Cara Menggunakan Printer Canon Multifungsi

 On December 23, 2016  

Printer Canon tidak hanya bisa digunakan untuk mencetak, tetapi juga dapat digunakan untuk scanning, foto copy dan mengirimkan fax. Printer yang memiliki banyak fungsi tersebut adalah printer jenis Multifungsi atau All-in-One. Harga Printer Canon juga relatif murah jika dibandingkan dengan merk lainnya. Canon telah meluncurkan printer-printer multifungsi dengan kualitas yang sangat memadai. Printer-printer tersebut mampu bekerja dengan cepat dan memberikan hasil cetak yang sangat baik. Sebelum dapat menggunakan printer Multifungsi, diperlukan penginstalan terlebih dahulu. Selanjutnya printer dapat digunakan untuk cetak, scanning, foto copy dan mengirimkan fax dengan beberapa langkah mudah. 
Cara Menggunakan Printer Canon Multifungsi
Menginstal driver printer Canon dapat dilakukan dengan menggunakan CD driver yang sudah disertakan saat membeli printer, atau dengan mengunduh driver tersebut melalui internet. Jika penginstalan dilakukan menggunakan CD driver printer Canon, maka CD tersebut harus dimasukkan dalam ROM driver dari komputer terlebih dahulu. Kemudian komputer akan secara otomatis menjalankannya. Kita tinggal memilih lokasi dan metode penginstalan dan lanjutkan dengan mengklik ‘Install’. Kemudian jika muncul tiga tahap penginstalan, klik ‘Yes’. Proses penginstalan pun akan segera dimulai.  

Cara Menggunakan Printer Canon Untuk Scan


Beberapa dokumen, foto atau gambar yang sudah kita miliki kadang perlu untuk disimpan dalam komputer sebagai file. Untuk dapat melakukan hal tersebut maka diperlukan sebuah proses yang disebut scan atau scanning. Agar dapat melakukan scan, kita membutuhkan sebuah alat seperti printer Canon All-in-one. Dengan menggunakan printer ini, maka hasil scan dapat disimpan di komputer, dikirimkan lewat email atau aplikasi lainnya dan juga dapat dicetak kembali. Cara melakukan scanning menggunakan printer Canon terbaru adalah: 

1. Menyiapkan komputer dan dokumen

Untuk dapat melakukan scanning, komputer yang telah terinstal dengan driver dari printer Canon yang digunakan dihidupkan dulu. Kemudian hubungkan komputer tersebut dengan printer dan hidupkan printernya. Tunggu beberapa saat hingga komputer dan printer siap digunakan. Setelah itu masukkan lembaran dokumen atau foto yang akan di-scan ke dalam bagian printer yang memang disiapkan untuk meletakkan dokumen.  

2. Melakukan scanning

Setelah semuanya siap, maka proses scanning menggunakan printer Canon ini dilanjutkan dengan memilih format printer dan mengklik ‘My Image Garden’. Jika menu ‘My Image Garden’ telah muncul, klik ‘Scan’. Kemudian kita dapat memilih beberapa jenis format, seperti auto scan, document scan, photo scan, scan Gear, stich scan atau custom scan. Pilih salah satu format tersebut yang dirasa paling sesuai. Setelah itu maka proses scanning akan otomatis dimulai.

3. Melakukan pengaturan dan penyimpanan

Setelah komputer berhasil mengambil gambar dari dokumen yang di scan, selanjutnya kita dapat melakukan beberapa pengaturan. Menyesuaikan ukuran dengan kebutuhan merupakan salah satu jenis pengaturan yang dapat dilakukan. Jika kita ingin melakukan scanning pada bagian tertentu saja dari halaman, maka pengaturan tersebut juga dapat dilakukan. Setelah itu komputer secara otomatis akan menyimpan file hasil scanning menggunakan printer Canon. Tetapi Anda dapat menentukan sendiri nama file yang akan digunakan. 

Hasil scanning dengan menggunakan printer Canon Pixma terlihat sangat jelas dan tajam. Jika kita melakukan scanning pada sebuah foto, maka hasil yang diperoleh adalah gambar yang seperti foto aslinya. Jika yang di scan adalah sebuah dokumen lengkap dengan tanda tangan dan stempel, maka hasilnya akan terang, jelas dan sama persis dengan aslinya.

Cara Mengirimkan Fax Menggunakan Printer Canon


Dalam sebuah perusahaan atau bisnis, banyak dokumen-dokumen yang harus dikirimkan menggunakan fasilitas fax. Walaupun ada mesin fax yang dapat dibeli dengan mudah, tetapi memiliki sebuah printer yang juga mampu mengirimkan fax tentu akan lebih menguntungkan. Printer Canon All-in-One menjadi salah satu printer yang memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah mengirimkan fax. Untuk dapat mengirimkan fax menggunakan printer ini, langkah-langkah berikut ini dapat dilakukan.

