Featured Post

Kiat Membeli Harga Power Bank Hippo yang Terjangkau

Smartphone menjadi gadget yang hampir setiap waktu tidak pernah lepas dari penggunaannya. Ke mana pun kita berada atau di saat kesempatan a...

4 Hal Ini Perlu Dilakukan Untuk Mendapatkan Penampilan Ruangan Yang Minimalis

 On March 19, 2019  

Sekarang ini konsep dan gaya desain rumah pada bagian interior sangatlah beragam mulai dari gaya kontemporer, klasik, modern, industrial, eco green, dan bahkan gaya desain yang disesuaikan dengan karakter dan juga feel dari seorang desainer. Tetapi yang paling populer dan banyak digunakan orang adalah gaya modern minimalis. Gaya modern minimalis ini sendiri sangat erat kaitannya dengan segala sesuatu yang simple, fungsional, tertata rapi, dan tentunya akan berhubungan erat dengan kemajuan teknologi. 
Image by chien than from Pixabay.com
Gaya interior minimalis merupakan pendekatan desain yang ditandai dengan adanya penghematan didalam dekorasinya. Konsep desain ini bisa dicapai dengan penggunaan furniture fungsional dan benda benda interior, bentuk geometris, dan juga kombinasi yang biasanya tidak lebih dari 2 warna dasar. Untuk lebih jelasnya berikut 4 hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan penampilan ruangan yang minimalis diantaranya yaitu : 

1. Gaya Gemotris

Interior minimalis akan tetap menarik dengan adanya garis kuat. Biasanya desainer didalam mendesain interior akan banyak bereksplorasi dengan berbagai macam bentuk bentuk, baik dari segi bentuk ruangan, bentuk furniture, hingga bentuk pola yang akan diterapkan pada bagian interior. Tetapi justru didalam konsep interior minimalis ini penggunaan bentuk bentuk tersebut akan dibuat lebih sederhana lagi. Eksplorasi bentuk lebih diutamakan kepada ergonomic, kenyamanan, dan juga fungsi, bukan kepada estetika desain itu sendiri. 

2. Meminimalisir Penggunaan Perabotan

Oleh karena interior minimalis ini lebih mengutamakan kepada fungsi, maka mulailah untuk mempertimbangkan mengurangi berbagai perabotan dengan fungsi pendukung yang tidak terlalu sering digunakan didalam keseharian. Konsep interior minimalis akan fokus kepada penggunaan perabotan utama yang memang sangat penting untuk menunjang berbagai akivitas yang dilakukan didalam ruangan tersebut. 

Sebagai contoh jika disudut ruangan kamu memiliki sebuah kursi, tetapi didalam kenyataannya keberadaan kursi tersebut tidak bermanfaat atau kurang terpakai, maka sebaiknya kursi tersebut dihapus dari daftar perabotan pilihan. 

3. Dengan Menggunakan Warna Warna Monokrom 

Elemen warna merupakan salah satu elemen interior yang seringkali dijadikan senjata pada saat akan mengeksplorasi konsep minimalis. Tetapi pada saat pemilihan perpaduan warna tidak akan mengacu kepada unsur estetika, tetapi akan lebih mengutamakan kepada tingkat kenyamanan dari ruangan itu sendiri. Sehingga jangan heran pada interior minimalis akan banyak ditemukannya banyak sekali warna warna netral misalnya saja putih. 

4. Mengutamakan Fungsi 

Mengutamakan fungsi ini adalah salah satu hal yang paling esensi dari konsep less is more. Seperti yang telah disinggung sebelumnya jika salah satu kunci dari konsep desain interior minimalis ini adalah mengutamakan aspek fungsional. Oleh karena itu bentukan desain dan penataan elemen ruangan yang tidak mengutamakan aspek fungsinya dan peruntukannya sebaiknya dihindari. Sangat tidak direkomendasikan pada konsep desain interior minimalis ini untuk menambahkan elemen yang memang sama sekali tidak menambah atau menunjang fungsi dari ruangan itu sendiri. Banyaknya orang yang percaya jika konsep desain modern minimalis ini sangat erat kaitannya dengan gaya minimalis karena memang prinsip dari konsep ini adalah mengurangi penggunaan elemen elemen yang tidak berfungsi. Tetapi sebenarnya interpretasi konsep “Less is More” pada konsep desain minimalis ini sangatlah luas dan bisa diterapkan pada berbagai elemen dan aspek desain interior minimalis itu sendiri. 

Pada intinya desain minimalis ini merupakan desain yang dipreteli dimana bagian bagian yang tidak penting dihapus, hingga yang tersisa hanya elemen elemen yang pentingnya saja. 
4 Hal Ini Perlu Dilakukan Untuk Mendapatkan Penampilan Ruangan Yang Minimalis 4.5 5 Sukadi March 19, 2019 Sekarang ini konsep dan gaya desain rumah pada bagian interior sangatlah beragam mulai dari gaya kontemporer, klasik, modern, industrial, ...


No comments:

Post a Comment