Penyebab Utama Mobil Mogok & Cara Mengatasinya - Sukadi.net

September 15, 2017

Penyebab Utama Mobil Mogok & Cara Mengatasinya

Kemarin ini Indonesia dihebohkan dengan mogoknya mobil kepresidenan kita di Kalimantan Barat. Tak tanggung-tanggung, mobil yang mogok merupakan sebuah mobil dengan brand yang cukup ternama, yaitu Mercedes-Benz S600 Guard.

Hal ini membuktikan bahwa mobil dengan brand terkenal seperti apapun bisa mengalami ‘penyakit’ yang cukup membuat kita kesal, yaitu mogok. Mogoknya sebuah mobil bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kurangnya perawatan sampai komponen yang ada di mobil tersebut mengalami kerusakan yang luput dari perhatian kita.
Ilustrasi. Photoright: Vigan Hajdari / www.pixabay.com
Untuk mencegah dan mengatasi mobil yang sering mengalami masalah mogok ketika digunakan, berikut informasi yang diberikan oleh BK Rent Car sebagai penyedia layanan sewa mobil di Jakarta.

Selalu Cek Aki

Salah penyebab mogoknya mobil yang Anda miliki adalah aki. Aki yang sudah lama bisa menjadi penyebab utama mobil mogok, apalagi jika mobil tersebut sudah lama tak digunakan. Untuk mengatasi masalah ini, silahkan jump start mobil Anda dengan bantuan teman atau orang yang Anda kenal. Selain itu, selalu cek volume air aki pada mobil Anda. Jangan sampai air aki dibawah batas normal dan selalu bersihkan area di sekitar tempat terpasangnya kabel aki. Bersihkan secara rutin dengan menggunakan sikat gigi supaya tidak ada kotoran yang menempel.

Rutinlah Mengganti Oli Mesin

Oli pada mesin mobil harus selalu Anda ganti dengan rutin. Jangan sampai Anda menggunakan oli yang melampaui batas pakai. Selalu cek volume oli Anda, karena jika oli tidak sesuai dengan volume, maka setiap bagian pada mesin mobil Anda akan bekerja lebih berat dan membuatnya mogok atau bahkan lebih parah, turun mesin.

Jangan Sampai Mesin Over Heat

Penyebab lain mobil Anda mogok adalah mesin yang over heat. Kejadian ini terjadi ketika mesin pendingin mobil kita tidak berfungsi dengan baik dan radiator yang bocor. Untuk mencegah hal ini, selalu cek sistem pendingin pada mobil Anda dan kondisi radiator mobil. Usahakan pada radiator tidak mengalami kebocoran dan selalu gunakan coolant (jangan menggunakan air biasa) untuk mengisi radiator Anda. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan kipas tambahan pada bagian luar radiator supaya radiator Anda bisa selalu dingin dan mesin tak gampang over heat ketika digunakan. Biasanya, untuk memasang kipas tambahan, diperlukan berbagai perkakas bengkel yang lumayan berat, pastikan Anda memasang kipas tambahan ini di bengkel resmi langganan Anda.

Nah itulah kira-kira penyebab utama mesin mobil Anda mogok dan cara mengatasinya dengan tepat. Usahakan agar Anda selalu mengecek kondisi mesin mobil Anda dan jangan sampai mengalami masalah seperti mobil kepresidenan kita.

Bagikan artikel ini

1 comment