1. Memuat dokumen

Sebuah printer Canon murah dengan tipe multifungsi dapat membantu pekerjaan dikantor yang membutuhkan fasilitas fax. Untuk dapat melakukan pengiriman ini, kita bisa mulai dengan menekan tombol ‘Fax’ atau ‘Faks’. Setelah layar siaga dari fax terlihat, dokumen yang akan dikirimkan dapat dimuat dalam ADF atau kaca platen. Dokumen yang memiliki dua sisi hanya dapat dikirimkan jika dimuat di kaca platen. 

2. Mengatur resolusi dan kontras

Jika diperlukan, pengaturan resolusi atau kontras dari dokumen yang akan dikirimkan dapat dilakukan. Untuk melakukan pengaturan resolusi, dapat dipilih resolusi Standard, Fine, Extra Fine atau Photo. Untuk mengatur kontras, dilakukan dengan memasuki menu, kemudian pilih ‘Setelan TX Faks’, lalu pilih ‘Scan Contrast’. Selanjutnya akan terlihat tampilan dimana kita dapat memilih kontras yang diinginkan. 

3. Memasukkan nomor tujuan dan mengirimkan fax

Langkah selanjutnya adalah memasukkan nomor tujuan ke dalam printer Canon yang akan digunakan untuk mengirimkan fax. Untuk memasukkan nomor tersebut, dapat ditekan tombol ‘Numerik’, kemudian masukkan angka-angka dari nomor tersebut. Setelah itu kita dapat menekan tombol ‘Warna’ jika ingin mengirimkan dokumen berwarna atau tombol ‘Hitam’ jika dokumen yang dikirimkan adalah hitam putih. Setelah tombol tersebut ditekan, maka printer akan mulai melakukan pemindaian. Lanjutkan dengan menekan ‘Ok’ dan dokumenpun akan dikirimkan.   

Printer Canon yang digunakan untuk mengirimkan fax memiliki Pemanggil Ulang Otomatis. Fitur ini akan berfungsi ketika dokumen tidak dapat langsung dikirimkan karena jaringan yang sibuk. Memori mesin akan menyimpan dokumen-dokumen yang belum terkirimkan tersebut. Pada selang waktu tertentu, pemanggil ulang akan kembali mencoba mengirimkan dokumen. Agar pemanggil ulang ini dapat bekerja sesuai kebutuhan, maka harus dilakukan penyetelan terlebih dahulu.  

Cara Menggunakan Printer Canon Untuk Foto Copy


Menggunakan printer Canon untuk foto copy tentu akan memberikan beberapa kelebihan dibandingkan mesin foto copy biasa. Salah satu kelebihan itu adalah hasil foto copy yang jauh lebih jelas, detil dan tajam. Tidak akan ditemui bekas noda karbon seperti yang biasanya ada pada hasil foto copy biasa. Kelebihan lain adalah kita dapat meng-copy dokumen hitam putih dan juga warna dengan kualitas hasil yang sangat baik dan proses copy yang cepat.

Cara melakukan foto copy dimulai dengan meletakkan dokumen di dalam bagian printer, lalu tutup covernya. Siapkan kertas polos dengan ukuran yang sesuai. Setelah itu tekan tombol ‘+’ sebanyak jumlah copy yang diinginkan. Jika ingin melakukan foto copy sebanyak 4 kali, maka tekan tombol tersebut 4 kali juga. Jika pada layar LED telah terlihat angka 4, selanjutnya tekan ‘Start Black’ untuk melakukan copy dokumen hitam putih, atau ‘Start Color’ untuk dokumen yang berwarna. Maka proses foto copy akan dimulai. 

Menggunakan printer Canon untuk scanning, pengiriman fax ataupun melakukan foto copy memang cukup mudah dan efisien. Dengan hanya membeli satu alat, kita bisa mendapatkan berbagai fungsi yang sangat penting untuk kelancaran aktivitas di kantor. Printer buatan Canon juga terkenal akan keawetannya sehingga walaupun digunakan untuk berbagai macam fungsi, tetapi perangkat ini tidak akan mudah rusak. Jika Anda tertarik, Anda bisa mendapatkan harga printer ini dengan harga murah di bhinneka.com
Cara Menggunakan Printer Canon Multifungsi 4.5 5 Sukadi December 23, 2016 Printer Canon tidak hanya bisa digunakan untuk mencetak, tetapi juga dapat digunakan untuk scanning, foto copy dan mengirimkan fax. Printer...


4 comments:

  1. bisa gak cartrudenya diperbaiki sendiri bang

    ReplyDelete
  2. thanks infonya thor, semoga bermanfaat bagi yang lain

    ReplyDelete
  3. terimakasih kakak untuk info printer nya.

    ReplyDelete