Ngeblog dan Kepuasan Batin

 On December 11, 2010  

Tidak terasa sudah masuk akhir tahun, itu tandanya harus mulai merefleksikan tentang apa yang sudah dijalani setahun yang berlalu. Disini, di blog ini, saya mencoba menemukan apa yang sebenarnya saya cari dari aktivitas ngeblog.

Mukadimah: Blog dan Obsesi
Rasa-rasanya baru kemarin saya belajar ngeblog, saya merasa masih terlalu dini jika menyebut diri ini sabagai blogger. Masih melekat dalam ingatan, dulu awal pertama ngeblog adalah bulan Juli 2008, tepatnya tanggal 14, dan blog pertama yang saya buat adalah padangcahaya.blogspot.com

Awal mula memutuskan untuk ngeblog selain untuk menyalurkan hobby juga kepingin menambah penghasilan lewat blog, karena yang terbayang oleh saya adalah usaha sampingan, ya, saya terkena doktrin bahwa ngeblog itu juga bisa mendatangkan penghasilan. Entah berapa buku sudah yang saya beli, kesemuanya adalah mengenai belajar membuat blog, me-monetize blog dan mencari tambahan penghasilan dari ngeblog. Walau memang doktrin itu tidak salah namun bagi saya itu kesalahan, permasalahan yang saya hadapi adalah kemampuan, pengalaman dan sarana penunjang saya belum ada. Yang saya punya hanya kemauan, dan saya rasa itu belum cukup.

Kemudian memasuki awal tahun 2009 saya memutuskan untuk sewa hosting dan domain, lagi-lagi saya tidak bisa mengendalikan diri dan terbawa larut dalam hasrat dan rayuan promosi yang benar-benar menggiurkan. Dan rupanya (lag-lagi) keinginan yang tidak diimbangi dengan kapasitas membuat saya terperosok dalam penyesalan. Dengan banyak pertimbangan akhirnya saya putuskan untuk tidak memperpanjang sewa hosting dan domain.

Tahun 2010
Di tahun 2010 banyak hal yang perlu saya catat tentang perjalanan ngeblog saya, diawal tahun saya mencoba kembali ke blog saya di blogspot, walau tidak rajin update tapi minimal apa yang ingin saya curahkan bisa terakomodasi dalam tulisan di blog. Entah ada angin apa, ketika terbesit kembali untuk menyewa domain, namun kali ini saya hanya ingin sewa domain saja, untuk hosting saya tetap pakai punya blogspot.

Tepat tanggal 3 Juli 2010 akhirnya blog ini resmi pakai domain sendiri. Awalnya tidak terfikir untuk memindah semua tulisan di blog lama saya kesini, namun setelah saya temukan banyak link blog saya yang rusak  maka akhirnya saya putuskan untuk memindah semua isi tulisan kesini.

Lebih Dari Satu Blog
Dengan banyak mimpi saya memutuskan untuk mempunyai lebih banyak blog, akhirnya dengan bekal pengetahuan yang secukupnya dan banyak tanya di google maka bermuculanlah blog-blog saya yang lain. Wordpress, Posterous, Dagdigdug, Blogdetik menjadi tempat "pelampiasan" mimpi saya. Walau (hampir) semua kurang terurus tapi saya tidak mempermasalhakan itu, mungkin juga karena semua merupakan fasilitas gratis dan tidak akan kena marah atau denda kalau jarang update, egois memang.

Walau secara langsung tidak merugikan saya secara materi, namun keberadaan blog-blog tersebut ikut memberi dampak yang kurang bagus. Misalnya saja keinginan-keinginan untuk dapat update dimasing-masing blog tersebut membuat saya harus lebih banyak meluangkan waktu, padahal benturan-benturan dengan kegiatan offline pasti akan terjadi, dan mau tak mau harus ada yang dikorbankan.

Kendala 
Ketidak konsistenan menjadi sebuah kendala yang benar-benar terasa, ide yang kadang kering juga berpengaruh dalam pembuatan sebuah posting. Apalagi ditambah dengan padatnya target pekerjaan dan aktivitas offline yang dibumbui dengan rasa malas memperlengkap deretan kendala yang saya hadapi.

Harapan
Tapi sudahlah, perjalanan yang melelahkan dalam proses belajar ini membuat saya lebih mengerti tentang banyak hal, walau banyak yang harus dikoreksi namun tak sedikit pula pengalaman dan ilmu yang saya peroleh. Saya hanya ingin menikmati semua ini, saya ingin menjadikan aktivitas ngeblog saya sebagai sarana belajar, berbagi, mendapatkan banyak teman. Saya ingin dengan ngeblog bisa mendapat kepuasan batin, memberi manfaat bagi diri saya khususnya dan bagi orang lain pada umumnya. Kalaupun misalnya banyak hal negatif yang berpengaruh dalam aktivitas dan kehidupan saya, biarlah itu menjadi sebuah catatan yang harus diperbaiki

Dalam hidup pasti ada pilihan-pilihan, saya memilih untuk ngeblog dan harus siap dengan konsekuensinya. Saya ingat sebuah kata inspiratif yang saya dengar di sebuah seminar: Jika ingin mengenal dunia, maka membacalah. Jika ingin dikenal dunia, maka menulislah.


