Ini Dia 3 Cara Mudah Menghentikan Pendarahan Pada Luka

 On July 12, 2019  

Ada berbagai jenis luka yang umum sekali dialami oleh masyarakat, diantaranya adalah luka yang disebabkan oleh benda panas, atau yang lebih dikenal sebagai luka bakar. Luka karena goresan atau benturan dari benda tajam yang paling sering dialami, apalagi oleh ibu rumah tangga yang biasanya ceroboh di dalam memasak. Jenis luka semacam ini tentunya bukan hal yang dapat diremehkan bukan, karena jika tidak segera ditangani bisa memicu masalah yang serius.
Ilustrasi. Source:Gambar oleh Corey Ryan Hanson dari Pixabay.com
Banyak orang yang mencari obat luka tidak lengket di kasa, sehingga ketika digunakan bagian yang terluka tersebut nantinya tidak menempel dengan kasa yang dipakai sebagai perban atau pembungkusnya, sehingga menyebabkan rasa yang kurang nyaman bahkan terkadang sakit ketika diganti dengan yang baru. Selama terjadi luka ini sendiri hal pertama yang harus diperhatikan adalah memastikan bahwa luka tersebut kering, tidak ada resiko terjadinya pendarahan, karena jika seandainya pendarahan berlangsung secara terus-menerus, nantinya akan membahayakan tubuh. Berikut ini cara mudah yang dapat dilakukan untuk menghentikan pendarahan pada luka, yaitu:
  1. Tekan luka tersebut, khususnya adalah area yang mengeluarkan darah, hal ini sangat efektif untuk mencegah darah terus menerus keluar dari bagian yang terluka tersebut, membuat darah menjadi lebih cepat membeku, juga menghindari pendarahan yang sifatnya serius.
  2. Angkat bagian tubuh yang terluka tersebut, pastikan bahwa bagian yang terluka memiliki tinggi yang lebih dibandingkan dengan tubuh, sehingga darah tidak keluar lagi.
  3. Ketahui titik tekan area dimana ada pembuluh darah yang keluar, misalnya adalah lengan yang ada di antara bahu dan siku, kemudian juga daerah selangkangan hingga di bagian belakang lutut untuk mencegah pendarahan terus keluar.
Setelah darah tersebut berhenti keluar, maka langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah membersihkan area yang terluka, sehingga lebih steril sebelum nantinya ditutup menggunakan perban untuk menghindari resiko infeksi. Luka jari terpotong pisau ini termasuk jenis yang dalam dan dapat memicu pendarahan hebat, sehingga harus ditangani dengan cara yang benar, temukan obatnya di Go Apotik.
Ini Dia 3 Cara Mudah Menghentikan Pendarahan Pada Luka 4.5 5 Sukadi July 12, 2019 Ada berbagai jenis luka yang umum sekali dialami oleh masyarakat, diantaranya adalah luka yang disebabkan oleh benda panas, atau yang lebih...


No comments:

Post a Comment