Mainan Anak-Anak

 On September 8, 2012  

Masa kanak-kanak, tentunya kita semua pernah melewati masa-masa ini. Dan mungkin saja akan berbeda cerita untuk lain masa dan juga beda latar belakang tempat dan keluarga. Dan kalau bicara soal anak-anak, maka tak bisa dilepaskan dari yang namanya bermain. Karena pada masa ini mereka sedang asik-asiknya menikmati waktu istimewa. Para orang tua pun berlomba untuk memberi yang terbaik bagi putra-putri mereka, termasuk pula pada jenis mainannya. 

Saat ini dengan mudahnya kita menemukan jenis mainan yang dijual dibanyak tempat, tak hanya di toko mainan, tapi dipinggir jalan, penjual keliling, bahkan yang lebih modern lagi adalah toko mainan online atau lewat internet. Berbagi bentuk mainan hampir semua ada, beraneka macam bahan dasar pembuatannya, tak perlu repot-repot pergi ke mall, atau ke toko mainan hanya untuk sekedar mencari mainan buat anak-anak, menunggu pedagang lewat atau tinggal klik internet pun tak perlu repot kemana-mana.

Untuk harga yang di tawarkan pun juga bervariasi, mulai yang murah sampai yang mahal. Tapi, apakah Anda pernah memperhatikan, bahwa sebagian besar jenis mainan yang beredar itu buatan dari China?. Awalnya saya kurang begitu memperhatikan, tapi setelah dari sekian mainan si kecil coba saya lihat, ternyata hampir semuanya made in China. Entah, ini sebuah kebetulan atau memang benar adanya.

Saya pernah membaca berita di koran tentang hal ini, sepertinya benar adanya kalau yang merajai mainan anak-anak saat ini adalah buatan dari China. Ada banyak alasan dari para penjual mainan, maupun pembeli, dan yang paling utama adalah alasan harga, karena mainan dari China harganya lebih murah di banding mainan buatan lokal maupun negara lain, semisal Jepang atau Korea.

Mungkin sudah jamannya, ketika anak-anak sekarang mempunyai banyak pilihan dalam memilih jenis mainan, tinggal orang tua yang harus pandai-pandai dalam memilih dan mengawasi anak-anak dalam bermain. Karena saat ini sudah banyak kasus dimana anak-anak mengalami dampak negatif dari mainan, bahkan ada pula yang mengalami cacat karena bermain dengan mainan mereka.

Ah, saya jadi teringat ketika kecil dulu, saat saya dan teman-teman bermain dengan mobil-mobilan dari bambu atau kayu, dan membuat robot-robotan dari tanah liat. Bermain dengan perahu kertas dan juga membuat pistol mainan dari pelepah pisang. Sekarang, sudah sedikit yang masih bermain dengan demikian, mungkin kreativitas pada masa kecil dulu kini sudah 'terbeli' dengan murah dan modern-nya mainan anak-anak sekarang. Hmm....
Mainan Anak-Anak 4.5 5 Sukadi September 8, 2012 Masa kanak-kanak, tentunya kita semua pernah melewati masa-masa ini. Dan mungkin saja akan berbed...


20 comments:

  1. Setiap anak memang memilki jamannya sendiri yang berbeda pada setiap generasi.
    Saat saya kecil, mainan dibikin sendiri..
    anak jaman sekarang ..weleh..buatan cina kabeh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap masa ada orangnya, dan setiap orang ada masanya.. :)

      Delete
    2. setuju om, masa dulu main gedebok ( batang piasang ) masa sekarang main angry birds

      Delete
    3. dulu mainannya gedebok, sekarang mainannya gadget :)

      Delete
  2. mungkinkah mainan anak2 kelak sebagian besar buatan dalam negri?
    yang jelas memang setiap jaman punya tren dan kondisi masing2, asalkan semoga orang tua tetap memperhatikan bagaimana anak2 bermain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya sulit produk dalam negeri menyaingi produk dari china, kalau soal kualitas mungkin masih bisa, kalau soal harga itu yang sangat sulit.

      Delete
    2. karena sistem eko dan perdagangan disana berbeda, dan untuk urusan ekspor serta kualitas selangkah lebih maju. yg penting pertama, klo mainan2 dibikin pabrik asli indonesia, jadi padat karya dan mengurangi pengangguran :D

      Delete
    3. bisa jadi demikian :)

      Delete
  3. Indonesia menjadi 'lahan basah' bagi negara lain, karena apapun yang ditawarkan seolah laku disini, termasuk mainan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin saja demikian, karena memang banyak fakta yang sudah membuktikan. :)

      Delete
  4. Hati-hati dengan mainan anak mas, kabarnya ada yang mengandung 'logam berbahaya'.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabarnya demikian, makanya harus berhati-hati dalam memilih jenis mainan buat anak-anak.

      Delete
  5. Produk China memang tiada banding tiada tanding mas, soalnya murah meriah, meski kualitasnya ya gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya produk lokal bisa bersaing dalam mutu, hanya dalam harga biasanya produk lokal kalah bersaing.

      Delete
  6. Jaman sekarang mah, mainan digelar ya bang, jaman kita dulu, paling dari lempong. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mainan dari tanah liat :D

      Delete
  7. q jadi ingat masa tuaku dulu....

    ReplyDelete
  8. Jadi inget saya dulu mainan tulup dari bambu hehehe

    ReplyDelete
  9. zaman skrg mainan anak serba modern dan praktis, kalau zaman dulu mainan anak2 masih sederhana dan tradisional

    ReplyDelete