maka semakin mahal pulalah biaya sewa rumah kontrakan.

Oleh karenanya, pilihlah rumah kontrakan yang memiliki fasilitas sesuai kebutuhan Anda saja. Tidak perlu muluk-muluk menginginkan fasilitas mewah yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Ingatlah, bahwa Anda masih memiliki kewajiban untuk menyisihkan sedikit pendapatan Anda per bulan sebagai bekal membeli rumah di Jakarta Utara yang murah.

3. Pilihlah Sewa Rumah yang Bulanan

Pada umumnya, metode pembayaran rumah kontrakan terbagi menjadi tiga, yakni dibayar harian, bulanan, ataupun tahunan.

Untuk kontrakan harian sendiri, rumah tersebut biasanya bukan diperuntukan sebagai tempat tinggal, namun disewakan untuk keperluan penginapan, berbeda dengan kontrakan bulanan dan tahunan.

Akan tetapi, bagi Anda yang ingin mendapatkan harga kontrakan rumah di Jakarta Utara yang murah, saya sarankan untuk menyewa pada kontrakan bulanan.

Menyewa kontrakan per bulan tentu jauh lebih ringan jika dibandingkan membayar biaya sewa full setahun dalam satu waktu.

Selain itu, dengan mengontrak secara bulanan Anda jadi bisa berpindah dalam waktu singkat, tanpa harus memikirkan over contract kontrakan tersebut.

4. Carilah Lokasi yang Paling Dekat dengan Aktivitas Sehari-hari

Jika salah satu alasan Anda mencari rumah di Jakarta Utara yang murah karena alasan efektivitas sehari-hari, maka carilah rumah kontrakan yang dekat dengan kantor Anda.

Selain mempermudah aksesibilitas, tinggal di dekat tempat pekerja juga dapat menghemat ongkos transportasi Anda sehari-hari.

Dengan begitu, dana yang biasanya Anda keluarkan untuk biaya transportasi bisa dialihkan menjadi tabungan untuk membeli rumah.

5. Melakukan Sharing Bersama Teman

Hal ini bisa menjadi cara dalam menghemat biaya sewa rumah apabila Anda masih lajang. Carilah seorang teman atau rekan yang bisa Anda ajak untuk menyewa rumah tersebut bersama-sama (secara kolektif).

Dengan begitu, biaya sewa rumah tidak akan sepenuhnya menjadi beban Anda, melainkan dibagi dua dengan orang tersebut. Hal ini tentu akan membuat biaya sewa rumah di Jakarta Utara yang murah.

Jika Anda tertarik, carilah rumah dengan spesifikasi ruangan yang banyak dan luas, sehingga dapat dihuni oleh lebih dari satu orang.

Keuntungan Menyewa Rumah
Kelebihan sewa rumah
(Photo: Freepik)
Jangan berkecil hati apabila Anda belum bisa membeli sebuah rumah, pasalnya melakukan sewa rumah sekalipun memiliki keuntungan tersendiri bagi penyewa, diantaranya:

1. Tidak Dikenakan Biaya Uang Muka

Salah satu yang menjadi kendala seseorang dalam membeli rumah di Jakarta Utara yang murah adalah dikenakannya biaya uang muka atau down payment (DP) yang cukup tinggi atas rumah tersebut.

Berbeda dengan sewa rumah, yang Anda perlukan hanyalah menyiapkan biaya sewa rumah per bulan.

Beberapa pemilik kontrakan mengenakan biaya deposit sebagai jaminan atas barang-barang yang terdapat di dalam rumah tersebut (apabila rumah full furnish).

Akan tetapi, uang ini biasanya akan dikembalikan kepada penyewa rumah pada saat ia pindah, dengan catatan barang-barang yang terdapat di dalam rumah masih utuh tanpa tidak mengalami kerusakan.

2. Tidak Ada Biaya Tanggungan Perawatan Rumah

Pada umumnya, jika ada kerusakan pada genteng, saluran air, wc, dan lain-lain, maka hal tersebut menjadi urusan tanggungan pemilik rumah, bukan penyewa rumah.

Meski ada juga sih pemilik kontrakan yang tidak memberlakukan peraturan demikian. Oleh sebab itu, komunikasikan hal ini terlebih dahulu dengan pemilik kontrakan sebelum Anda menyewa rumah tersebut.

Pasalnya, biaya perawatan rumah tergolong tidak murah, bahkan jika Anda menanggung biaya tersebut secara pribadi, bisa saja harganya jauh lebih mahal dibandingkan harga sewa rumah itu sendiri.

3. Tidak Perlu Membayar PBB Rumah

Tentu saja, karena Anda bukan pemilik sah atas rumah tersebut, maka Anda tidak perlu repot-repot membayar biaya PBB rumah per bulannya, hal ini menjadi tanggung jawab sepenuhnya pemilik rumah.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah membayar biaya sewa kontrakan secara rutin kepada memilik rumah dan fokus menabung untuk membeli rumah di Jakarta Utara yang Murah.

Itu tadi beberapa hal yang penting Anda ketahui ketika ingin mengontrak rumah di Jakarta Utara. Tips di atas juga berlaku bagi Anda yang ingin mengontrak rumah di daerah-daerah lainnya, lho.

Semoga informasi ini bermanfaat, selamat mencoba!
Sulit Mendapatkan Rumah di Jakarta Utara yang Murah? Ngontrak Aja! 4.5 5 Sukadi September 27, 2019 (Photo: Freepik) Di tengah mahalnya harga hunian tapak di kota-kota besar, mengontrak rumah sepertinya menjadi pilihan yang cukup masuk...


No comments:

Post a Comment