Kang Gendon Dan Bulan Ramadhan

 On July 20, 2012  

Bulan Ramadhan, seperti biasa, sudah beberapa tahun terakhir semenjak era reformasi saat memasuki bulan Ramadhan selalu ada saja yang di buat bingung. Bingung?, ya, terutama bagi masyarakat awam yang dulunya hanya terbiasa tahu satu awal puasa dan satu tanggal Idul Fitri, atau masyarakat yang tidak tahu menahu soal kelompok atau organisasi keagamaan sehingga mereka tak tahu kapan harus mulai berpuasa.

Seperti halnya Kang Gendon, dulu dia juga merasa begitu, saat awal puasa tidak bersamaan, dia bingung harus ikut yang mana. Akhirnya, berbekal keyakinan bahwa GUSTI ALLAH mboten sare dia pun ikut awal puasa bareng dengan tetangga dan lingkungkan dimana dia tinggal, asalkan alasan penetapan awal puasa jelas dan berdasar.

Tahun ini Kang Gendon baru akan mulai menjalankan ibadah puasa pada hari Sabtu tanggal 21 Juli 2012. Mungkin sebuah kebetulan seandainya saja hari tersebut merupakan awal puasa dari warga NU, karena Kang Gendon menyesuaikan dengan lingkungannya bahwa sesuai pengumuman pemerintah awal puasa di tetapkan pada hari Sabtu.

Seandainya saja Kang Gendon berada di rumah saudaranya di lain kota, mungkin hari Jumat ini dia sudah mulai berpuasa, karena lingkungan di sana kebanyakan warga Muhammadiyah. Tak ada yang perlu di perdebatkan bagi Kang Gendon, mau NU, Muhammadiyah, atau organisasi keagamaan yang lain, semua punya keyakinan masing-masing. Kang Gendon merasa sebagai umat muslim yang 'netral', dia juga tidak akan tersinggung kalau misalnya di sebut sebagai orang yang tidak berpendirian, islam abangan, atau apalah, karena soal keyakinan merupakan hubungan antara hamba dengan tuhannya.

Kang Gendon tidak mau ambil pusing, dia merasa sebagai makmum, perbedaan itu wajar, dia hanya punya niat yang tulus dan berusaha semampunya untuk menjalankan ibadah puasa dengan sebaik mungkin. Kang Gendon hanyalah orang desa yang awam, namun tetap menjaga toleransi dan menghormati keyakinan mengenai awal puasa masing-masing orang, dia tidak ingin terjebak dalam persoalan yang hanya akan membuat persepsi orang semakin buruk tentang agama yang dia yakini.

"Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1433 H"
Kang Gendon Dan Bulan Ramadhan 4.5 5 Sukadi July 20, 2012 perbedaan awal puasa ramadhan dan cara menyikapi bulan ramadhan Bulan Ramadhan, seperti biasa, sudah beberapa tahun terakhir semenjak era reformasi saat memasuki...


7 comments:

  1. Ikut menyimak artikelnya Gan :-)

    Salam,

    ReplyDelete
  2. Selamat Menjlankan Ibadah Puasa kang
    :D

    ReplyDelete
  3. bacanya agak miris. emang bener masa orang islam sendiri kebingungan nentuin jadwal pusa. tapi alhasih hari ini tepatnya gan :)

    ReplyDelete
  4. @Sriiii: Selamat menjalankan ibadah puasa :)

    @Faizal: perbedaan itu wajar, kebingungan bagi orang awam itu biasa, yang penting niat ikhlas dan menjaga toleransi :)

    ReplyDelete
  5. Jumat - Sabtu sama saja yang penting ikut puasa... Klo membahas perbedaan mesti tak ada habisnya. Selamat menunaikan ibadah puasa buat kang gendon dan penulis :)

    ReplyDelete
  6. @eko susilo: selamat menunaikan ibadah puasa :)

    ReplyDelete