Koran: Penting Dan Tidak Penting

 On November 7, 2012  

Bicara tentang koran, tentu identik dengan berita dan informasi terbaru, dalam banyak hal. Dengan semakin berkembangnya jaman, koran tak lagi berwujud hard/cetak, tapi saat ini banyak sekali koran-koran digital. Portal-portal berita lambat laun mulai mengikis eksistensi koran cetak, meski masih butuh data pasti untuk bisa mengatakan koran cetak tergusur secara dominan.

Saya sendiri masih sesekali membeli koran cetak, karena sebenarnya saya merasa lebih nyaman membaca koran cetak dari pada koran digital. Meski sama-sama "mencari penghidupan" dari iklan, tapi koran digital beritanya lebih update, walau terkadang keberadaan iklan lebih banyak ketimbang berita yang disajikan.

Untuk koran cetak lokal yang kadang saya baca, beberapa kali saya menjumpai isi yang sama, persis. Bukan berita memang, tapi berisi tips-tips bagi pembaca. Malahan, bila saya membuka langsung ke materi tersebut, saya menyangka kalau itu koran kemarin, ternyata saya terkecoh dengan materi yang sama dengan koran terbitan hari yang lalu.

Kemudian saya merasa keberadaan koran cetak mungkin dalam ambang batas antara penting dan tidak penting, artinya bahwa keberadaannya memang masih dibutuhkan, terutama untuk wilayah yang masih jauh dari akses internet dan bagi mereka yang memang sangat nyaman membaca berita dengan media cetak ketimbang media internet. Tapi akan menjadi tidak penting kalau dalam penyajian materi tidak update dan berisi materi yang berulang-ulang sama seperti pengalaman saya diatas.

Semua kembali pada pilihan masing-masing pembaca, toh tak akan ada gunanya bila tak ada hasil yang bisa diambil dari membaca berita. Soal eksistensi koran cetak, saya kira tak akan begitu saja tergerus, karena memang masih banyak yang membutuhkannya. Hanya saja, perlu pemikiran ulang dari masing-masing media (cetak maupun digital), bagaimana caranya agar keberadaan mereka menjadi penting bagi pembacanya. Bagaimana menurut Anda?.
Koran: Penting Dan Tidak Penting 4.5 5 Sukadi November 7, 2012 Keberadaan koran cetak dan koran digital serta pentingnya koran bagi pembaca Bicara tentang koran, tentu identik dengan berita dan informasi terbaru, dalam banyak hal. Dengan...


23 comments:

  1. Di koran digitalpun sering juga kita dapati berita yg sama. Hanya 2 paragraf teratas yg betul2 berita baru, paragraf dibawahnya biasa diambil dari berita sebelumnya. But apapun itu, kita tetap memerlukan informasi dr koran, baik yg cetak ataupun digital.
    Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sering menemukan hal demikian dalam portal berita, malah terkadang salah dalam ejaan atau penulisan kata. Yang baru biasanya judul, isi kadang diambil dari tulisan sebelumnya.
      Salam kenal :)

      Delete
  2. kalau saya pak lebih memilih membaca dari koran cetak saja,,lebih nyaman,,memang ketingglan jaman dalam arti tidak modern dengan perkembangan jaman sekarang tapi yang digital terkadang terlalu banyak berita yang kadang bikin pusing,,hehe
    mungkin saya nya yang katro kali ya

    ReplyDelete
  3. saya lebih suka melihat koran cetak, karena lebih mudah untuk dilihat. :D bisa dibaca berkali-kali tanpa proses loading.. hehehe

    ReplyDelete
  4. koran digital dan cetak sama saja sih, cuma lebih canggihan digital saja.. lebih praktis lihatnya.. heheh

    ReplyDelete
  5. koran cetak, memiliki kekhasan tersendiri, bahkan menurut saya ada kenikmatan tersendiri ketika membacanya yang nggak bisa dilakukan pada berita portal. Juga benar menurut Kang Sukadi, koran cetak menjadi penting untuk informasi daerah yang tidak terjangkau internet. Dan khusus yang koran digital, saya meliatnya mereka juga pandai, yang boleh dibaca bebas dan gratis hanya terntentu saja, sedangkan sajian komplitnya, kita mesti berlangganan dan ujung-ujungnya kurang lebih sama, keluar duit.
    Jadi, bisa jadi peminat koran cetak makin hari makin menurun seiring pengguanan smartphone dan jaringan internet yag makin merakyat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya koran cetak itu lebih bersahabat dengan mata, lebih nyaman untuk di baca, namun kalau portal berita online biasanya lebih cepat dalam penyajian berita dan butuh koneksi yang baik juga.

      Delete
  6. dijaman sekarang ini mungkin sebagian besar memilih menggunakan Portal berita Online di banding koran harian mas, karena menurut saya sendiri lebih cepat update. Saat terjadi kesalahan beritapun lebih cepat di perbaiki postingnya, berbeda dengan koran :D

    jika berkenan saya izin tukeran link mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu berlaku bagi yang punya akses internet, tapi bagi yang masih awam dan apalagi yang jauh dengan internet, koran cetak tentu lebih banyak diminati.

      Delete
  7. Penting gak penting juga sih. Tapi kelihatan penting ketika kita menunggu sesuatu ditempat umum pada siang hari. Lebih pantas baca koran cetak daripada buka internet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, untuk saat-saat tertentu butuh kepantasan untuk memilih media mana yang akan digunakan.

      Delete
  8. Koran cetak itu enak, kalau dibaca sambil tidur gak bikin mata sepet. Tapi koran cetak juga tidak efisien lagi..Butuh tempat khusus untuk meletaknya, butuh daur ulang dan yg paling penting ngabisin kayu di hutan..Mungkin itu yg akan membuatnya kalah dari koran digital..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya koren cetak masih bertahan sampai sekarang karena memang lebih nyaman dan bisa tahan lama, meski ada sisi negatifnya juga. Begitu halnya dengan koran digital, harus ada koneksi internet untuk dapat membacanya. :D

      Delete
  9. Kenyataan yang ada sekarang, bukan portal atau koran digital yang membuat koran cetak mati. Tapi tingginya harga produksi kertas yang membuat banyak koran cetak gulung tikar. Itu kenapa di Indonesia, gerusan ini belum terlalu terasa. Karena kita masih obral hutan untuk dijadikan kertas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin juga demikian, tapi saya kira koran cetak masih akan bertahan, karena memang masih banyak yang menikmatinya. :)

      Delete
  10. Saya setuju dengan pendapat di atas, penting dan tidaknya tergantung pada SIKONDOM, SITUWASI, KONDISI, DAN DOMISILI, termasuk dompet :D
    -------
    OOT, link back-ke mas, sukadi.net dah di sidebarku.

    ReplyDelete
  11. Menurut saya koran masih sangat penting.. karena disitu masih ada kekhasan tersendiri daripada media online :)

    ReplyDelete
  12. saya masih baca koran cetak, setidaknya di akhir pekan.
    untuk koran digital alias website berita tiap hari juga baca.
    keduanya masih cukup penting bagi saya pribadi :)

    ReplyDelete
  13. Saya rasa koran cetak masih diperlukan sampai sekarang Pak, soalnya duduk lama-lama di depan komputer bisa menyebabkan kerusakan pada mata. jadi. Koran cetak juga bagus untuk dibaca pas nyantai di depan rumah. :D

    ReplyDelete
  14. Untuk saya sendiri, informasi lewat koran edisi cetak masih sangat penting karena keakuratannya lebih terjamin ketimbang berita online.
    Pertimbangan lain, mengamati barang cetakan jauh lebih nyaman ketimbang barang digital

    ReplyDelete
  15. koran penting kalo kita lagi tidak ada kegiatan atau sedang menunggu sesatu

    ReplyDelete
  16. bro salam kenal dan klo aku tawarin kita saling tukar banner gmn, klo mau nanti kupasang size 100x100px disitus ku dan juga anda pasang size yg sama disitus anda, itung2 saling tambah traffic dan klo traffic ane bisa anda lihat disitusku.makasi.

    ReplyDelete
  17. pentingnya koran itu di saat kita lagi berada di tempat ngga bisa akses internet . gitu

    ReplyDelete