Kemenangan Baju Kotak-Kotak

 On September 22, 2012  

Pemilukada DKI Jakarta 2012 putaran ke-2 telah selesai di laksanakan pada tanggal 20 Sepetember yang lalu. Dua pasang calon masing-masing Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli (Foke-Nara) 'bertarung' dengan pasangan Joko Widodo-Basuki Tjandra P (Jokowi-Ahok). Meski belum di ketahui secara resmi siapa yang memenangkan pemilihan gubernur ini, namun menurut hasil perhitungan cepat (quick count) sejumlah lembaga survei, pasangan Jokowi-Ahok diperkirakan akan keluar sebagai pemenang. Apapun hasilnya, semoga saja mampu membawa Jakarta kearah yang lebih baik.

Ada yang menarik menurut saya, dari sekian lama perjalanan pemilukada DKI Jakarta 2012, yaitu mengenai Jokowi dan tren baju kotak-kotak. Masyarakat yang notabene bukan warga Jakarta pun ikut larut dalam suasana pilkada DKI. Bagaimana tidak?, tak sedikit orang yang saya jumpai memperbincangkan dan berharap agar Jokowi bisa menang di pilkada DKI. Entah apa hubungannya, karena nyatanya mereka bukan warga Jakarta.

Pemberitaan media turut berperan dominan dalam membentuk opini masyarakat, meski tidak mutlak, sepertinya memang demikian. Keterikatan saya hanya sebatas emosi kedaerahan, selain itu, track record Jokowi yang muncul di pemberitaan memang membuat banyak orang menjadi 'ngiler' akan adanya perubahan, sukur-sukur kalau nantinya sukses di Jakarta bisa menuju #RI1. Perubahan kearah yang lebih baik itu mutlak, menurut saya.

Baju Kotak-Kotak Dan Jokowi
Semenjak awal terkenalnya baju kotak-kotak khas Jokowi, atau awal pendaftaran calon gubernur, orang akan mengkaitkan baju kotak-kotak dengan pendukung Jokowi. Walaupun terkadang warnanya tak sama. Hal ini berdasar pengalaman saya dalam keseharian bermasyarakat. Bila diibaratkan khasiat jamu, baju kotak-kotak memang mujarab, baju kotak-kotak=Jokowi.

Sambil menunggu pengumuman resmi dari KPUD DKI Jakarta, menurut saya ada yang sudah memastikan diri menjadi pemenang dalam pemilukada DKI 2012 ini, malah sudah sejak putaran pertama di gelar. Ya, saya beranggapan baju kotak-kotak adalah pemenangnya. Orang tentu akan mengingat momen baju kotak-kotak (terutama kotak-kotak merah-hijau khas Jokowi-Ahok), meski nantinya gubernurnya sudah resmi terpilih.

Ada kelakar dari teman yang mengatakan kalau nanti Jokowi menjadi gubernur, baju kotak-kotak akan menjadi baju ngantor pegawai di Jakarta. Kalau menurut saya, tidak menutup kemungkinan di 2014 akan muncul tren seperti ini lagi, atau malah baju kotak-kotak khas Jokowi yang akan kembali terpakai, tak hanya di Jakarta. 

Ah, saya tidak kepingin ngelantur, biasa saja, saya tak ingin dianggap turut dalam euforia kemenangan, (berusaha) biasa saja. Saya bukan warga Jakarta, tak punya hak pilih di Jakarta, dan bukan pendukung Foke-Nara atau Jokowi-Ahok, saya hanya suka dengan baju motif kotak-kotak, jauh sebelum Jokowi dicalonkan jadi gubernur Jakarta, bahkan sebelum Jokowi jadi Wali Kota Solo. :)
Kemenangan Baju Kotak-Kotak 4.5 5 Sukadi September 22, 2012 Pemilukada DKI Jakarta 2012 putaran ke-2 telah selesai di laksanakan pada tanggal 20 Sepetember y...


14 comments:

  1. Selamat untuk pasangan calon pilgub DKI Jakarta “Jokowi – Ahok”.
    Saya rasa hasil perhitungan resmi KPU akan tidak jauh beda dgn hasil perhitungan yg dilakukan oleh lembaga2 penghitungan cepat.

    ReplyDelete
  2. harusnya katoknya yang kotak kotak
    biar kotaknya jadi katok katok
    haha mumet...

    jokowi beneran menang ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kotak kotak pakai katok...hehe

      kata quick count jokowi menang, kata KPUD belum diketahui hingga saat ini.

      Delete
  3. Walaupun pilihan lokal tapi karena media pusat yang sllu memberitakan jadi seperti "indonesia" umum yang larut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajang pemanasan buat 2014 :)

      Delete
  4. Pada intinya, sarung semakin merakyat, kotak2 bukan teman ronda lagi, tapi jadi lambang kepemimpinan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kotak-kotak bukan hanya sarung, tapi siapa tahu nanti bakal jadi seragam resmi :)

      Delete
  5. selamat buat pak jokowi - ahok..

    smg bisa menjadi pemimpin yg baik :D

    baju MU jg kotak-kotak pak. smg bisa treble winner :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga saja MU quadruple mas, bukan hanya treble.. :D

      Delete
  6. Jokowi adalah sosok pemimpin yang pas untuk menuntaskan segala permasalahan yang membelit ibu kota.

    ReplyDelete
  7. busana kotak2 jadi fenomena ya, beberapa pilkada di lokasi lain mengalami euforia serupa, dan mungkin akan bertahan hingga pemilu 2012

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, sepertinya ngetren dimana-mana, meski hasilnya belum tentu sama :)

      Delete
  8. Saya juga suka baju kotak2 tapi itu bukan berarti saya harus memilih Jokowi di pemilu kemarin karena sama selera, lebih pada kualitas dan keyakinan saya terhadap beliau..

    ReplyDelete