Featured Post

7 Alat Portable yang Wajib Kamu Miliki di Rumah untuk Memudahkan Pekerjaan

Banyaknya pekerjaan rumah tangga yang perlu kita selesaikan terutama sebagai ibu rumah tangga kadang-kadang bisa membuat kita merasa stress...

Cara Alternatif Bayar PDAM Yang Wajib Anda Ketahui

 On May 17, 2018  

Kemajuan teknologi tentunya sangat memudahkan masyarakat terutama untuk membayar tagihan rutin, dan banyak sekali cara yang dapat anda gunakan untuk melakukan pembayaran tagihan PDAM. Bayar tagihan PDAM online dapat anda gunakan sebagai alternatif dari melalui kantor langsungnya. Penggunaan teknologi memiliki keuntungan yang baik antara masyarakat dan pemerintah.

Bagi anda yang sibuk dengan jam kerja, penggunakan internet dapat sangat mempermudah anda melakukan pembayaran. Artikel dibawah ini akan membahas beberapa cara bayar PDAM yang mudah dan populer. 
Ilustrasi. Photoright : Peggy und Marco Lachmann-Anke / www.pixabay.com 
Umumnya, masyarakat harus menuju kantor PDAM pemerintah terlebih dahulu untuk melakukan pembayaran tagihan. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi terdapat beberapa cara untuk membayar tagihan pdam. Berikut adalah beberapa cara bayar air PDAM yang perlu anda ketahui.

1. Menggunakan ATM BRI 
BRI merupakan salah satu bank yang telah bekerjasama dengan pemerintah untuk
melakukan pembayaran PDAM. Kini, anda dapat melakukan pembayaran tagihan PDAM dengan sangat mudah di ATM ini. Lakukan beberapa langkah berikut :
  • Masukkan kartu ATM anda. Pertama, masukan kartu ATM yang anda miliki pada mesin atm tersebut. pastikan kartu ATM anda tidak mengalami kerusakan. 
  • Lakukan cek tagihan. Klik pada menu tagihan untuk melihat detail tagihan akun pdam anda. Untuk melakukan pengecekan maka anda perlu memasukkan nomor tagihan PDAM rumah anda. Isikan nomor tersebut secara benar, nantinya akan muncul informasi mengenai detail yang harus dibayar.
  • Proses pembayaran. Kemudian, untuk proses pembayaran sendiri dilakukan dengan menyetujui detail yang akan dibayarkan. Dengan menggunakan ATM BRI maka saldo yang terdapat pada kartu anda akan secara otomatis terpotong langsung. Cukup dengan klik bayar maka proses pembayaran akan berjalan dan menghasilkan struk.
2. ATM BNI membayar tagihan PDAM
Metode membayar PDAM yang lainnya yaitu menggunakan ATM BNI. BNI menghadirkan fitur untuk dapat melakukan pembayaran tagihan melalui atm. Fitur ini sangat menarik dan membantu masyarakat dalam pembayaran tagihan. Berikut cara bayar pdam lewat
ATM BNI:
  • Masukkan kartu BNI anda. Proses pertama yaitu memasukan kartu ATM BNI ke mesin ATM. Pastikan tidak ada kerusakan pada kartu BNI  tersebut.
  • Cek detail tagihan. Selanjutnya, lakukan pengecekan terhadap detail tagihan anda. Pada pilihan. Menu, tekan tulisan tagihan kemudian akan muncul beberapa menu lagi. Klik pada menu tagihan pdam dan masukan nomor tagihan milik anda. Pastikan untuk mengisi nomor tagihan dengan benar. Klik benar, lalu akan muncul informasi mengenai detail tagihan yang harus dibayarkan.
  • Lakukan pembayaran. Langkah terakhir, lakukan pembayaran terhadap detail tagihan yang sudah keluar. Pastikan saldo anda mencukupi untuk melakukan pembayaran tersebut.
Dengan ini, anda tentunya setuju dengan biaya administrasi yang diperlukan. Umumnya, untuk biaya administrasi ini tidak terlalu besar.

3. Melalui kantor pos
Pembayaran pdam via pos juga alternatif bagi anda. Kantor pos memiliki kasir tersendiri untuk membantu pelanggannya dalam melakukan pembayaran tagihan. Adapun cara pembayarannya yaitu :
  • Menemui kasir tagihan. Pertama, anda perlu menuju kantor pos kemudian mencari kasir yang mengurus bagian pembayaran tagihan.
  • Sampaikan keperluan anda. Kasir akan membantu anda dalam melakukan pengecekan detail tagihan yang harus dibayarkan. Untuk itu berikan nomor tagihan anda dan kasir akan segera memberi tahu mengenai detail tagihan.
  • Pembayaran tagihan. Tahapan terakhir adalah melakukan pembayaran tagihan sesuai dengan yang tertera. Jika diperlukan, anda dapat meminta struk pembayaran.
Selain beberapa cara diatas, anda juga bisa melakukan pembayaran PDAM secara online melalui aplikasi atau website yang menyediakan jasa pembayaran PDAM. Cara pembayarannya sangat mudah, mirip dengan membayar pulsa di agen pulsa online.

Begitulah ulasan lengkap mengenai cara bayar PDAM dengan mudah. Pastikan untuk selalu membayar PDAM dengan tepat waktu. Jika telat tentunya akan terdapat biaya tunggakan setiap bulannya!. 
Cara Alternatif Bayar PDAM Yang Wajib Anda Ketahui 4.5 5 Sukadi May 17, 2018 Kemajuan teknologi tentunya sangat memudahkan masyarakat terutama untuk membayar tagihan rutin, dan banyak sekali cara yang dapat anda guna...


1 comment:

  1. thanks infonya...salam dari www.pojoknyantai.online

    ReplyDelete