Laki-laki Wajib Punya 5 Aksesoris Ini Agar Penampilan Jadi Makin Keren

Walaupun penampilan bukanlah segalanya akan tetapi, terlihat menarik di mata sendiri maupun di mata orang lain adalah modal berharga yang b...

5 Skill Finansial yang Mesti Millenial Ketahui

 On March 14, 2018  

Millenial merupakan generasi yang lahir saat teknologi sedang canggih-canggihnya. Alhasil, millennial pastinya sangat melek teknologi. Sayangnya, kebanyakan millennial terlalu dininabobokan dengan teknologi yang sedang berkembang dan tak ingin mengambil inisiatif bisnis sendiri. Beberapa mampu menciptakan inovasi yang berguna buat orang banyak dan sisanya hanya menjadi ‘korban’ teknologi. Tak hanya itu, millennial juga sangat identik dengan lifestyle boros. Jika ada gadget baru, millennial pasti ‘dengan senang hati’ langsung membelinya. Kebiasaan boros ini tentunya dapat menjadi blunder jika kamu ingin atau sedang menjalankan bisnis. 
Ilustrasi. Photoright: Gerd Altmann / www.pixabay.com
Bagi setiap millennial sebaiknya cek 5 skill finansial yang mesti millennial ketahui berikut ini.

1. Agak Ketat dengan Pengeluaran

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, millennial identik dengan kebiasaan boros. Bagi setiap millennial yang ingin lebih wise dalam mengatur keuangan, maka pastikan lebih ketat dengan pengeluaran. Salah satu penyebab mengapa millennial gampang beli ini-beli itu yaitu karena terlalu banyak mem-follow akun gadget di media sosial. Jadi agar tak mudah kepincut, sebaiknya kamu kurangi add akun-akun di gadget di media sosial. Tak hanya akun gadget, kamu ‘pun sebaiknya kurangi add akun online shop. Selain di dunia maya, kamu ‘pun mesti lebih strict dengan pengeluaran di dunia nyata. Jangan kebanyakan main di mall karena banyak sekali godaan yang sangat sulit untuk ditolak.

2. Gunakan Kartu Kredit dengan Tepat

Berbeda dengan generasi Y, generasi millennial biasanya menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran. Jadi sangat jarang millennial yang bayar dengan uang cash saat belanja, tinggal gesek dan cus bawa barang belanjaan. Sayangnya, penggunaan kartu kredit ini bisa menjadi boomerang jika pengguna telat bayarnya. Jika sudah telat, maka tagihan membengkak, bunga juga membengkak, belum dendanya. Jagi bagi kamu millennial, sangat penting bagimu untuk lebih wise dalam menggunakan kartu kredit. Pastikan kamu bayar sebelum jatuh tempo dan juga pertimbangkan komponen biayanya. Oya kamu ‘pun sebaiknya mengatur agar notifikasi billing kartu kredit via email, biar tidak telat bayar.

3. Pastikan Tagihan Bulanan Tidak Membengkak

Tak hanya kartu kredit, millennial ‘pun mesti lebih aware terkait tagihan-tagihan lainnya seperti tagihan listrik, tagihan kredit kendaraan, tagihan rumah, tagihan Wi-Fi, dan lain-lain. Sangat penting bagimu untuk tetap keep dengan tagihan bulan serendah mungkin. Apalagi jika kamu punya rencana membuat startup, maka tak ada alasan bagimu untuk membiarkan tagihan bulanan membengkak. Selalu catat tagihan bulanan sedetail mungkin dan juga jangan pernah berlaku boros agar tagihan bulanan tidak membengkak.

4. Gaya Hidup Frugal

Banyak orang bilang bahwa generasi millennial sangat mudah dikalahkan oleh generasi Y di dunia kerja. Mengapa? Karena generasi Y paham betul artinya kesederhaan, dan hal itu biasanya tidak dimiliki oleh millennial. Nah oleh karena itu, millennial seharusnya menerapakan gaya hidup frugal. Gaya hidup frugal merupakan gaya hidup yang tidak mementingkan keinginan, melainkan kebutuhan saja. Sebagai contoh gaya hidup frugal yaitu dengan mengalihkan kebiasaan shopping di mall ke dunia online karena tentunya lebih murah. Blibli dot com merupakan salah satu marketplace yang bisa kamu masuki untuk membeli berbagai kebutuhanmu. Tak hanya itu, kamu ‘pun berkesempatan sangat besar mendapatkan promo cashback Blibli dot com.

5. Masak 

Biaya makan merupakan salah satu biaya yang paling banyak menguras budget bulanan. Millennial sangat gemar makan di luar karena dinilai lebih keren dan cenderung lebih mudah pencitraan (selfie atau welfie). Kebiasaan makan diluar sudah seharusnya dikurangi karena berat diongkos. Tentu alternatif terbaik yaitu dengan masak sendiri di rumah. Jangan takut enggak enak karena kamu bisa mengandalkan berbagai tutorial masak di YouTube atau Google.

Kemampuan skill finansial yang buruk dapat berimbas pada kualitas hidup yang juga buruk. Iya betul sekali, bagi millennial yang masih mengidap sindrom ‘kekinian’ sebaiknya belajar dari generasi Y yang sangat strict dengan pengeluaran. Lewat beberapa skill finansial diatas, kamu bisa memiliki kemampuan mengatur uang yang sangat baik. Semoga bermanfaat ya.
5 Skill Finansial yang Mesti Millenial Ketahui 4.5 5 Sukadi March 14, 2018 Millenial merupakan generasi yang lahir saat teknologi sedang canggih-canggihnya. Alhasil, millennial pastinya sangat melek teknologi. Saya...


No comments:

Post a Comment