5 Jenis Properti yang Bisa Diinvestasikan

 On February 22, 2019  

Properti merupakan salah satu instrumen investasi yang populer di kalangan masyarakat, jika dibandingkan dengan emas, deposito atau saham, properti dianggap lebih menjanjikan dan minim akan resiko.

Namun tentunya, memilih untuk terjun ke bisnis properti bukanlah hal yang mudah, karena ada banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah mengenal karakter dari jenis properti. Karena masing-masing jenis properti akan menawarkan keuntungan yang berbeda.
Source: pixabay.com
Nah, bagi Anda yang ingin investasi properti berikut ini adalah beberapa jenis properti yang bisa dilakukan.

Investasi Properti Residensial

Properti residensial dapat berupa jual atau sewa rumah, jual atau sewa apartemen. Investasi residensial sangat cocok untuk Anda sebagai pemula karena residensial merupakan investasi paling murah. Anda dapat membeli rumah atau apartemen, lalu menyewakannya atau menjualnya kembali. Lakukanlah sedikit permainan harga untuk mendapat keuntungan, tetapi pastikan harga yang Anda tawarkan masih berkisar dalam zona wajar.

Bangunan Kantor Komersial

Akan membutuhkan dana yang lebih untuk investasi properti jenis ini. Hal tersebut karena sebuah kantor biasanya harus memiliki fasilitas pendukung yang tentu tidak sedikit. Properti jenis ini biasanya terdapat di area pusat kota yang ramai.

Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak bisa investasi untuk kantor komersial. Strategi yang bisa dilakukan adalah merombak sebuah rumah menjadi kantor. Asal berada di tempat yang strategis yakinlah bakal ada penyewa. Rumah kantor sejenis ini biasanya dibutuhkan oleh perusahaan kecil atau UKM yang tengah berkembang.

Bidang Industri

Berinvestasi di bidang ini terkesan membutuhkan modal sangat besar. Tentu sebagai investor pemula yang tidak didukung dengan modal besar akan terasa mustahil. Tidak perlu terburu-buru, mulailah investasi dari menyewakan tempat parkir, atau bangunan untuk gudang dan lainnya. Tentu menjual bukan jalan yang tepat untuk mendapat keuntungan. Menyewakan dalam jangka waktu yang lama akan lebih menguntungkan.

Ruko (Rumah Toko)

Ruko adalah singkatan dari rumah toko, jenis properti ini umumnya memiliki tingkat lebih dari dua, dimana di lantai paling bawah akan digunakan sebagai tempat usaha, sedangkan lantai atas digunakan sebagai tempat tinggal. Bagi Anda yang ingin investasi ruko sebaiknya memilih tempat.

Properti ruko dapat berupa toko kecil, ruko, atau mall besar. Jika Anda memiliki salah satu dari bentuk properti ini sebaiknya Anda menyewakannya. Keuntungan dari sewa ini dapat Anda putar lagi untuk investasi properti lainnya.

Bangunan Multi Fungsi

Bangunan multifungsi berarti dalam satu bangunan terdapat lebih dari satu kegiatan produksi. Adapun kegiatan produksi dapat berupa gabungan dari beberapa kategori yang telah disebutkan sebelumnya. Misal modal yang Anda miliki memang belum mencukupi untuk berinvestasi jenis ini, Anda dapat memanfaatkan sarana fasilitas yang ditawarkan bank.

Tentu meminjam modal kepada bank tidak salah. Anda dapat menawarkan bank tersebut untuk membuka gerai pada bangunan multifungsi milik Anda. Hal ini tentunya dapat membantu meringankan biaya yang harus Anda cicil. Sewakan bagian bawah untuk gerai bank, dan bagian yang lain sewakan untuk penyewa lainnya, misal kos untuk pegawai bank. Hal yang tidak boleh Anda lupakan dalam investasi properti untuk pemula adalah pastikan uang Anda dapat berputar secara positif, yang artinya menguntungkan Anda.
5 Jenis Properti yang Bisa Diinvestasikan 4.5 5 Sukadi February 22, 2019 Properti merupakan salah satu instrumen investasi yang populer di kalangan masyarakat, jika dibandingkan dengan emas, deposito atau saham, ...


No comments:

Post a Comment