Iklan Yang "Kurang Pantas" Di Facebook

 On April 4, 2013  

Iklan, mungkin ini salah satu sarana yang tepat untuk memasarkan atau memperkenalkan sebuah produk atau apapun bentuknya agar dapat laku atau banyak dicari orang. Banyak media yang dapat digunakan oleh pemasang iklan untuk menempatkan 'produk' mereka, bisa media cetak maupun elektronik. Seiring dengan perkembangan jaman dan makin banyaknya pengguna internet, media online menjadi salah satu pilihan bagi para pemasang iklan.

Bagi Anda pengguna situs jejaring sosial Facebook, mungkin sudah tidak asing lagi dengan banyaknya iklan yang muncul, baik itu yang terang-terangan maupun yang tidak kentara. Ya, sebuah hal yang lumrah ketika pemilik situs atau blog mempergunkan "lahan" mereka tersebut untuk mencari untung sebanyak-banyaknya, Facebook adalah salah satu contohnya.
Untuk sebuah judul yang 'fantastis' mungkin itu salah satu trik agar orang dapat tertarik, begitu juga dengan gambar-gambar yang menarik akan membuat orang lebih penasaran. Akan tetapi, ketika judul iklan dan gambar yang ditampilkan adalah 'konsumsi orang dewasa', tentu akan menjadi sebuah kekurang-pantasan. Ya, saya sudah sering melihat iklan semacam itu di facebook, dan barangkali pun demikian dengan Anda. Beberapa contoh iklan seperti apa yang ada pada gambar diatas.

Apakah hal tersebut salah?, tidak, saya tidak menganggap hal tersebut salah, masalahnya hal tersebut berhubungan dengan kepentingan bisnis dan besar-kecilnya pendapatan (mungkin). Namun ketika pengguna Facebook yang masih anak-anak atau remaja melihat iklan semacam itu, barangkali itu akan menjadi sebuah cerita lain, tentu saja terkait dengan kepantasan. Apalagi saya pernah melihat sebuah iklan dengan 'judul dewasa' disertai dengan gambar yang benar-benar vulgar, ketika (maaf) alat kelamin diekspose dengan gamblangnya. Apakah yang semacam ini salah?, tidak, salah benar itu (mungkin) tergantung dari sudut pandang mana menilainya.

Saya tidak ingin menghakimi, tidak pula ingin memperdebatkan tentang salah-benar, pantas-tidak, ini hanya soal rasa. Ketika sudah dirasa risih, menempatkan segala sesuatu pada tempatnya dirasa akan lebih baik ketimbang menempatkan pada tempat yang kurang tepat. Akhirnya, semua kembali pada diri kita masing-masing.
Iklan Yang "Kurang Pantas" Di Facebook 4.5 5 Sukadi April 4, 2013 Iklan, mungkin ini salah satu sarana yang tepat untuk memasarkan atau memperkenalkan sebuah produk ...


25 comments:

  1. jarang buka FB, kayaknya pengiklan nya disana makin rame ya, atau sebaliknya karna sepi maka materi iklannya jadi kurang pantas :D. iklan macam itu bisa berbahaya buat para ababil karna bisa mudah "tergoda" :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entahlah mas, yang sering muncul sekarang iklan portal berita dengan judul dan gambar iklan yang seperti itu.. :(

      Delete
  2. Memang kurang pantas.
    Malah ada akun Fesbuk yang panas banget lho mas
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Pakde, banyak iklan yang makin membuat risih, akun yang panas juga tambah banyak aja..
      Salam

      Delete
  3. harus ada petisi atau grup boikot. saya mau daftar deh kalau ada :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga mau, tapi kira-kira boleh ga ya sama yang punya fecbook? :D

      Delete
  4. Sepertinya media sosial juga sudah tertular penyakit koran murahan yang masang iklan-iklan ngeres...

    ReplyDelete
    Replies
    1. barangkali yang begituan banyak untungnya :D

      Delete
  5. hehehe... iya ... meski yang panas cuma iklannya... karena ketika diklik isinya tidak sepanas iklannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalahnya terlalu panas pak, mungkin perlu diademkan biar tidak gerah hehe

      Delete
  6. harusnya iklan yang di tampilkan berdasarkan umur pengguna facebook..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi memilhanya yang sulit, lagian banyak yang memanipulasi umur mereka di facebook

      Delete
  7. .. Sbgai muslim yg namax Aurat..sklpn dlm segi bisnis maka tetap lah salah..dan pada ketika org menghalalkan berbagai cara u/ mendptkn uang.. Maka semua yg dihaslkan adlh haram.

    ReplyDelete
  8. bener mas, kadang tiap buka fb yg tadi niatnya cuma mw promo blog/liat status teman, eh melirik ke samping dikit ada iklan seronok, jadi berubah deh niatnya, ekk...harusnya pihak fb bisa mengatur iklan-iklan seronok ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya itu hanya gambarnya saja, kalau di klik mengarahnya ke portal berita.
      Harusnya sih bisa lebih adem iklannya, tdk panas spt itu :D

      Delete
  9. Itu iklan Fb-Ads, nah setelah saya lihat disitu yang iklan adalah merdeka.com, sebuah situs portal berita, dimana mereka yang dicari adalah uniqe visitor, salah satu cara yang digunakannya adalah dengan membuat judul berita yang ada di websitenya berbeda dengan yang ada di Fb-Ads, di facebook siapaun bisa beriklan seenaknya, seperti contoh di atas.
    Meskipun diatas ada yang berjudul gadis di goyang di mobil, tapi sejatinya bukan seheboh itu beritanya, dan itu biasa di sebut dengan Buying Keyword :)

    Hahahaha
    pinter tu yang pasang Fb-Adsnya, kira-kira merdeka.com punya orang dalem atau lewat agency periklanan ya mas?? hehehe

    Oy, saya juga tidak ingin menghakimi tentang hal ini, namun jika dilihat dari mata objektif saya sebagai blogger itu sangatlah tidak pantas, namun jika dilihat dari sisi jiwa IMers, maka hal semacam inilah yang juga akan saya lakukan karena bagaimanapun juga sebuah portal berita membutuhkan pembaca dan hal itu akan berkorelasi dengan pendapatan (mungkin) hahaha

    Salam blogger indonesia mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terkadang metode-metode tersebut bertentangan dengan apa yang ada, terutama bagi orang awam.

      Bukan hanya meredeka.com, ada portal berita lain juga yang menggunakan metode yang sama. Barangkali pesenan khusus itu :)

      Salam Blogger

      Delete
  10. berbagai macam trik untuk mendatangkan visitor mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. pinter sih pinter, tapi kenapa harus seperti itu ya pak?

      Delete
  11. salam hangat dr RF, folbek ya pak.., makasih *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam hangat juga
      terimakasih :)

      Delete
  12. seharusnya pihak facebook memberikan batasan2 tertentu supaya iklan yang ditampilkan tidak sembarangan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dibatasi nanti yang mau masang iklan pada berpaling, bisa-bisa facebook merugi.. :D

      Delete
  13. Tapi yang bikin iklan itu memang tau banget iklan seperti apa yang paling menarik, khususnya bagi para kaum pria hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menarik bagi sebagian orang, kalau sudah dewasa sih bisa dimaklumi, tapi kalau yang lihat anak-anak bisa berdampak negatif

      Delete