*****
Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Muhasabah Akhir Tahun di BlogCamp
Ngeblog dan Kepuasan Batin 4.5 5 Sukadi December 11, 2010 Tidak terasa sudah masuk akhir tahun, itu tandanya harus mulai merefleksikan tentang apa yang sudah dijalani setahun yang berlalu. Disini, ...


36 comments:

  1. Yang utama adalah kepuasan mas!! Lainya bisa tempat curhat ttg sesuatu yg tdk bs di curhatkan cecara offline/ (setiap blogger berbeda dlm niat ngeblog).

    ReplyDelete
  2. banyak hal bisa dipelajari yah... walau sempat menuai kekecewaan...

    tentang banyak blog, he he... aku malah baru mulai ternak blog... walau kesemuanya gratisan dan tidak untuk mendapatkan uang --"

    semoga sukses dengan K.U.M.A.T nya ^^

    ReplyDelete
  3. Nothing to loose...slama masih ada keinginan dan kemauan untuk nge-blog, lakukan saja sesuai kata hati yang terdalam, hehehe...

    amiin..makasih ya mas atas doanya. Smoga Mas Sukadi jg menang dlm K.U.M.A.T dan mendapat hadiahnya.

    Salam kenal :)

    ReplyDelete
  4. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam K.U.M.A.T - Kontes Unggulan Muhasabah Akhir Tahun di BlogCamp.
    Akan dicatat sebagai peserta

    Salam hangat dari Markas Blogcamp di Surabaya

    ReplyDelete
  5. Semoga berjaya dimedan laga

    salam hangat dari Plesiran-Blog untuk mempromosikan pariwisata daerah anda secara gratis. Pengirim artikelnya bahkan akan mendapatkan tali asih berupa buku yang menarik dan bermanfaat atas pilihannya sendiri.
    Silahkan kirim artikel sekarang juga.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  6. @eko susilo: ya mas, semua juga kembali ketujuan ngeblog... :)

    @inge: amiinn...terimakasih mbak.
    siapa tahu dengan banyak blog makin banyak rejeki :D

    @LisaDidien: Amin...terimakasih Mbak.
    yang penting dinikmati saja, ngeblog bukan untuk menambah beban tapi untuk mengurangi beban. Salam kenal juga Mbak Lisa :)

    @Shohibul K.U.M.A.T: Terimakasih, semoga berkenan.

    @Plesiran: Maturnuwun Pakde. Saya sebenarnya kepingin ikutan meramaikan tempat Plesiran, tapi mungkin tidak dalam waktu dekat ini he.he..
    Saya sudah ada materinya, kurang mengolahnya. :)

    Terimakasih.

    ReplyDelete
  7. Hohohohoho...saya juga mau ikut nih mas, cuma belum beres2, :P semoga menang ya...

    ReplyDelete
  8. Sebuah refleksi yg inspiratif. Dari muhasabahnya saya bisa simpulkan bahwa dunia blogger menjadi opsi yg ideal ntuk berkreasi dan salah satu blogger idealis adalah yg pnya blog ini.
    Salam blogger !

    ReplyDelete
  9. Kalo pak Kadi yang memulai ngeblog dari Juni 2008 tidak berani memproklamasikan diri sebagai seorang Blogger, apalagi saya yang baru Oktober 2010 ini... hehehe... Sukses Pak.

    ReplyDelete
  10. assalamualaikum kang,
    tertegun saya bacanya, banyak hal terambil dari perjalanan panjang ini. Yang pada akhirnya berlabuh pada kepuasan batin.
    Semoga menang KUMATnya kang

    ReplyDelete
  11. semoga g ada lagi kendala yang berarti dan harapan bisa segera terwujud. amin.

    ReplyDelete
  12. @primeedges: amin, terimakasih... semoga segera jadi tulisannya, terus rame-rame nuggu pengumuman siapa yang menang he..he..

    @gaelby: sebenarnya saya sendiri tidak tahu saya itu termasuk idealis atau tidak, semua tergantung penilaian masing-masing orang karena sudut pandang untuk melihatnya juga berbeda he.he..
    Salam Blogger...

    @Denuzz: belum terlalu panjang kok, baru kemarin...yang penting tetep semangat he.he

    Terimakasih Denuzz, kalau misalnya Denuzz yang dapat juara 1 juga tidak apa-apa kok, yang penting itu tadi, tetep semangat he.he..

    @fitr4y: amin... terimakasih :)

    ReplyDelete
  13. @Lalu Abdul Aziz: menjadi diri sendiri mungkin itu lebih baik. tidak semua promosi itu buruk, hanya saja sebelum memutuskan untuk terjun kedunia dunia bisnis online hendaknya membekali diri dengan pengetahuan yang cukup dan tidak tergesa-gesa memutuskan sebelum benar-benar siap dengan resikonya.

    @pakeko: bukan saya tidak berani Pak, hanya saja saya isin untuk menyebut diri saya seorang blogger he.he..

