30 Januari 2011, Jakarta Akan Banjir Besar?

 On January 19, 2011  

Mendengar berita tentang banjir di Jakarta, mungkin adalah hal yang biasa, karena memang Jakarta sepertinya merupakan langganan banjir. Tapi, kalau 30 Januari 2011 di Jakarta akan banjir besar, apakah Anda percaya?.

Siang ini saya menyaksikan berita di televisi tentang seorang profesor dari Brazil yang bernama Prof. Jucelino Nobrega da Luz, yang memprediksi bahwa pada 30 Januari 2011 di Jakarta akan terjadi banjir besar. Karena penasaran dengan berita tersebut, akhirnya saya buka tulisan mengenai prediksi-prediksi Prof. Jucelino Nobrega da Luz yang bakal terjadi di tahun 2011, yang di publikasikan lewat situs jucelinodaluz.com.br.

Ada banyak prediksi disana, salah satunya berita tentang banjir di Jakarta pada 30 Januari 2011 yang tercantum pada nomor 14 dari 21 prediksi. Berikut gambar screen shot yang saya ambil dari situs tersebut:  

Bagi saya, prediksi tersebut tak jauh beda dengan prakiraan cuaca yang sering muncul di televisi atau koran. Masalah kebenarannya tidak bisa di pastikan, jadi saya menganggap hal ini adalah hal yang biasa.

Namun, yang perlu di khawatirkan sebenarnya adalah dampak psikologis yang akan timbul dari publikasi prediksi ini. Kecemasan dan ketakutan tentunya akan menghinggapi warga masyarakat yang tinggal di Jakarta. Karena memang seringnya bencana yang datang di negeri ini, apalagi kemarin baru saja terjadi banjir yang cukup menakutkan yang terjadi di Australia.

Entahlah, apa dasar si profesor sehingga dengan begitu beraninya memperkirakan terjadinya bencana di bebera negara, termasuk Indonesia. Malahan, dia berani menyebutkan tanggal pasti. untuk banjir di Jakarta. Semoga saja semua yang diprediksikan tersebut hanya sebatas perkiraan dan tidak akan terjadi. Kewaspadaan itu penting, tapi semua harus di dasarkan pada akal sehat dan tentunya pada keyakinan kita terhadap kuasa TUHAN. Semoga semakin mempertebal keimanan kita kepada TUHAN, dan hanya kepada-NYA kita berserah diri. Wallahualam bis sawab

*******

Mohon maaf sebelumnya, dengan kedangkalan ilmu saya, dan tanpa bermaksud menggurui, berikut saya kutipkan  surat Al An'aam (6) : 63
Katakanlah: "Siapakah yang dapat menyelamatkan kamu dari bencana di darat dan di laut, yang kamu berdoa kepada-Nya dengan rendah diri dengan suara yang lembut (dengan mengatakan: "Sesungguhnya jika Dia menyelamatkan kami dari (bencana) ini, tentulah kami menjadi orang-orang yang bersyukur" 
Al An'aam (6) : 63

Update:
Perkiraan Prof. Jucelino Nobrega da Luz ini ternyata tidak terbukti, 30 Januari 2011 Jakarta tidak terjadi banjir besar.
30 Januari 2011, Jakarta Akan Banjir Besar? 4.5 5 Sukadi January 19, 2011 Mendengar berita tentang banjir di Jakarta, mungkin adalah hal yang biasa, karena memang Jakarta se...


57 comments:

  1. Bner Gan, urusan pasti mempasti itu urusan yang diatas.

    Kita sbgai hamba-Nya ndak boleh ssumbar aplgi dengan hal2 sperti itu.

