Keberhasilan Itu Datang Saat Kita Berfikir Bahwa Kita Sudah Gagal

 On November 3, 2010  

Terkadang kita merasa bahwa setiap cobaan dalam perjalanan hidup adalah sebuah batu besar yang menghimpit kita sehingga kita tak bisa berbuat apapun untuk melepaskan diri dari himpitan itu. Setiap permasalahan hidup pasti datangnya silih berganti, karena (menurut saya) itulah seninya hidup. Permasalahan hadir untuk memberi warna agar hidup tidak monoton dan itu-itu saja .

Coba kita perhatikan baik-baik kata-kata bijak dari Harriet Beecher Stowe berikut ini:
Jika Anda berada ditempat yang sulit dan segala sesuatu menentang Anda sampai-sampai Anda merasa tidak akan mampu bertahan lebih dari semenit lagi, jangan pernah menyerah karena justru itulah tempat dan waktu ketika gelombang akan berbalik.
Dari kata-kata bijak diatas kita bisa mengambil sebuah kesimpulan bahwa sebenarnya saat paling tepat untuk meraih sebuah keberhasilan adalah ketika kita berfikir bahwa kita akan gagal lalu kita menyerah. Memang, diperlukan sebuah tekad dan keyakinan yang tinggi untuk mampu bertahan dalam setiap terpaan gelombang permasalahan, namun saat kita percaya bahwa Allah itu selalu mengawasi setiap usaha kita, yakinlah bahwa gelombang akan terbalik. Bukankah Allah SWT telah berjanji?
QS 13:11. Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.
Mungkin kita sebagai manusia selalu menginginkan sesuatu, dan bagi kita mungkin yang kita iginkan ‘harus’ tercapai, tapi sebagai manusia kita hanya bisa berusaha untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, untuk ending dari setiap usaha kita itu biarlah Tuhan yang menentukan. Percaya saja, setiap yang diberikan kepada kita itulah yang terbaik.

Tentunya kita pernah mendengar cerita tentang perjalanan sukses seseorang, banyak kita dengar bahwa mereka yang berhasil tidak didapat dengan instan, semua berproses. Dengan keyakinan dan tekad baja, mereka mampu membalikkan gelombang. Seperti apa yang ditulis oleh Walter M. Germain dalam bukunya yang berjudul The Ladder of Success berikut ini:

Setiap penemu, industriawan besar pasti memiliki beberapa bentuk kegagalan yang pernah mereka rasakan ketika mereka menempuh jalan panjang menuju kesuksesan. Ketika mengulas kehidupan dari orang sukses manapun, Anda pasti akan menemukan bahwa mereka semua telah menghadapi berbagai macam kegagalan. Kegagalan merupakan bagian dari kehidupan, terimalah itu sebagai kenyataan. Ingat, bahwasannya orang yang sukses adalah orang yang berhasil menghadapi kegagalan-kegagalan mereka, mereka yang belajar dari kegagalan tersebut dan mengubahnya menjadi kesuksesan.

Apabila Anda gagal dalam suatu hal bukan berarti Anda seorang pecundang. Artinya, Anda harus mencari tahu mengapa Anda gagal dan belajar dari kegagalan tersebut. Tidak semua orang dapat menjadi seorang penjual yang sukses, bintang film, dokter yang handal atau seorang presiden, tetapi seseorang dapat mengetahui bakatnya dan menjadi sukses.

“Success is the ability to go from failure to failure without losing your enthusiasm“
Keberhasilan Itu Datang Saat Kita Berfikir Bahwa Kita Sudah Gagal 4.5 5 Sukadi November 3, 2010 Terkadang kita merasa bahwa setiap cobaan dalam perjalanan hidup adalah sebuah batu besar yang menghimpit kita sehingga kita tak bisa berbua...


22 comments:

  1. alhamdulillah,,masih diingatkan..
    tulisane keren mas :D
    gak melulu hal yang gagal itu merupakan suatu kegagalan :D

    ReplyDelete
  2. Innamal usri yusran (Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan)

    wah jadi semangat ni baca tulisan disini, smg bisa tetap bersabar dan kuat menghadapi segala masalah ya mas. :)

    ReplyDelete
  3. @auliaafifhuda: Terimakasih Mas, tergantug dari sudut mana kita menilainya... :)

    @Winny: Terimakasih Mbak, semoga kita selalu diberi kekuatan untuk menjalani kehidupan ini... amin

    ReplyDelete
  4. “ Success is the ability to go from failure to failure without losing your enthusiasm “

    i like it...

