Sudah Siap Jadi Mahasiswa ? Inilah 7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan

 On March 21, 2017  

Meninggalkan kehidupan SMA terkadang sulit karena sudah nyaman di zonanya dan sekarang harus memulai kehidupan baru, salah satunya masuk ke dunia kampus. Dunia SMA memang asik, tapi dunia kuliah tidak kalah asik apalagi dengan pakaian yang tidak berseragam membuatmu semakin ingin tampil percaya diri di kampus.
Maba atau mahasiswa baru biasanya galau harus berbuat apa ketika sudah ada di kampus barunya. Meskipun berada di tengah keramaian proses penerimaan maba dan disana mereka juga sedang mengalami hal yang sama seperti kamu tapi terkadang bingung kudu ngapain.

Hal ini terjadi disemua para maba. Karenanya kamu harus pintar-pintar beradapatasi dengan lingkungan baru, dan ajak kenalan orang yang ada disekelilingmu untuk diajak bicara biar gak kaya orang ilang banget sih. Lagian asik kok berkenalan dengan orang baru meskipun berbeda jurusan, malah akan menambah link pertemananmu sendiri. Jika sudah seperti ini apakah kamu siap jadi mahasiswa? untuk menghadapinya kamu perlu lakukan 7 hal berikut ini untuk menyiapkannya:

1. Move On

Move On. Kalimat inilah yang pertama harus kamu siapkan. Kamu sudah bukan anak SMA dan saat ini kamu akan menghadapi dunia kuliah. Masa SMA sudah tinggal kenangan, dan bukan waktunya lagi kamu petantang-petenteng atau istilah lain caper dengan adik kelas. Saat ini kamu mempunyai tugas yang lebih penting daripada godain anak-anak kelas. Siapkan kegiatan saat pra perkuliahan, biasanya ada kegiatan orientasi mahasiswa yang mana kamu akan bertemu dengan senior-senior kampus.

2. Bersikap Santai

Meskipun ini adalah dunia baru dan kamu harus benar-benar siap bersaing dengan orang-orang dari berbagai daerah, bawa enjoy sajah. Adaptasi di lingkungan yang baru memang membutuhkan waktu yang lama, tapi lama kelamaan berjalannya waktu kamu akan terbiasa bercengkrama dengan teman satu kelas, beda jurusan, dengan dosen hingga pegawai TU. Gak perlu tergesa-gesa, cukup jalani dan nikmati semua akan mengalir seperti air.

3. Jangan terlalu Ribet

Ketika ada tugas baik individu maupun kelompok, sikap "ribet" harus kamu hindari. Fokus saja cari jawaban dan solusi terbaik atas tugas yang diberikan oleh dosen. Ketika ujian kampus mulai dan kamu mendapatkan soal perintah untuk jawaban essay, jawab dengan efektif dan gunakan kalimat yang sesuai agar dosen mu bisa memahami arah jawabanmu kemana, dan gak perlu bertele-tele.

4. Belajar Mengelola Uang

Nih buat kamu masih menerapkan kebiasaan "asal ngeluarin uang" semasa SMA, mulai sekarang pintar-pintar buat mengatur pengeluaran. Kamu sudah dewasa dan seharusnya sudah bisa mengelola uang sendiri tanpa menghamburkan untuk hal yang tidak jelas.

Ingat, harusnya kamu malu karena masih minta orang tua. Tapi jika belum bekerja tidak masalah setidaknya untuk mengurangi rasa malu karena sering minta kepada mereka, berhematlah dalam penggunaan uang, terutama buat kamu yang sudah berkeluarga, maka harus lebih ekstra lagi dalam mengelola uang, termasuk dalam memilih tempat hunia, misal kost pasutri jogja. Apalagi buat kamu para perantau yang jauh dari kampung halama, hidup mandiri dengan jauh dari keluarga harus bisa mengelola sebaik mungkin.

5. Tempat Tinggal selama Kuliah

Jika tempat kuliahmu masih dengan dengan kampus, kamu gak perlu khawatir memikirkan hal ini. Tapi jika berada di luar daerah solusinya kamu harus mencari kost nyaman untuk dihuni.
Dalam memilih kost pun ada beberapa hal agar kamu tidak menyesal memilih kost tersebut, beberapa diantaranya pilih lokasi kost yang dekat dengan kampus, seperti kost eksklusif jogja untuk memudahkan aktivitas sehari-hari, pilih yang tarif sewanya sesuai budget, jika perlu pilih kost yang memiliki fasilitas standar seperti tempat tidur, lemari pakaian, dan meja serta kursi belajar.

Hal lain yang perlu kamu perhatikan juga adalah lingkungan sekitar kost, menyediakan sarana/prasaran yang memudahkan dalam memenuhi kebutuhan atau tidak seperti mini market, rumah makan, counter pulsa, dll. Perhatikan juga linkungannya, aman atau tidak, jangan sampai memilih kawasan yang rawan pencurian.

6. Belajar Bertahan Hidup

Seperti halnya pengelolaan uang, Agar lebih Siap Jadi Mahasiswa kamu harus bisa bertahan hidup sendiri apalagi di tanah perantauan. Menjadi prantau dituntut kamu harus hidup mandiri, dan harus bisa adaptasi dengan lingkungan baru.

Kebiasaan ketika kamu masih bersama keluarga, bangun ada yang bangunin, makan ada yang nyiapin, pakaian sudah siap pakai, dll. Hal ini tentu akan kamu lakukan sendiri dan biasanya jika masih baru kamu belum terbiasan dan akan cepat mengeluh. Dengan melakukan hal seperti ini kamu harus bisa bertahan hidup sendiri.

7. Keinginan Membangun Sosialisasi dengan Baik

Lingkungan yang baru ini sangat membuka kesempatan untuk menjalin pertemanan dengan orang yan banyak. Sebisa mungkin untuk aktif bersosialisasi bisa melalui organisasi ataupun kepanitiaan kegiatan yang diadakan di kampus. Hal seperti ini bisa kamu dapatkan yang tidak kamu dapatkan di dalam kelas. Bahkan, tidak menutup kemungkinan pertemanan kamu bisa memudahkan kamu saat mendapatkan pekerjaan ketika lulus nanti.
Sudah Siap Jadi Mahasiswa ? Inilah 7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan 4.5 5 Sukadi March 21, 2017 Meninggalkan kehidupan SMA terkadang sulit karena sudah nyaman di zonanya dan sekarang harus memulai kehidupan baru, salah satunya masuk ke...


No comments:

Post a Comment