Matikan Dulu Kompor Anda!!

 On April 4, 2011  

Gambar: dalmuji.wordpress.com
Buat Anda yang sekarang lagi asyik ber-internet atau akan bepergian, saya ingatkan, jangan lupa matikan kompor Anda. Memangnya kenapa?, ya, biar lebih aman dan lebih nyaman saja he.he...

Tadi, saat berangkat kerja, di depan sebuah SD saya di kejutkan oleh seorang ibu (Guru) yang melambaikan tangan sebagai isyarat utuk menghentikan saya. Rupanya dia ingin menumpang, saya yang kaget pun berhenti, memberi tumpangan si ibu yang kelihatan sangat cemas. "Wonten nopo bu?", tanya saya. "Kompore kulo lali dereng di pateni, mugi-mugi mboten wonten nopo-nopo...", jawab ibu tersebut dengan nada cemas. Rupanya, saat meninggalkan rumah, ibu itu lupa mematikan kompor. "Mandhap pundi Bu?", tanya saya lagi. "Ngajeng wartel", ibu itu menjawab. Berhubung saya kurang paham tempat yang dimaksud maka saya jalan saja terus, menunggu sampai ibu tersebut meminta berhenti.

"Pun... mandhap mriki Mas...", ibu itu meminta berhenti saat berada di depan sebuah wartel. Setelah berterimakasih segera dia bergegas menuju rumahnya yang masih tertutup pintu gerbangnya. Sepertinya sih tidak terjadi apa-apa, karena saya tidak menunggu apa yang terjadi, maka saya kurang paham cerita selanjutnya. Yang pasti, dari kejadian ini kita (saya) bisa mengambil hikmahnya, betapa kehati-hatian dan kewaspadaan diperlukan.

Ini hanyalah contoh kecil, masih banyak kejadian serupa yang berakibat fatal. Kalau saya mengambil contoh tentang kompor, bukan berarti benda/barang/alat yang lain tidak berbahaya. Tidak ada pembedaan jenis kelamin dalam tulisan ini, pemakain kompor sebagai contoh hanya untuk mempermudah cerita. Banyak jenis benda/barang/alat yang lain yang tidak kalah berbahayanya dengan kompor, saat kita lalai dan kurang berhati-hati. Sak bejo bejane wong kang lali luwih bejo wong kang eling lan waspadha...
Matikan Dulu Kompor Anda!! 4.5 5 Sukadi April 4, 2011 Gambar: dalmuji.wordpress.com Buat Anda yang sekarang lagi asyik ber-internet atau akan bepergian...


41 comments:

  1. untung saya gak pernah nyalain kompor,,:D (lha wong bisanya masak air doang...)

    ReplyDelete
  2. @fizer0: kalau bukan Anda mungkin ibu, tetangga atau saudara, barangkali kelupaan bisa di ingatkan he.he..

    ReplyDelete
  3. yup
    bahaya kalo sampek kelupaan matiin kompor :)

    ReplyDelete
  4. walah Kang...

    sya ndak punya kompor, adanya cuma pawon...

    :D

    ReplyDelete
  5. @Rusa: ha.ha... makanya jangan lupa dengan kompornya ya.. :)

    @Sugito Kronjot: lho, pawon sama kompor kan nggak jauh beda, misalnya pergi nggak matikan pawon bisa2 kebakaran Kang he..he..

    ReplyDelete
  6. Bener itu mas, sering kali juga saya dan kadang istri lupa mematikan kompor hanya krn asik lg nnt tv. Wlo sbnr'y sy paling takut klo mmasang gas tp dh jd tuntutan ya nekat sj yg penting ttp hati2.

    ReplyDelete
  7. Bagus artikelnya,lucu2 komentnya!

    Saatnya rubah blogspot/facebook Anda menjadi domain sendiri (.com/.net/.org) dengan domain termurah! Buktikan!
    webcanggih .com

    ReplyDelete
  8. meamng bahaya sekali, kemaren ada tetangga dapurnya kebakar gara2 ini. untung deh cepet ketauan

    ReplyDelete
  9. @eko susilo: kemudahan kadang menjadi sesuatu yang berbahaya saat kita lalai. mangkanya harus selalu berhati-hati dan waspada he.he..

    @WEBCANGGIH: terimakasih :)

    @adi.m: untung saja cepet ketahuan, kalau nggak ketahuan bisa-bisa habis semua rumah, mungkin punya tetangga juga ikut-ikutan kena dampaknya he.he

    ReplyDelete
  10. iya tidak hanya kompor saja yang harus di sikapi dengan hati hati barang lain juga kaya misal handphone, lengah sedikit saja duit jutaan rupiah bsa melayang hehe itupun kalo hp nya harga di atas 1 juta rupiah. Jadi mulailah tanamkan sikap hati2 dalam segala hal tentunya!

    ReplyDelete
  11. Terima kasih sudah mengingatkan! Lama gak bertamu nih.....

