Berikut Ini Tips Sebelum Berangkat Umroh - Sukadi.net

December 19, 2018

Berikut Ini Tips Sebelum Berangkat Umroh

Ilustrasi. Photoright: Yasir Gürbüz / www.pixabay.com
Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa ibadah umroh merupakan hal yang di dambakan bagi setiap muslim. Namun kita juga harus waspada, karena saat ini banyak biro-biro jasa palsu yang biasanya menawarkan biaya umroh murah. Lantas, apa yang harus kita lakukan? Tanpa banyak panjang lebar lagi, berikut di bawah ini ada beberapa tips sebelum berangkat umroh :

Menentukan Pilihan Keberangkatan Umroh

Perlu anda ketahui bahwa umroh yang dilakukan oleh kebanyakan jamaah di Indonesia ini terdiri dari 2 tipe yang berbeda. Pertama, tipe yang pertama ini adalah ibadah umroh yang sudah diatur oleh biro perjalanan umroh yang anda gunakan. Biro perjalanan umroh ini akan mengatur segalanya, baik itu pembayaran tiket, hotel, land arrangement, hingga pemandu yang sudah disediakan. Sehingga anda hanya perlu membayar jasa yang mereka gunakan tanpa harus memikirkan prosesnya. Sedangkan tipe kedua yang baru-baru ini banyak dipilih oleh jamaah adalah umroh backpacker. Umroh backpacker ini dilakukan secara individu atau berkelompok tanpa menggunakan jasa biro perjalanan. Memang dengan cara ini anda bisa menghemat biaya, namun anda harus siap ribet untuk mengurus semuanya secara sendiri.

Memilih Agen Perjalanan Umroh Terbaik Dan Terpercaya

Jika anda memilih untuk melakukan ibadah umroh lewat jasa biro perjalanan, maka sebaiknya anda memilih biro perjalanan umroh yang terbaik dan terpercaya. Untuk menggunakan biro perjalanan umroh terbaik dan terpercaya, maka anda harus melakukan cukup banyak penelitian. Pertama lihat terlebih dahulu apakah biro perjalanan tersebut sudah terdaftar secara resmi atau belum. Berikutnya lihat paket yang mereka tawarkan beserta harganya. Jika yang mereka tawarkan sudah sesuai, anda bisa untuk mempertimbangkannya. Selain itu anda juga bisa melihat banyak atau tidaknya orang yang menggunakan jasa biro perjalanan umroh tersebut, kalau perlu anda bisa menanyakan kepada orang yang sudah menggunakan jasanya. Dalam hal ini anda bisa menanyakan kelebihan serta kekurangan biro perjalanan umroh tersebut pada saat melayani para jamaah.

Mempersiapkan Fisik Yang Prima

Karena ibadah umroh ini termasuk ibadah fisik, sehingga anda harus mempersiapkan segala sesuatunya, terutama untuk mempersiapkan fisik yang prima. Ibadah umroh ini sangat mirip dengan ibadah haji, dimana anda akan melakukan perjalanan di banyak tempat sambil melakukan berbagai ritual yang sudah ditentukan. Ibadah umroh ini paling tidak memakan waktu sekitar 3-4 hari hingga semuanya selesai, dan selebihnya nada bisa melakukan aktivitas secara bebas.

Melakukan Vaksinasi Guna Menghindari Penyakit

Sebagaimana yang sudah diketahui, bahwa kondisi di Arab Saudi sangat berbeda dengan di Indonesia. Dimana udara di Arab Saudi ini cenderung lebih panas serta dipenuhi oleh debu. Dengan udara yang cukup ekstrim ini, anda akan menjadi rentan untuk terkena berbagai penyakit. Untuk itulah guna menghindari tubuh dari sakit, anda diwajibkan untuk melakukan vaksin. Biasanya vaksin yang diberikan adalah vaksin jenus meningitis atau vaksin tambahan yang berguna untuk mencegah terjadinya penyakit.

Persiapan Batin

Hal yang tidak kalah pentinya dalam persiapan untuk berangkat umroh adalah persiapan batin. Karena dengan batin yang sudah siap dan mantap, tentunya ibadah umroh yang akan anda jalani bisa berjalan dengan lancar tanpa ada halangan apa pun. Buat apa kita mempersiapkan segala sesuatunya untuk ibadah umroh, namun batin kita belum siap untuk pergi ke tanah suci. Oleh karena itu, mantapkanlah hati anda untuk beribadah umroh semata-mata hanya untuk mencapai keridhoan-Nya.

Itulah beberapa tips yang harus anda lakukan sebelum berangkat umroh. Di samping itu, yang terpentingnya kita harus ikhlas dalam melaksanakan umroh karena Allah SWT. 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda