Mewujudkan Mimpi di 2014: Menerbitkan Buku Kumpulan Puisi

 On November 22, 2013  

Ah, rasanya terlalu biasa kalau saya bercerita tentang keinginan saya untuk mempunyai sebuah buku karya sendiri. Bukan, bukan buku hasil print dan dijilid sendiri, tapi buku yang memang diterbitkan seperti yang ada di toko buku. Tanpa bermaksud ikut-ikutan dengan keinginan orang lain, sejujurnya saya ingin memiliki sebuah karya yang nantinya bisa saya gunakan sebagai pengingat dan cerita buat anak cucu kelak.
Cover buku yang saya kirim ke penerbit (2008)
Entah kebetulan atau tidak, saya termasuk orang yang suka menulis puisi. Saya punya banyak arsip tulisan, saya sering menyebutnya sebagai kumpulan puisi, entah puitis atau tidak, saya punya ratusan tulisan yang tercecer dibanyak kertas. Karena takut hilang tanpa bekas, banyak tulisan-tulisan saya yang akhirnya saya kumpulkan dalam sebuah blog, ya, saya mengarsipkan (sebagian) tulisan-tulisan saya di padangcahaya.blogspot.com.

Lalu ?! 1
Sari-sari bibir masih mengerak
Lewat bayang lipstick di cawan retak
Apakah bibirmu itu secangkir susu
Yang tertinggal itu samakah yang kemarin
Saat pasir putih di lumat gelombang
Dan yang tertumpah apakah kelupaan?!
Solo, Awal 2003
----------
Lalu ?! 2
Bila cinta itu adalah cantik
Dan rindu itu setajam sembilu
Air mata adalah nyanyian bidadari. Katamu
Purnama itu sepi
Dan bianglala itu isi hati
Lalu yang kemarin itu apa?
Apakah aku juga durjana?!
Solo, Awal 2003
Dua puisi diatas adalah tulisan saya sempat membuat saya melambungkan harapan, ya, puisi tersebut pernah saya kirimkan ke tabloid tren C&R terbitan Suara Merdeka Group, dan kebetulan menjadi tulisan saya yang pertama kali dimuat. Setelahnya saya sering mengirimkan puisi-puisi ke media cetak, meski tak semua sesuai harapan.

Sudah sejak lama saja memendam hasrat ini, saking pinginnya, dulu saya sempat beberapa kali mengirimkan draft tulisannya ke penerbit, dengan harapan bisa disetujui dan diterbitkan. Namun apa daya, dari sekian kali saya mencoba mengirimkan naskah tulisan, sebanyak saya mencoba tidak ada respon, gagal!. Tak masalah, saya tak mempermasalahkan hal tersebut, barangkali memang tulisan saya belum layak cetak, mungkin juga kalau dicetak pun belum tentu laku di pasaran, berfikir positif saja!.

Saya tak berhenti berharap, namun tetap realistis, semua ada waktunya. Tahun 2007 saya kumpulkan tulisan-tulisan yang masih ter-arsip, saya susun layaknya sebuah buku. Saya cetak dan saya jilid hard cover, satu eksemplar buat arsip, dan satu eksemplar saya pergunakan sebagai kado ulang tahun "teman dekat" saya kala itu. Sampai sekarang 'buku' itu masih tersimpan dilemari buku saya.

Tahun 2013 ini saya sempat mencoba ikut 'proyek' menerbitkan buku kumpulan puisi di blog 'Belalang Cerewet', saya menuliskan beberapa puisi, entah lulus kelayakan atau tidak, namun yang jelas itu bagian dari hasrat saya untuk dapat merealisasikan keinginan saya untuk menerbitkan satu atau beberapa tulisan saya dalam sebuh buku.

Kedepan, di tahun 2014 saya mempunyai target untuk dapat menerbitkan kumpulan tulisan atau kumpulan puisi saya dalam sebuah buku. Ya, saya ingin memiliki sebuah karya, merangkum tulisan menjadi sebuah buku yang dapat memberi manfaat bagi diri saya khususnya dan orang lain pada umumnya. Terlalu muluk?, saya kira tidak, karena saya percaya semua harapan bisa diwujudkan.

Untuk materi saya kira tidak masalah, saya masih menyimpan file tulisan/puisi yang dulu pernah saya kirimkan ke penerbit, tinggal edit sesuai dengan kebutuhan, meliputi:
  • Cover
  • Kata Pengantar
  • Daftar isi
  • Materi tulisan yang akan diterbitkan
  • Tentang penulis
  • Penutup
Hal yang mungkin perlu dipersiapkan lebih matang adalah terkait dana, ya, saya harus mulai memikirkan modal awal berupa uang, baik untuk keperluan penerbitan atau hal-hal tak terduga lainnya. Tak soal, masih ada waktu untuk menabung, mengumpulkan sedikit demi sedikit demi terwujudnya proyek monumental di tahun 2014, mewujudkan mimpi di tahun 2014.
Mewujudkan Mimpi di 2014: Menerbitkan Buku Kumpulan Puisi 4.5 5 Sukadi November 22, 2013 Ah, rasanya terlalu biasa kalau saya bercerita tentang keinginan saya untuk mempunyai sebuah buku...


5 comments:

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Kontes Unggulan : Proyek Monumental Tahun 2014
    Akan saya catat sebagai peserta
    Keep blogging
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Pakde
      Semoga berkenan

      Delete
  2. semoga bukunya bisa benar-benar terjadi pada tahun 2014 yah

    ReplyDelete