Menjaga Imun Tubuh Workaholic Juga Perlu Diperhatikan - Sukadi.net

July 7, 2021

Menjaga Imun Tubuh Workaholic Juga Perlu Diperhatikan

Cara utama untuk menjaga imun tubuh workaholic yaitu dengan menjaga pola hidup yang sehat. Sistem imunitas pada dasarnya bekerja dalam sebuah system dan tidak berdiri sendiri. Agar sistem tersebut dapat bekerja dengan maksimal, maka diperlukan serangkaian tindakan yang secara rutin dilakukan dengan terus berkelanjutan.

Ilustrasi. Image by Comfreak from Pixabay.com

Berikut merupakan beberapa langkah untuk menjaga imun tubuh yang tepat dan energi untuk bekerja dengan hasil yang baik.

1. Melakukan Kegiatan yang Disukai

Pada dasarnya, sistem imun tubuh dapat dijaga dengan mengonsumsi makanan yang bergizi secara teratur. Namun, hal itu tidaklah cukup, dibutuhkannya aktivitas yang bisa meningkatkan imunitas untuk mencapai tingkat kebugaran yang optimal. 

Setiap orang tentunya memiliki suatu hal yang disukai atau biasa disebut dengan hobi.  Jika pekerjaan membuat Anda sangat sibuk dan stress. Maka, dengan melakukan hobi dapat membantu mengurangi rasa stress dan merasa lebih rileks bahkan bahagia.

2. Membaca Buku Fiksi

Seorang workaholic tentunya merasakan stres setiap harinya. Pada dasarnya rasa stress inilah yang dapat menimbulkan berbagai dampak negatif pada kesehatannya. Karena dengan rasa stress dapat menurunkan imun tubuh workaholic yang menyebabkan terganggunya daya tahan tubuh. 

Dengan membenamkan diri dalam dunia fiksi untuk beberapa waktu di saat istirahat dapat membuat kondisi mental lebih baik. Hal ini dapat mengalihkan fokus dan perhatian terhadap aktifitas yang lain. Dengan membaca atau menonton film fiksi dapat membantu mengembalikan fokus saat kembali bekerja.

3. Menjaga Imun Tubuh Workaholic dengan Berjalan Santai

Jika sudah merasa Lelah dan jenuh karena terus bekerja, namun tidak mempunyai waktu untuk berlibur. Dengan berjalan-jalan santai di sekitar lingkungan rumah dapat dilakukan setiap saat. Berjalan ke kedai kopi terdekat atau bahkan ke taman disekitar tempat tinggal juga dapat dilakukan. 

Hal ini bisa berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh, dengan mengurangi stress akibat pekerjaan yang melelahkan. Selain itu, dengan berjalan santai Anda juga menyempatkan untuk berolahraga.

4. Menyempatkan Meditasi Beberapa Menit

Apakah Anda sudah pernah mencoba melakukan meditasi? Cobalah untuk berhenti sejenak beberapa menit dari pekerjaan dan menarik napas dalam-dalam. Saat Anda terlalu banyak beban pikiran, melakukan meditasi merupakan salah satu cara untuk menenangkan diri. 

Selain itu, meditasi dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh untuk bekerja secara optimal. Dengan melakukan secara teratur dan konsisten juga dapat membantu memperbaiki kesehatan di tengah situasi stress dan banyak tekanan. Cara ini bisa dilakukan untuk para workaholic, karena membuat pikiran rileks dan membantu meningkatkan konsentrasi. 

Karena stres juga bisa menjadi sumber penyakit, terutama bila stres berlebihan dan tidak terkontrol. Saat merasa stress, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Mengelola tingkat stres dengan meditasi dapat membantu mengembalikan suasana hati. 

5. Memperbaiki Postur Duduk

Memperbaiki posisi duduk saat bekerja dapat membuat kondisi tubuh lebih segar. membiarkan tulang belakang rileks untuk meredakan ketegangan sehingga dapat membantu proses pernapasan. Dengan posisi duduk yang tegak juga bisa membantu mengatasi rasa stress yang sedang dirasakan.

Namun, terlalu lama duduk di kursi juga tidak sehat untuk kesehatan. Oleh karena itu, dengan mengupayakan untuk sesekali meninggalkan meja kerja perlu untuk dilakukan. Seperti halnya ketika sedang menerima telepon atau mengambil air minum adalah kesempatan untuk berdiri dan berjalan sejenak.

Meningkatkan imun tubuh workaholic dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi, beraktivitas fisik dengan rutin, dan minum cukup air putih. Bahkan dengan mengonsumsi berbagai multivitamin seperti Rhea Health Tone juga perlu untuk dilakukan.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda