Ingin Aman Dari Bahaya Kebakaran? Jangan Asal Pilih MCB

 On May 17, 2019  

Rumah merupakan tempat berkumpul keluarga, tempat melepas penat, tempat berteduh dari gangguan cuaca, dan masih banyak lagi fungsi rumah dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya, orang seperti berlomba untuk menjadikan rumah senyaman mungkin. Tapi, terkadang ada hal yang terabaikan, padahal erat berkaitan dengan keamanan sebuah rumah.
Ancaman arus listrik
Ya, banyak yang tidak menyadari betapa ancaman bencana terhadap rumah serta keluarga begitu nyata, ancaman tersebut berasal dari hubungan singkat atau korslet dan beban berlebih listrik di rumah. Kenapa hal ini bisa menimbulkan bencana? Karena hal tersebut bisa menjadi faktor penyebab timbulnya kebakaran.

Oleh karenanya perlu diperhatikan baik-baik, untuk meminimalisir resiko kebakaran akibat hubungan singkat atau korslet dan beban berlebih listrik bisa mempergunakan MCB dengan kualitas yang terjamin. Miniature Circuit Breaker atau yang biasa disingkat dengan MCB memiliki fungsi utama untuk melindungi jaringan listrik rumah dari hubungan singkat atau korslet dan beban berlebih listrik. Bagi yang belum paham, pada instalasi listrik, MCB terpasang di kWh meter listrik PLN dan juga di MCB Box.
MCB Domae Schneider Electric
MCB merupakan sakelar listrik yang dioperasikan secara otomatis yang dirancang untuk melindungi peralatan listrik serta manusia. Secara fungsi, MCB bisa mencegah overload atau beban berlebih serta mencegah korsleting atau hubungan singkat (short circuit). Pemahaman beban berlebih di sini adalah kondisi di mana penggunaan daya listrik yang dipergunakan melebihi kapasitas yang diperbolehkan oleh MCB.

Kan sudah ada sekering? Mungkin demikian pertanyaannya. Ya, memang demikian, tapi agar lebih fair mungkin bisa menyimak terlebih dahulu keunggulan MCB dibanding dengan fuse atau sekering berikut:
  • Sensitifitas yang berbeda, dimana MCB lebih sensitif terhadap arus dibandingkan dengan sekering. Dengan sensitifitas yang lebih baik maka MCB lebih mampu mendeteksi segala ketidaknormalan aliran arus listrik, bila ada yang tidak beres dengan aliran arus listrik maka MCB akan secara otomatis mematikan aliran listrik.
  • Identifikasi gangguan sirkuit listrik bisa diidentifikasi dengan mudah bila menggunakan MCB dibanding dengan sekering. Bila terjadi gangguan, saklar /kenop MCB akan ke posisi mati, sedangkan saklar harus membuka sekering untuk memeriksa kawat sekering.
  • Bila terjadi kasus seperti poin dua diatas, MCB dengan mudah untuk menghidupkan kembali, cukup dengan mendorong saklar/ kenop MCB ke posisi semula. Sedangkan sekering perlu ganti kawat kabel apabila terjadi gangguan.
  • Antar muka MCB lebih baik daripada sekering.
  • Secara penanganan, menangani MCB secara elektrik lebih aman daripada menangani sekering.
  • Secara ekonomis MCB lebih menguntungkan, karena dapat dipergunakan kembali, hal ini akan bisa menekan pengeluaran menjadi lebih sedikit. Tapi, bila sekering rusak maka perlu mengganti dengan sekering yang baru.
Sudah paham, bukan? Ada banyak produk MCB yang beredar dipasaran, bermacam merek, apabila tidak teliti dalam memilih tentu saja juga bisa mengecewakan, karena tidak semua produk MCB dipasaran berkualitas baik. Pastikan MCB bersertifikat SNI, hal ini bisa dilihat dari logo SNI yang tertera pada MCB.
MCB Domae Schneider Electric berstandar SNI
Ada banyak produk MCB yang beredar di pasaran, bermacam merek, apabila tidak teliti dalam memilih tentu saja juga bisa mengecewakan, karena tidak semua produk MCB dipasaran berkualitas baik. Pastikan MCB bersertifikat SNI, hal ini bisa dilihat dari logo SNI yang tertera pada MCB.

Salah satu MCB yang banyak direkomendasikan karena terbukti berkualitas baik adalah MCB Domae Schneider Electric, dimana MCB ini memiliki banyak keunggulan bila dibandingkan dengan MCB lainnya.

MCB Domae Schneider Electric memiliki keunggulan dibandingkan MCB lainnya yang ada di pasaran, yaitu ketahanan mechanical trip hingga 20,000 kali dan electrical trip hingga 10,000 kali. Keunggulan lainnya adalah aman untuk dipergunakan dan berkualitas baik.

Jadi, saya kira tidak ada alasan untuk tidak memilih MCB Domae Schneider Electric daripada memilih produk MCB lain yang belum tentu teruji kualitasnya. Karena MCB Domae Schneider memiliki ketahanan 2x lipat dibanding MCB lain di pasaran.
Ingin Aman Dari Bahaya Kebakaran? Jangan Asal Pilih MCB 4.5 5 Sukadi May 17, 2019 Rumah merupakan tempat berkumpul keluarga, tempat melepas penat, tempat berteduh dari gangguan cuaca, dan masih banyak lagi fungsi rumah da...


No comments:

Post a Comment