Tidak Mudah Berkomentar Menjadi Anonim

 On October 2, 2010  

Pernahkah blog atau tulisan Anda mendapatkan komentar dari anonim?, 'orang asing' yang (kebanyakan)  meninggalkan komentar kurang menyenangkan dalam postingan kita. Memang tidak selalu anonim membuat suatu komentar yang bernada kurang menyenangkan, ada juga anonim yang terkadang meninggalkan pesan yang baik.

Seperti kasus yang dialami Mas Ferdinand sepertinya anonim membuat gerah yang punya blog dengan komentarnya, terus kemarin di postingan Mbak Windflowers juga ada anonim yang komentarnya panjang banget yang intinya juga bernada kurang suka dan cenderung kearah yang negatif, tapi bagusnya dia masih ninggalin alamat blog walau hanya ditulis di bawah komentar.

Saya pikir semua sah-sah saja, menurut saya itu bagian dari kebebasan seseorang untuk berpendapat, karena kita tidak bisa memaksa seseorang untuk selalu suka dan sependapat dengan tulisan kita.

Saya berfikir bahwa tidak mudah untuk menjadi anonim, perlu keberanian dan mental. Saya saja tidak berani untuk meninggalkan komentar sebagai anonim (sampai saya nulis postingan ini). Seandainya saya tidak suka dengan tulisan, gaya menulis, jenis tulisan, dll, saya pilih tutup blognya dari pada harus meninggalkan komentar yang kurang enak dibaca. Saya sadar bahwa menulis itu butuh ide, tulisan itu adalah sebuah karya, jadi saya harus menghargai hasil karya dan buah pikiran orang lain.

Terimakasih buat sahabat dan saudaraku semua yang sudah mampir dan meninggalkan komentar di blog ini. Apapun komentar Anda saya hargai itu, Anda bebas berkomentar disini, kritik maupun saran sangat saya harapkan. Seandainya ada yang meninggalkan komentar sebagai anonim dan menghina atau menghujat blog atau tulisan saya,  saya hargai itu, saya anggap semua sebagai bagian dari kebebasan berpendapat dan keberagaman sifat manusia...:D Tapi untungnya sampai saat ini komentar di blog saya masih baik-baik saja.he.he..
Apakah Anda punya pengalaman dengan Anonim?

*Screen shoot atas adalah komentar anonim di blog saya, yang bawah adalah komentar anonim di blog Mbak Diana 'Windfowers' yang saya potong sebagian komentarya.
Tidak Mudah Berkomentar Menjadi Anonim 4.5 5 Sukadi October 2, 2010 Berkomentar pada postingan di blog dengan mengatasnamakan anonim Pernahkah blog atau tulisan Anda mendapatkan komentar dari anonim?, 'orang asing' yang (...


22 comments:

  1. Pertamax....

    Memang jadi dilema untuk menjadi seorang komentar yang anonim. Apalagi kalau komentar tersebut cenderung sinis. Tapi saya pribadi lebih memilih komentar yang bersifat netral saja. Alasannya simpel, mental saya belum kuat untuk hal2 semacam itu.

    ReplyDelete
  2. saya mah ndak peduli sama mereka yg anonim :D

    ReplyDelete
  3. dan yg ninggalin komentar ndak jelas...

    semua orang bebas berpendapat...


    selama itu tidak disertai dgn koersi

    ReplyDelete
  4. itulah kenapa saya pake moderasi skrng ini, karena blog saya dofollow

    ReplyDelete
  5. tapi sampai kapanpun juga saya tetap menganggap bahwa yang berkomentar anonim tidak bertanggung jawab terhadap komentarnya.

    ReplyDelete
  6. Saya pernah dapet komentar dr anonim yg berbahasanya kurang baik. Sebetulnya saya dpt menduga siapa dia, karena wkt itu saya baru membuat akun di blogspot dan follower saya baru sedikit dan sebelumnya kami berbeda pendapat dlm satu topik tulisan saya.