    @Djangan Pakies: Walaikumsalam Wr Wb
    Amin..terimakasih kang, hanya sekedar mengerucutkan mimpi..he.he..

    @ReBorn: Amin....terimakasih Mas :)

    @pakde sulas: benar Pakde, saya malah pernah sekian lama mengumpulkan recehan dollar tapi setelah terkumpul dan mau digunakan bertransaksi malah akun PP saya kena pembatasan/limited, ya akhirnya bikin males.
    kalau kepingin gratis ya sulit Pakde, lha koneksi internet kan juga harus bayar he.he..

    Terimakasih :)

    ReplyDelete
  14. Hehe..
    Pak, baca posting ini saya jadi inget awal mula saya ngeblog di tahun 2007, bisa dikatakan bukan blog waktu itu, hanya sekedar curahan isi hati dan perasaan saya yang terpendam terhadap seseorang (perempuan tentunya), sampai sekarang saya masih ingat url, email serta sandinya.
    Memang betul, ngeblog itu kepuasan batin, yang bisa memahami hanya batin blogger itu sendiri, bukan yang lain.
    salam kenal :D

    ReplyDelete
  15. mainan freelance aja mas..

    ReplyDelete
  16. Panjang juga perjalanan ngeblognya ya kang..salut

    ReplyDelete
  17. Mas, sepertinya pengalaman kita kok sama ya mas...
    nyaris sama...

    ReplyDelete
  18. ungkapkan isi hati lewat blog....sampaikan kebenaran, sebarkan semangat hidup untuk menghidupkan kehidupan, menghidupi kehidupan dengan berbagai warna pencerahan melalui blog...amien

    ReplyDelete
  19. well,,,sampai sekarang sy blm berpikir utk sewa hosting krn .... :D takut blog ndak keurus :D

    sia2 uang :D

    ReplyDelete
  20. klo ane sih blogging share ilmu, dan menghimpun bahan2 kuliah... :D keep blogging

    ReplyDelete
  21. malem Sob.... sebelumnya maaf baru bisa berkunjung :P

    Wah ternyata punya akun banyak juga nie hhe... sama Sob.. aku juga ng'rasain susahnya punya DOmain banyak.... dan sampe sekarang kayanya cuma 1 yg bener2 bisa diurus, itu juga gak pasti hhe... pengen beli Domain baru yg aku bingung nulis isinya kapan? hhe...

    untuk kontesnya semoga menang, ya pokoknya semangat lah hhe.. :P

    ReplyDelete
  22. di outsourcing mas. Banyak tuh penyedia jasa update blog :-)

    ReplyDelete
  23. moga menang mas,kontesnya,,,pengalamannya hampir mirip dengan saya mas...

    ReplyDelete
  24. Ngeblog memang mengasyikkan...

    Untuk ngeblog biasanya saya menyediakan waktu sekitar 1-2 jam perhari, termasuk BW and kasih komen ke tetangga. Namun ngeblog jadi tidak asyik lagi ketika koneksi internetnya lemot, apalagi banyak yang mesti dikerjakan di dunia nyata. Ngeblog bisa terbengkalai karena alokasi waktu tidak cukup...

    ReplyDelete
  25. sebuah refleksi yang bisa buat bahan pelajaran kedepan..ngeblog adalah kepuasan batin..betul sekali ini..apalagi dengan ngeblog kita lebih bisa berbagi dengan orang2 di dunia maya..semangat ngeblognya dan bisa konsisten

    ReplyDelete
  26. wah..ternyata udah lama jg ya mas sukadi bergelut dng dunia blogging..hehe..

    sukses bwt kontesnya..:)

    ReplyDelete
  27. kepuasannya emang g ternilai, sy sendiri merasa lebih bebas kalau curhat via blog

    ReplyDelete
  28. Untuk ngeblog kita butuh Waktu, Ide dan Akses yang berjalan seiringan. baca : http://mashendri.com/ramuan-seorang-blogger.html

    Keep Update...and keep Posting.... the philoshophy is : Sharing is Caring... :D

    ReplyDelete
  29. mampir membawa buku besar sambil mencatat peserta kontes dan melakukan penilaian.
    salam hangat selalu.

    ReplyDelete
  30. wah, mengurus lebih dari satu blog memang memusingkan ya mas, tapi ada enaknya juga mas, kalau kita bosan dengan suasana/tema salah satu blog, masih ada blog lain buat pelarian (kayak istri simpanan haha..).

    ReplyDelete
  31. Solo-Purbalingga-Slawi... jian, rutenya kok jauh-jauh, Kang? kapan ke Solo-nya.

    tetap semangat ngeblog nggih.... salam kenal

    ReplyDelete
  32. Saya ingin mengenal dunia, jadi membaca saja. Menulis hanya untuk menyalurkan kesenangan saja, kalaupun ada manfaatnya alhamdulillah.

    ReplyDelete
  33. Memiliki beberapa blog menurut saya sih ngak masalah asal mampu aja ngurusnya..., kalo ngak mampu cukup satu aja asal fokus dan konsisten :)

    ReplyDelete