    ReplyDelete
  2. @Sugito Kronjot: Siip. saya setuju.. :)

    ReplyDelete
  3. dari tahun ke tahun kok banjir terus

    ReplyDelete
  4. banjir di jakarta emang besar2 kok :p
    bertawakal saja :D

    ReplyDelete
  5. bisa jadi sob.. cuaca ektrem.. dari 18 januari kemarin 6 ribu rumah dipantura subang-indramayu terendam banjir.. posisi udah dekat ke jakarta

    ReplyDelete
  6. ya cepat tanggap adalah kuncinya....pemkot, pemda supaya melakukan aksi antisipatif dan preventif. Manusia mencegah Alloh yg menentukan. :)

    ReplyDelete
  7. dari uLasan di atas sedikit menarik penyimpuLan.
    perLu memang daLam mensosiaLisasikan suatu hasiL peneLitian berdasarkan riset anaLisis yang signifikan, tetapi hendaknya diLakukan dengan Latar beLakang prediksi serta cara-cara mensoLusikannya. sehingga tidak seperti menakut-nakuti.
    yah namanya ramaLan, apapun argumnetasinya tetap disikapi dengan wajar. terus berusaha dan berdoa agar tidak terjadi Lagi musibah, apapun hasiL yang didapat atas dasar ridho-Nya.

    ReplyDelete
  8. mmm memilukan kalo terjadi...jakarta memang sudah kelewat batas bebannya...kudu dikurangi bebannya....mmmmmm rata-rata bangunan tidak memiliki sumur resapan...memilukan kalo bena2 terjadi

    ReplyDelete
  9. Semoga tidak terjadi. kalaupun pernyataan itu berasal dari sisi ilmiah, semoga bisa dihindari (dicari solusinya).

    ReplyDelete
  10. Manusia hanya wajib berusaha, memprediksi juga sebagian dari usaha, kalo dilanjutin dengan langkah-langkah antisipasi, tapi kalo cuma bisanya memprediksi doank, sama aja bohong. gak ada manfaatnya. berusaha dan bertawakal.....

    ReplyDelete
  11. Waspada memang perlu,,,,apalagi untuk hal2 yang penting yang menyangkut tentang kehidupan kita,,,,Supaya kita tidak terlambat bertindak,,,,dan menyesal nantinya....
    Makasih banget atas infonya ya bang...
    Perlu ngasih tau sodara yang di jakarta nich,,,biar lebih waspada dan siap bila sewaktu2 banjir besar melanda....

    ReplyDelete
  12. @andinoeg: kalau sudah berlangganan ya begitu Mas, mungkin perlu ketik unreg (spasi) banjir, biar semua permasalahan bisa terselesaikan... :)

    @arikaka: mungkin warga jakarta sudah tidak aneh lagi dengan berita banjir, wong mereka sudah terbiasa dengan banjir kok. kita wajib bertawakal, semoga saja jakarta lekas terbebas dari yang namanya banjir..amin

    @Goyang Karawang: mungkin perlu diwaspadai juga, masalahnya cuaca sudah tidak menentu sekarang ini, namun bukan alasan untuk resah, yang penting mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

    @ast: saya setuju, manusia hanya berusaha, Alloh yang menentukan..

    @om rame: kalau ramalan, saya tidak percaya Om, tapi kalau cuma perkiraan mungkin bisa disikapi dengan antisipasi dari semua unsur. manusia hanya berusaha, Allah yang menentukan...

    @Manajemen Emosi: permasalahan yang cukup serius, mulai dari lingkungan sampai tingkat yang lebih luas. banyak alasan kenapa jakarta sering banjir, salah satunya drainase dan kurangnya kesadaran.

    @Masbro: amin.. semoga semua itu hanya sebatas perkiraan.

    @Ilmu Komputer Pemula: manusia wajib berusaha, berdo'a dan bertawakal, setelahnya, biarlah Alloh yang menentukan...

    @Mimi Taria: yang penting berusaha semaksimal mungkin Mbak, sudah banyak perkiraan yang lebih ekstreem dari ini, tapi nyatanya hanya sebatas perkiraan. manusia memang tidak tahu yang akan terjadi nanti, namun berserah diri kepada-NYA itu lebih baik. semoga semua baik-baik saja..amin

    ReplyDelete
  13. tetap pasrah pada Allah aja...huiks udah langganan banjir, jalan berlubang ga di tambal, bikin galian kabel ga diselesein jadi bikin macet dan lambat...:cape de: semua karena kita juga sih ya...banjir ya krn kita juga..