    ReplyDelete
  12. @yayack: banyak hal yang kita anggap sepele tapi sebenarnya itu berbahaya, mangakanya kudu hati2 dan waspada.. :)

    @Pakeko: Maturnuwun sampun kersa pinarak mriki, Pak.. :)

    ReplyDelete
  13. Untung ga popo ya.
    bahaya yen rung dipateni

    ReplyDelete
  14. wah bahaya tuh kompor kalo sampai lupa apalagi kalo kompor gas

    ReplyDelete
  15. saya juga ada pengalaman buruk pas mau memasang kompor gas gan,tabung nya bocor sampai terasa dingin banget seperti es tabungnya

    ReplyDelete
  16. @Andhy: iyo, umpomo durung dipateni bisa kobongan :D

    @mas pri: bener mas, banyak kasus kebakaran bermulai dari kelalaian semacam ini :)

    @holichaxor: kalau sampai meledak tabungnya bisa kebakar tuh.. :)

    ReplyDelete
  17. ah, alhamdulillah kalaupun lupa matiin ada nenek saya yang matiin duluan,pak.. :D

    ReplyDelete
  18. wah sampean kok malah koyo tim Gegana yo Kang hahaha

    ReplyDelete
  19. @sibair: alhamdulillah...

    @Lozz Akbar: eitzz... jangan salah, lebih ganas dari tim gegana Kang hahaha..

    ReplyDelete
  20. Haduh..jadi ingat kejadian 2hr yang lalu.
    Kompor di rumah saya ternyata semalaman masih nyala :(
    Lupa dimatikan.
    Untung juga gak kenapa2.

    ReplyDelete
  21. Pengalaman yang sekaligus bisa di jadikan pelajaran.. thx for share kawand.. :)

    ReplyDelete
  22. qu nonton film sambil manasin sayur, film nya asik,, sayurnya angusss .. heheh :)

    ReplyDelete
  23. wahh dulu pernah kompresor lupa dimatiin,, eh tengah malam nyala ndiri,, qu pikir ada hantunya .. hhiiiii

    ReplyDelete
  24. Haduh bahaya banget kalau ampe lupa matiin kompor... Sudah banyak kejadian yang menyeramkan dan menyedihkan hanya gara2 kompor meleduk.. Harus ekstra hati-hati... Soalnya saya juga pernah gitu mas.. Gak inget kalau lagi ngangetin masakan.. eh angus deh masakannya.. Keasikan nge blog...wkwkkwkkk

    ReplyDelete
  25. kadang hal-hal yang kelihatannya sepele, seperti lupa mematikan kompor bisa berakibat fatal seperti kebakaran yang bisa membawa korban harta dan benda

    ReplyDelete
  26. Wah hal kecil seperti itu & tidak kita sadari tapi akibatnya bisa fatal..... keren mas.... maaf baru bisa mampir sekarang mas Sukadi....:)

    ReplyDelete
  27. setuju aja *merasa telat kasi komen :)*

    oya tambahan dikit, magic jar juga kl bisa matiin aja kl pergi keluar rumah agak lama. Periksa jg setrika dll peralatan listrik.

    ReplyDelete
  28. leres sanget meniko pak :)

    tetep harus hati-hati dan waspada dengan hal-hal yg kelihatannya sepele...sepele tapi iso dadi gawe...hehehe...

    ReplyDelete
  29. Ya betul hal-hal sepele seperti ini jarang menjadi perhatian, padahal jaman sekarang kebanyakan orang enta muda apalagi tua sudah sering dihinggapi penyakit pikun. saya sendiri sering lupa akan hal-hal kecil, namun beresiko besar. paling sering mau pergi jauh lupa gak bawa dompet sama isinya. nah kalau pergi gak bawa "sangu" kan bisa berabeh

    ReplyDelete
  30. sebuah kewaspadaan tingkat tinggi
    apalagi di negeri ini
    dimana tabung gas elpiji bisa menjadi bom
    hati-hati selalu...

    sedj

    ReplyDelete
  31. Bener mas, segala macam kompor yg membahayakan memang harus dimatikan. Apalagi "kompor hati"

    ReplyDelete
  32. nice..
    mengingat juga kejadian tempo waktu lalu, dimana sebelum bom buku muncul, bom elpiji terlbih dahulu 'ngeksis' di rumah2 penduduk.

    sempatkan juga mengunjungi website kami http://www.the-netwerk.com
    sukses selalu!

    ReplyDelete
  33. Untung...untung nggak samapai kejadian....

    ReplyDelete
  34. Pesan moralnya bagus Mas, matikan dulu kompornya, hehe..

    Ya, moga moga Ibu itu nggak kelupaan lagi. Dan kita semua bisa mengambil hikmahnya (dari kejadian tersebut), AmiiiN..

    ReplyDelete
  35. iy ya...kl aq kadang lupa lagi nyalain kompor krn lagi asik BW ...

    ReplyDelete
  36. wah boeleh jga nih artikel yg membahas tentang kompor gas ^_^ nice post bro :)

    ReplyDelete
  37. iya mas.. sudah banyak korban akibat kelalaian mematikan seekor kompor... sudah seharusnya kita berhati-hati..

    ReplyDelete
  38. Selalu berjaga-jaga lebih baik daripada nanti ada kejadian yang tidak diinginkan, saya ngeri kalau melihat berita tentang tabung gas yang meledak gara-gara lupa mematikan kompor.

    ReplyDelete
  39. itu harus om bisa bahaya kalau kita meningalkannya xixix

    ReplyDelete
  40. mampir juga ya k4 blog yang masih saya kelola
    www.moenasone.com
    www.moenasone.info
    www.moenasone.net
    www.moenasone.co.cc
    butuh suport tak usah koment, tengok aje xixi

    ReplyDelete
  41. bahaya banget memang kalo gak hati-hati, ditempatku ada satu rumah hangus terbakar gara2 kompor gas.

    ReplyDelete