Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri

 On August 11, 2014  

Masih dibulan Syawal, sebelumnya saya ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H bagi Anda umat muslim. Meski sebelumnya terjadi gesekan-gesekan sosial karena adanya pemilu presiden, dan sampai kini aroma persaingan masih terasa karena proses persidangan masih beleum kelar di MK. Tak soal, semua bukan permasalahan yang mendasar bagi saya, siapapun presidennya tetap saya sendiri yang harus memperjuangkan perubahan dalam hidup. Sekarang kita sudah rayakan kemenangan bersama dalam momen Idul Fitri.
Ketupat dalam bahasa jawa disebut Kupat (Kulo Lepat)
Ketupat Lebaran
Idul Fitri memang saat spesial, saat inilah waktu yang "tepat" untuk dapat berkumpul dengan keluarga, makanya tak mengherankan kalau orang yang merantau akan mudik hanya untuk "sekedar" berkumpul dan bersilaturahmi dengan sanak keluarga. Spesial, sangat spesial momen lebaran di Indonesia, karena mungkin hanya di negeri inilah ada tradisi mudik, tak mengherankan bila lebaran identik dengan mudik dan kemacetan arus lalu lintas.

Masihkah Anda Mengirim Ucapan Lebaran?

Tak bisa dipungkiri kalau momen lebaran akhir-akhir ini kalah meriah dibandingkan lebaran jaman dulu, tepatnya masa sebelum teknologi memasyarakat. Dengan kecanggihan teknologi dengan mudahnya orang mewakilkan kehadiran mereka lewat telfon, SMS, BBM, email, dan sejenisnya. Tak perlu menunggu lama, dalam hitungan detik pesan yang disampaikan sudah sampai kepada yang dimaksud.

Dulu orang harus sedikit repot jika ingin mengirimkan ucapan, biasanya lewat kartu ucapan yang dikirm lewat pos. Keberadaan teknologi yang canggih sekarang ini sedikit banyak mengurangi greget dari silaturahmi, meskipun secara substansi (menurut saya) tak jauh beda dengan bertemu langsung, meskipun secara bobot mungkin berbeda.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H
Mohon Maaf Lahir & Batin

Kurang lebih demikian SMS yang saya kirimkan kepada ratusan nomor teman dan saudara yang ada di HP saya. Saya tak sepenuhnya berharap akan balasan SMS, karena itu hak dari masing-masing orang, tapi minimal saya sudah mewakilkan kesungguhan saya untuk mengucapkan selamat hari raya dan memohon maaf atas kesalahan yang saya perbuat, sengaja maupun tidak. Karena memang saya belum bertemu dengan mereka yang saya kirim SMS tersebut, kalau setelah SMS itu terkirim dan saya bertemu dengan mereka, saya juga akan mengucapkan selamat hari raya dan memohon maaf atas segala kesalahan, secara langsung.

Substansi dari kiriman ucapan lebaran, baik itu lewat SMS, kartu ucapan, atau lewat media lain memang ucapan selamat hari raya dan permohonan maaf, tapi menurut saya lebih dari itu. Selain ajang silaturahmi, dengan berkirim ucapan bisa mengingat kembali teman yang mungkin lama tak berkomunikasi. Toh kalau ada kesempatan bertemu juga akan melakukan hal yang sama, daripada tidak mengirimkan ucapan sama sekali, langsung maupun tidak langsung.

Barangkali apa yang saya sampaikan ini tidak sepenuhnya benar, semua tergantung pada sudut pandang masing-masing orang. Apapun itu, semoga ada hikmah dari apa yang kita sikapi dalam merayakan hari raya Idul Fitri ini. Jadi, masihkah Anda mengirimkan ucapan selamat hari raya?. Kalau saya, masih.
Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 4.5 5 Sukadi August 11, 2014 Masih dibulan Syawal, sebelumnya saya ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H bagi Anda umat mu...


7 comments:

  1. Selamat Hari Raya Idul Fitri pak.. mohon maaf lahir batin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama pak, mohon maaf lahir batin

      Delete
  2. mampir gan ....tambah sukses yaa
    http://andraekowidodo.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. kartu lebaran menjadi barang langka
    posisinya digantikan oleh sms dan bbm

    ReplyDelete
  4. selamat idul fitri juga, mohon maaf lahir batin

    ReplyDelete
  5. Yuk, ikutan Proton Writing Competition dengan hadiah utama sebesar Rp 3.000.000. Info lebih lanjut lihat disini yuk http://www.protonwritingcompetition.com/

    ReplyDelete
  6. kyknya enak pake kertu pos?

    ReplyDelete