    ReplyDelete
  14. negri ini, khususnya Jakarta sudah biasa dengan banjir. Banjir koruptor kita asyik saja, apalagi banjir air...sudah tradisi.

    ReplyDelete
  15. sya sepakat, yang perlu di khawatirkan sebenarnya adalah dampak psikologis yang akan timbul dari publikasi prediksi ini.
    Nice sharing, salam sobat :)

    ReplyDelete
  16. saatnya ibukota RI dipindah saja, tapi ke mana ya?

    ReplyDelete
  17. bencana itu datang kapan saja dan dimana saja, nggak peduli dijakarta, di bogor atau di daerah pelosok sekalipun.

    semua sudah ada yang mengatur tinggal pasrah saja

    ReplyDelete
  18. wah, gawat kalau benar sepertinya saya harus pulang dulu....

    tapi semua juga bergantung pada Tuhan Yang Maha Esa....

    ReplyDelete
  19. hanya Sang Pencipta yang tau
    banjir maah emang sering terjadi, akibat males nanam pohon

    ReplyDelete
  20. hanya Tuhan ya tahu,,tetapi kita tetap berdoa supaya ini nggk terjadi,,kunjung balik ya ke http://yoyon12.wordpress.com

    ReplyDelete
  21. yup..... hanya Allah yg tau....

    jangan mudah mempercayai berita-berita macam itu...

    ReplyDelete
  22. namanya aja peramal Mas.. jika benar mereka malah semakin berkoar, kalau prediksinya salah mereka pasti beralasan ah itu kan cuma ramalan..

    umpama saya kenal sang Prof.. mungkin saya akan ramal juga dia dengan sesuatu yang membuat dirinya kawatir...

    ReplyDelete
  23. jaga jaga saja mas..walau semua kita serahkan padaNYA tyapi ya harus tetep jaga jaga..

    ReplyDelete
  24. Semoga Tuhan memberkati kita semua, sehingga apapun dugaan buruk akan Ia halau dengan semestinya. Amin :)

    ReplyDelete
  25. iyah mas. yang dimaksud dengan prediksi berdasarkan riset iLmiah, bukan hanya sebatas ramaL- meramaL, hasiLnya cuma pepesan kosong. kaLau berdasarkan ahLi yang meLakukan prediksi tersebut, maka kiranya akan ada suatu Langkah sosiaLisasi (saLah satunya) sesuai dengan komeng saya di atas. hehehehe.......

    ReplyDelete
  26. semoga tidak benar mas,, keluarga saya banyak yang di Jakarta,, sang profesor mungkin punya prediksi tersendiri, tapi lebih baik kita serahkan pada yang Kuasa, sambil berdo'a mohon kebaikan.

    ReplyDelete
  27. terserah lah, kan Jakarta dah biasa banjir, udah gak aneh agy lah ..

    salam :)

    ReplyDelete
  28. semoga saja gak terjadi banjir besar seperti itu di jakarta .
    andaipun terjadi, semoga sebelumnya bisa diantisipasi , agar tak memakan banyak korban .
    salam

    ReplyDelete
  29. InsyaAllah semua itu tidak terjadi di negri kita

    ReplyDelete
  30. betul sekali.. harus belajar dari sebelumnya.. seperti juga karawang yg kembali terancam banjir.. setelah diawal tahun 2010 lalu 9 kecamatan terendam citarum

    ReplyDelete
  31. Yang namanya prediksi, ramalan itu tingkat akurasinya kan masih dipertanyakan, jd ya..tak perlu terlalu was-was. SEmua yang terjadi kan atas izin-Nya. salam kenal

    ReplyDelete
  32. hehehe,... q tinggal di pegunungan. Jadi gak kena Banjir

    ReplyDelete
  33. Saya juga tinggal dipegunungan :D

    Yaahh namanya uga prediksi jadi gpp kecuali kalau dia bilang pasti! itu baru jadi skandal . . . pesulap, badan meteorologi dan geofisika juga sering memprediksikan sesuatu dan diantaranya banyak yang salah ;-P