    ReplyDelete
  5. hmmmm pagi ini aku mendapatkan pencerahan dari postingan ini
    mantap

    ReplyDelete
  6. tak ada kamus menyerah lagi,, makasih untuk spiritnya mas :)

    ReplyDelete
  7. kegagalan memiliki 'seni' tersendiri..krn dr sana kita dapat mengukur dan memastikan hasil kita, juga bs merupakan sebuah jawaban dari doa2 kita..sehingga kita berusaha utk mencari hal lain lagi yg memang itu adalah jalan kita; buat kehidupan kita...:)

    ReplyDelete
  8. Iya setuju, Kegagalan adalah awal dari kesuksesan, dan dari kegagalan kita harus belajar dan mencari tau agar tidak gagal lagi/ tidak terjatuh di lubang yang sama paling tidak.
    Bali Villas Bali Villa

    ReplyDelete
  9. gagal dan sukses itu adalah bagian integral yang tidak dapat terpisah mas :)

    DIBUTUHKAN SEGERA!!!

    English Tutors Urgently Required

    A fast-growing National English Language Consultant is hunting for professional English Tutors with the following qualifications:

    i. Competent, Experienced, or Fresh Graduate
    ii. Proficient in English both spoken & written
    iii. Friendly, Communicative, & Creative
    iv. Available for being placed in one of the following branches:
    a. Bandar Lampung, Jln. Ahmad Yani No 7 A Bandar Lampung, Telp: 0721-261135
    b. Denpasar, Jln. HOS Cokroaminoto No 66 Block B, C, D Denpasar, Telp: 0361-422335
    c. Pekanbaru, Jln. Ahmad Yani No 187 Kel. Tanah Datar 28000 Pekanbaru, Telp: 0761-7641321
    d. Batam, Graha Pena Building 5th Floor, Suite 510, Jln. Raya Batam Centre, Batam, Telp: 0778-460785
    e. Balikpapan, BRI Building 8th Floor, Jln. Jend. Sudirman No 37 Klandasan BalikpapanTelp: 0542-737537
    f. Makassar, Graha Pena Building 8th Floor, Suite 807,809-812, Jln. Urip Sumoharjo, No 20 Makassar, Telp: 0411-451510
    g. Medan, Visit http://www.easyspeak.co.id
    h. Banjarmasin, Visit http://www.easyspeak.co.id

    If you meet the qualifications above, please send your resume to the address you are applying for or to our email: easyspeak.recruitment@gmail.com within 2 (two) weeks after this advertisement.

    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information about our company.

    ReplyDelete
  10. bijak sekali ya....

    tinggal masalah aplikasi saja nih...

    menetapkan hati agar tetap rajin :D

    ReplyDelete
  11. yah, karena pikiran kita akan menjadi kekuatan kita.makanya harus berpikir positif ya

    ReplyDelete
  12. jadi ingat seperti yang guru SMP saya dulu selalu bilang, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda,

    Bener banget mas, karena disaat gagal itulah kita mendapat satu pelajaran agar lebih berhati-hati dalam menentukan langkah selanjutnya.

    ReplyDelete
  13. semakin banyak dan sering kita gagal sebelum berhasil, maka semakin banyak ilmu yg kita yang kita dapatkan untuk meraih keberhasilan gemilang ... setuju gak?

    Salam BURUNG HANTU

    ReplyDelete
  14. assalamualaikum Kang,
    adanya kegagalan akan memberikan warna tersendiri dalam langkah berikutnya. Insya Allah kelak di depan akan terbuka sebuah tabir bahwa sebenarnya tidak ada istilah kegagalan kalau dijalani dengan sebuah keikhlasan.

    ReplyDelete
  15. Ya,,, terkadang saya juga berfikir seperti itu.. :)

    ReplyDelete
  16. dan itu yang juga sering kualami Sob.... pas udah putus asa dan nyerah karena ng'rasa udah gagal... Tuhan malah nunjukkin cara yang menuntun ke titik terang menuju keberhasilan hhe... makasih udah diingetin Sob.. semangat :P

    ReplyDelete
  17. alhamdulillah, mampir ke blog ini siang ini.
    setelah membaca semua tulisannya, aku merasa kembali mampu bangkit utk menyemangati anak2 dgn dunia mereka , yg satu dgn pekerjaanya dan satu lagi dgn kuliahnya.
    terimakasih telah berbagi hal yg bermanfaat ini Mas.
    salam

    ReplyDelete
  18. pas...saya suka kata-katanya :D

    ReplyDelete
  19. Yang GAGAL selalu DIHINA. Yang SUKSES selalu DIPUJA. Itulah kenyataan yang terus bergulir pada sebagian masyarakat kita. Padahal, kesuksesan yg sangat luar biasa, justru dilahirkan dari RIBUAN KALI KEGAGALAN (Baca Kesalahan red). Maka berdamailah dgn Kesalahan & Kegagalan. Dan kegagalan bukanlah "aib" yg patut ditakuti. Salam kenal Mas

    ReplyDelete
  20. tapi kebanyakan kalau gagal ya gagal aja ngak ada yg namaya keberhasilan segala.

    Bali Prewedding Photography, Bali Photography, Bali Wedding

    ReplyDelete
  21. sangat motivatif Pak dan ini yang saya butuhkan saat ini
    terima kaish, kegagalan itu harus disikapi dengan kepala dingin dan optimisme yang tinggi
    sukses selalu buat anda ni

    ReplyDelete