    Buat sy tdk ada yg salah dg berbeda pendapat selama disampaikan dengan cara yang baik. Beranonim ria mmg tdk membuat nyaman, tapi mungkin itu hak komentator juga karena memang disediakan fasilitasnya oleh BS

    ReplyDelete
  7. waaaah ada lagi ya
    tahun lalu aku kena juga, komentarnya sengak amat

    sekarang kena spam ma web2 terkenal malah
    admin webnya cuma mo cari backlink

    nb :
    maaf baru bisa BW sekarang

    ReplyDelete
  8. sbenernya aku udah sempet dapet beberapa komen anonim, bahkan tanpa nyertain alamat webnya di bawah komennya..
    tp itu tak akan pernah menjadi suatu masalah bagiku, selama tidak menyangkut SARA..krn aku jg menyadari, bhw setiap orang punya keunikannya sendiri..dan aku tetap menghargai keunikannya..sepanjang tak ada unsur yg kusebutkan tadi...:)

    bisa jadi jg para anomim itu ga pny account google, ato pemula yang pas ngeliat blogku dan dia ga pny blog...:)

    ReplyDelete
  9. aku juga sering ada komentar anonim gitu mas,, tapi tidak bernada kasar sih. berprasangka baik saja, bener kata sob:windflowers, mungkin orang yang berkomentar itu memang tidak punya blog dan cuma berniat mencari informasi saja.

    ReplyDelete
  10. kesannya kalo pake anonim gitu, itu orang nggak tanggung jawab banget. tape sejauh ini, anonim yang mengomentari artikel-artikel saya biasanya temen-temen (yang saya kenal) karena mereka nggak punya akun blogger, google, ato twitter..

    ReplyDelete
  11. waduh haha, saya belum pernah tuh sob di datengin tamu seperti itu :)

    ReplyDelete
  12. selama masi nambah traffic blog sy itu ga masalah =))

    ReplyDelete
  13. Sebelum nanggapin, aku minta maaf dlu nie telat dan baru bisa berkunjung hhe...

    aku pun sama Sob... sampe hari ini aku blum pernah komentar pake Anonim.. klo aku gak suka biasanya aku pake bahasa yg aku anggap sopan untuk nyanggah postingannya.. Cuma klo yg ga suka dikritik kan pasti bilang itu terlalu ekstrim jadi mungkin juga itu yg bikin mereka komentar pake Anonim di blogku padahal maksudku baik kan hha...

    biarkanlah.. aku juga gak merasa tersinggung ini.. lagian postingan yg sempet aku bikin cuma untuk menjawab komentar mereka aja wkwkw....

    pokoknya aku yo sama gak berani pake Anonim untuk koment hhe... Semangat N happy blogging SOb..

    ReplyDelete
  14. Kalo Denuzz tidak suka menjadi anonim, toh orang tua Denuzz udah susah-susah ngasih nama .. masa' mau gak diakui ... hehe


    ~~~ Salam BURUNG HANTU ~~~

    ReplyDelete
  15. yup betull.. jgn takut dikritik asal membangun, meski dikritik oleh seorang anonim

    ReplyDelete
  16. sip bos. tapi alangkah baiknya kalau mereka yang meninggalkan komentar agak negatif jangan pake anonim. hehehe. kesannya (maaf) penakut..

    ReplyDelete
  17. benar sekali tidak mudah menjadi anonim

    ReplyDelete
  18. sebenarnya itulah pentingnya kalo koment kudu dimoderatori dulu,tp gimana ya setiap org wajarlah berkomentar apapun, cuma jgn sara aja atau bernada menghina, setidaknya kalo komeng ga jelas dari anonim ya harus didelete aja..hehe

    ReplyDelete
  19. sampai dengan saat ini saya juga tidak pernah berkomentar dengan menggunakan anonim. kalau saya tidak suka dengan isi postingan ya sudah saya close saja blog tersebut tanpa meninggalkan apapun..

    ReplyDelete
  20. betul banget bro anonim kadang2 buat jengkel jauh banget ari artikel sering di blog saya anonim berkomentar jorok dan tidak sopan menghina dan sebagainya

    maka nya saya hilangkan saja anonim nya jadi yang berkomentar hanya yang mempunyai akun saja

    ReplyDelete
  21. good good good....

    ReplyDelete
  22. yah itu cuma pilihan aja.. kalau niat kita baik mengapa anonim,

    ReplyDelete