    ReplyDelete
  34. masalah kejadian yang belum terjadi memang Allah lah yang MAha Tahu cuma masyarakat kita sekarang begitu gampang resah oleh gosip atau ramalan sobat

    ReplyDelete
  35. wah meresahkan banget ya prediksinya pasti kalau banyak yang tahu jadi prepare

    ReplyDelete
  36. kalau jakarta banjir saya percaya, karena saya ngalami sendiri, tapi kalau jakarta banjir besar tanggal 30 januari 2011 - hanya Allah yang tahu :D

    ReplyDelete
  37. jangan mudah percaya sama hal seperti itu sob :)

    ReplyDelete
  38. semoga tidak terjadi seperti yg diprediksikan...kita hanya bisa berdoa dan semoga ada solusi untuk mencegahnya...

    ReplyDelete
  39. setidaknya itu mengingatkan kita semua
    banjir jakarta adalah hal yang alami
    semoga kita bisa lebih antisipatif
    salam sukses..

    sedj

    ReplyDelete
  40. kalo benar terjadi...
    ngeriiiiiiiiii dech..

    ReplyDelete
  41. menakutkan kalo benar benar banjir besar benar di Jakarta..
    kagak banjir aja macet..
    kemacetannya tambah parah pasti.. :D

    ReplyDelete
  42. kira kira bener gak tuh ramalah si Prof. Jucelino Nobrega da Luz,

    ReplyDelete
  43. bencana tidak dapat di ketahui kapan datangnya

    ReplyDelete
  44. waduuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu jgn sampe banjirrrrrrr donkkkkkkkk. kalo gitu mending dari skrg kita beli pelampung. persiapaaannn

    ReplyDelete
  45. jangan dong..
    kan gw belon sempat ke Ancol

    hehehehe

    ReplyDelete
  46. @SIRIH MERAH: berdo'a dan berusaha... selanjtnya pasrahkan saja kepada-NYA... :)

    @Muhammad A Vip: nggak perlu bingung, bukan? :)

    @gaelby: karena seringnya bencana di negeri ini, maka trauma bisa berkembang dimana-mana.. :)

    @joe: kalau ibu kota di pindah, nanti permasalahan ini juga akan berpindah.. :D

    @yusuf: pasrah bukan berarti tanpa usaha, bukan?

    @fizero: pasrahkan saja kepada-NYA.. :)

    @attayaya_angka: ya, hanya DIA yang tahu..
    mungkin salah satunya malas nanam pohon, tapi rajin nebang pohon.. :D

    @TUKANG COLONG: nggak tahu, tapi kelihatannya hasil dari penelitian ilmiah... :)

    @yoyon12: hanya Tuhan yang tahu, kita hanya bis pasrah dan bero'a semoga saja bencana tidak lagi melanda di negeri ini...

    @Kang Sugeng: yang penting tetap memakai akal sehat.

    @Lozz Akbar: mungkin dia bukan peramal, karena dia seorang professor, mungkin apa yang dia perkirakan berdasarkan sesuatu. tapi entahlah, hanya Tuhan yang tahu..

    @k.o.s: hati-hati mungkin lebih baik.

    @Qefy: Amin...

    @om rame: mungkin patut dibedakan antara peramal dengan ilmuwan. walau semua kembali kepada takdir, namun antisipasi tak ada buruknya...

    @Dwilion: semoga saja demikian Mas...

    @julicavero: semoga saja tidak terjadi bencana lagi mas, apapun bentuknya... amin

    @fitr4y: begitukah? :D

    @bundadontworry: amin..
    semoga saja lekas ada tindakan konkrit dari semua pihak untuk menyelesaikan permasalahan banjir di jakarta ini..

    @Anonim: amin...

