Harga Mobil Yang Semakin Terjangkau

 On January 28, 2014  

Bicara tentang mobil, saya masih ingat saat masih kecil dulu, melihat mobil merupakan sesuatu yang menyenangkan, maklum saja karena selain masih anak-anak, keberadaan mobil yang masih jarang di desa saya membuat anak-anak menjadi gembira saat ada mobil parkir atau sedang melintas di jalan. Tapi sepertinya apa yang saya alami dulu tak berlaku lagi untuk jaman sekarang, karena saat ini dengan mudahnya menemukan mobil, baik di kota maupun di desa.
Mobil Baru Dengan Harga Murah
Mobil Baru
Bisa dibilang kalau saat ini mobil bukan lagi menjadi barang mewah, apalagi dengan banyaknya mobil dengan harga murah membuat banyak orang mampu membeli mobil. Banyak dipasaran beredar mobil baru dengan harga dibawah seratus juta, atau seratus juta lebih sedikit, dan mobil-mobil murah tersebut buatan dari produsen mobil yang sudah terkenal.

Bahkan, bila orang tertarik untuk membeli mobil, saat ini sudah dengan mudahnya orang bertransaksi lewat internet. Selain banyaknya dealer konvensional, sekarang juga sudah ada dealer online sebagai tempat jual beli mobil baru maupun bekas. Misalkan saja di Carmudi Indonesia yang menyediakan banyak pilihan tipe mobil baik baru dan bekas, mulai dari merek terkenal seperti Hyundai, Mercedes, BMW, Nissan, Honda sampai Toyota dan Daihatsu. Dengan adanya tempat jual beli barang otomotif secara online, orang lebih mudah memilih tanpa harus repot muter-muter dari dealer satu ke dealer lainnya.

Kalau dilihat kebelakang, untuk Indonesia sendiri sebenarnya sudah mulai memproduksi mobil buatan dalam negeri. Mobil Nasional atau biasa disingkat Mobnas mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Seperti apa yang tertulis di wikipedia, sejarah menciptakan mobnas sudah dimulai sejak lama. Berawal dari era Toyota Kijang pada 1975 sampai mobil Esemka di era pemerintahan Joko Widodo sebagai walikota Surakarta pada tahun 2011. 

Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya, kenapa Toyota Kijang buatan Indonesia?, bukankah Toyota berasal dari Jepang?. Ya, dari sejarahnya dulu, komponen bodi dan mesinnya semuanya berasal dari Indonesia, pembuatan dan perakitan mobil ini semuanya dilakukan di Indonesia. Dan pada tanggal 9 Juni 1975 mobil Toyota Kijang diluncurkan dalam event Pekan Raya Jakarta 1975.

Selain mobil Toyota Kijang, beberapa mobil nasional lain yang sempat diproduksi atau dikembangan, diantaranya: Marlip, Maleo, Gea, Kancil, Tawon, Komodo, Timor, Wakaba, Arina, Nuri, dan yang masih hangat adalah Esemka.

Sebenarnya kalau berkaca pada sejarah tersebut, Indonesia cukup potensial untuk mengembangkan mobil karya sendiri, hanya saja banyak faktor yang menghambat dan tak sedikit masyarakat yang beranggapan kalau mobil dengan produsen yang sudah terkenal akan lebih bagus, padahal tidak sepenuhnya demikian. Jadi, layaknya kita bangga dengan produk dalam negeri, tinggal bagaimana produk dalam negeri agar dapat mengimbangi selera pasar dan kualitas produk dari luar. Soal pilihan mana mobil yang ingin kita miliki, semua kembali pada selera dan keuangan yang kita miliki. Demikian, bukan?.
Harga Mobil Yang Semakin Terjangkau 4.5 5 Sukadi January 28, 2014 Bicara tentang mobil, saya masih ingat saat masih kecil dulu, melihat mobil merupakan sesuatu yang ...


7 comments:

  1. Memang mobil sekarang bukan lagi menjadi barang yang istimewa, hampir setiap desa sudah ada yang memiliki mobil seperti di desa saya sendiri yang sudah lebih 50% memiliki mobil

    ReplyDelete
  2. dan karena mobil semakin terjangkau maka jalanan semakin macet

    ReplyDelete
  3. SDM Indonesia sangat berpotensi dalam pembuatan mobil (bahkan pesawat udara sekalipun). Akan tetapi kalau menurut aku, harga inilah yang kurang dapat bersaing dengan negara lain.

    ReplyDelete
  4. walaupun makin murah namun aku belum bisa beli neh, hehehe

    ReplyDelete
  5. Sayang banget yaa mobil karya anak bangsa kurang mendapat support. Coba kalo ada dukungan untuk dikembangkan lebih lanjut, yakin banget dah produk mereka bisa menjadi salah satu mobil terbaik yang pantas untuk dijadikan pilihan

    ReplyDelete
  6. jaman sekarang nyari duit makin susah tapi harga mobil makin murahh.. kwkwkkw

    ReplyDelete
  7. Mampir ya bro, tapi gak pake mobil... hehehe

    ReplyDelete