Silaturahmi, Sahabat, Dan Masa Lalu

 On August 27, 2012  

Libur hari raya sudah berlalu, ribuan bahkan jutaan orang pemudik telah kembali ke tempat masing-masing, jalan-jalan mulai berkurang kepadatannya. Momen hari raya Idul Fitri memang menjadi sebuah momen yang paling dituggu oleh sebagian besar orang, bukan karena "kesakralannya" saja, namun di hari raya bisa di manfaatkan untuk banyak hal lainnya, terutama terkait dengan silaturahmi.

Idul Fitri menjadi waktu yang indah untuk dapat berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga, tetangga, dan sahabat. Makanya, banyak acara yang diadakan oleh sebagian orang, selain halal bil halal, biasanya ada ajang temu kangen atau reuni dengan sahabat, terutama dengan teman-teman sekolah dulu.

Reuni Dan Sahabat Yang 'Hilang'
Sebenarnya kemarin teman-teman satu angkatan saya mengdakan acara reuni di Solo, tapi karena satu dan lain hal akhirnya saya tidak mengikutinya, menyesal memang, tapi apa mau dikata. Sudah sekian tahun tak bertemu dengan kawan seperjuangan dulu, ada rasa kangen, ada pula rasa penasaran dengan kabar mereka saat ini.
 
Saya pernah mempunyai seorang sahabat yang entah kini dimana. Karjiyo, ya, namanya Karjiyo. Saya kenal dia tahun 1999, kurang lebih 12 tahun yang lalu. Kebetulan waktu itu saya sedang PSG (pendidikan Sistem Ganda), atau istilah umumnya adalah PKL. Ketika itu di PT. Geomas Matra Perdana, Semarang. Kebetulan dia membantu administrasi dan menjaga kantor, sekaligus menjadi murid di sebuah SMA swasta di Semarang.

Saya seperti kehilangan jejak, saya merasa 'merindukan' kawan, apalagi sudah sekian tahun tak bertemu. Tak hanya Karjiyo saja, ada banyak teman yang kini tak tahu kabar beritanya. Kawan-kawan waktu STM di Semarang dulu juga demikian, sebagian besar saya tidak tahu kabarnya, kehilangan kontak dan kini hanya tinggal ingatan, meski sudah banyak nama yang mungkin saja kabur dari ingatan.

Ada momen-momen indah dengan sahabat yang terkadang erat melekat dalam ingatan, tak melulu soal yang enak-enak, yang pahit pun kadang terasa manis kalau di ingat sekarang. Ah, mengingat masa lalu memang menimbulkan berjuta kenangan. Masih saja berharap untuk dapat bertemu dengan kawan-kawan lama, meski terkadang masa sekarang "memaksa" untuk "menyingkirkan" masa lalu. Dan semoga saja sahabat-sahabat yang lama 'hilang' bisa 'menemukan' saya kembali lewat tulisan ini. :)
Silaturahmi, Sahabat, Dan Masa Lalu 4.5 5 Sukadi August 27, 2012 Silaturahmi dengan keluarga dan sahabat serta kawan lama yang tidak tahu keberadaannya sekarang Libur hari raya sudah berlalu, ribuan bahkan jutaan orang pemudik telah kembali ke tempat masing-...


19 comments:

  1. iya betul mas, kamrin juga saya dan keluarga saya pergi ke kampung halman bertemu dengan sanak keluarga ,,, bnar bnar kjadian yang sangat langka ,,

    ReplyDelete
  2. Pasti seneng banget ni Pak bisa bertemu dengan teman lama dan reuni dengan mereka
    sukses selalu :)

    ReplyDelete
  3. nostalgia yang penuh berkah dan pahala adalah REUNI

    ReplyDelete
  4. reuni terasa traveling time jika mengingat dan menghayati jika saling cerita pengalaman masa lampau

    ReplyDelete
  5. saya kemaren juga reuni mas dengan teman SMP, SMA dan Kuliah.. kebetulan pada kumpul di jogja.. rasanya seruuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya kemarin teman-teman kuliah juga mengadakan acara reuni mas, tapi sayangnya saya tidak bisa ikut.

      Delete
  6. reuni kadang ada asiknya tapi kadang juga ngingetin yg udah2 aja sampe2 yg pait ikut2an dingetin lagi

    ReplyDelete
  7. Foto di mana itu pak Sukadi, wah asyik dan hangat tuh pastinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perjalanan ke Merbabu, Pak.

      Delete
  8. reuni lebaran 2012 ... asyik banget ya

    ReplyDelete
  9. taqobbalallahu minna wa minkum, mohon maaf lahir batin (maaf telat)

    ReplyDelete
  10. semoga mas bisa ketemu lagi sama sahabat2 terkasihnya ya... :)

    selamat hari raya idul fitri mas..mohon maaf lahir batin..maaf baru bs mampir ni..

    ReplyDelete
  11. wah bayangin ga enaknya jadi orang dulu, mau ketemu kawan lama susah. Beruntung sekarang ada facebook + hp, jadi kawan lama lost contact itu hampir mustahil :D

    ReplyDelete
  12. Karjiyo tidak ada dalam poto?
    Soalnya potonya tahun 2002.
    Tapi mengingat moment-moment indah dulu hati jadi Happy.

    ReplyDelete
  13. semoga mas karjiyo baca tulisan ini :D

    ReplyDelete
  14. jadi ingin reuni.. rindu dengan teman-teman yang dulu..

    ReplyDelete