    ReplyDelete
  47. @Goyang Karawang: kalau so'al perkiraan banjir ini, mungkin orang boleh untuk tidak percaya. tapi kalau ancaman banjir di jakarta, bukankah makin tahun makin parah? dan tidak menutup kemungkinan bahwa banjir bisa saja terjadi, walau mungkin tidak ada keterkaitan dengan perkiraan diatas.

    @wits: benar mbak, saya pun berfikir demikian. salam kenal juga mbak.

    @BLOGGING INDONESIA: sukurlah kalau nggak pernah kebanjiran.. :)

    @Tutorial SEO: namanya juga manusia, nggak bisa mendahului kehendak Tuhan.

    @Berfikir Positif: karena memang dikarenakan seringnya bencana di negeri ini, selain itu, pemberitaan yang terkesan di dramatisir makin membuat psikologis masyarakat semakin down..
    padahal, hanya ALLAH yang tahu apa yang akan terjadi.

    @Blogger Bumi Lasinrang: yah begitulah, prediksi yang bikin resah... :(

    @r10: setuju... :)

    @FOUR DREAMS: saya pun juga tidak percaya hal itu kok :)

    @Arik: amin...

    @sedjatee: semoga semua baik-baik saja..
    salam sukses

    @blogger pemula: entahlah, semoga saja tidak terjadi.

    @sejuta ebook: ya. mungkin.

    @sejuta resep: Wallahualam bis sawab

    @Blog Turorial Blogger: anda tidak membaca tulisan diatas?!

    @Imtikhan: Wallahualam bis sawab

    @Manajemen Emosi: jakarta oh jakarta...
    semoga Gerakannya sukses, dan semoga saja saya bisa ikut berpartisispasi.. :)

    @richarie: begitukah? :)

    @Seiri HanakO: saya malah belum pernah ke jakarta mbak.. :D

    ReplyDelete
  48. bagi saya Prediksi hanyalah buah pikiran manusia berdasarkan ilmu yang dimilikinya, ngga ada seorang manusiapun yang bisa mengetahui apa yang akan terjadi di hari esok kecuali Yang Maha Kuasa...
    Btw salam kenal buat narablog

    ReplyDelete
  49. kenapa kita tidak berpikir positifnya aja yah?....bukan takut akan banjir tapi kita sebaiknya selalu siap dengan kondisi apapun karena bencana itu datang tanpa bisa diprediksi. Dari pada bingung...siapkan saja perangkat penanganan bencana secara baik...

    ReplyDelete
  50. Setuju dengan Pak Necky, yang terpenting adalah persiapan bagaimana mitigasi dan manajemen evakuasi.

    salam kenal untuk narablog Indonesia

    ReplyDelete
  51. ko bisa ya meramal begitu,apa motifnya? kalau salah kan malu jugaentar

    ReplyDelete
  52. @eser: Prediksi ini ternyata salah. tanggal 30 januari 2011 jakarta tidak terjadi banjir besar.

    @NECKY: mungkin karena bangsa ini terlalu sering dilanda bencana, makanya tidak kaget lagi dengan berita semacam ini. Prediksi ini ternyata salah. tanggal 30 januari 2011 jakarta tidak terjadi banjir besar.

    @wap koes: terimakasih.

    @Tutorial Blog: entahlah, yang pasti Prediksi ini ternyata salah. tanggal 30 januari 2011 jakarta tidak terjadi banjir besar.
    Entahlah, si profesor malu atau tidak.

    @creativity online: amin...

    ReplyDelete
  53. Terima kasih akhirnya tulisan saya masih di copas di sini. ora nopo-nopo malahan thank's mau ta copy lagi ya, soalnya punya saya udah ta hapus

    ReplyDelete
  54. @Anonymous: Benarkah? lha wong Anda komentar saja tidak bertanggung jawab kok ngaku-gaku punya tulisan hihihi...
    Kalau mau copas silahkan, nggak usah banyak menuduh, bukan cara saja copas tulisan orang tanpa menyebutkan sumbernya. Lain kali nggak usah banyak nuduh ya? yang jujur, pakai identitas asli nggak perlu pakai anonim. trims

    ReplyDelete