Perkuat Daya Tahan Tubuh untuk Cegah DBD

 On July 2, 2019  

Salah satu cara terhindar dari DBD adalah dengan memperkuat daya tahan tubuh. Itu bisa lewat asupan dan istirahat cukup.

Demam berdarah dengue (DBD) masih menjadi salah satu ancaman saat ini dari deretan berbagai jenis penyakit lain. Kasus DBD sering terjadi pada daerah beriklim tropis. Agar terhindar dari penyakit ini, Anda bisa perkuat daya tahan tubuh atau sistem imun.
Gambar oleh Nuriyah Nuyu dari Pixabay.com
Menurut dr. Nabila Viera Yovita dari KlikDokter, untuk memperkuat daya tahan tubuh Anda, bisa dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Beberapa buah yang dipercayai bisa meningkatkan sistem imunitas adalah buah jenis beri, seperti bluberi, stroberi, goji beri dan rasberi. 

Sementara itu, buah golongan sitrus seperti jeruk, jeruk nipis, lemon, dan jambu juga bisa dimasukkan dalam diet Anda. Buah jenis ini dapat diolah dalam minuman maupun ditambahkan ke dalam masakan, jadi sangat bisa Anda andalkan.

Selain memerhatikan asupan, Anda juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh Anda dengan istirahat yang cukup. Ini agar tubuh selalu dapat berfungsi kembali dan meregenerasi sel-selnya di malam hari. 

Para ahli percaya bahwa waktu tidur yang cukup adalah sekitar 7-8 jam per hari. Jika Anda bisa memenuhinya, daya tahan tubuh menjadi lebih kuat, sehingga Anda pun terhindar dari penyakit DBD, bahkan juga mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Jika Anda adalah tipe orang yang sulit mendapatkan waktu tidur yang cukup pada malam hari, cobalah menyicilnya dengan tidur sebentar di siang hari sebanyak dua kali, dengan durasi kurang dari 30 menit, yakni sekali di pagi hari dan sekali lagi di sore hari. 

Lalu, jangan lupakan untuk aktivitas olahraga. Itu karena bisa membuat tubuh Anda senantiasa bugar. Olahraga yang dianjurkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menjaga kesehatan secara umum dan menjaga daya tahan tubuh Anda adalah:
  • Olahraga intensitas ringan ke sedang seperti joging, bersepeda, berenang, dan lain-lain. Ini bisa Anda lakukan tiga kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit per sesinya.
  • Aerobik intensitas sedang ke tinggi seperti bola basket, sepak bola, futsal, dan lain-lain setidaknya selama 120 menit. Anda juga dapat melakukan olahraga lain yang disuka, asal lakukan dengan konsisten.
Salah satu cara terhindar dari penyakit adalah dengan mencegahnya. Dan, memperkuat daya tahan tubuh adalah salah satu cara untuk mencegah penyakit DBD. Selain melakukan berbagai hal di atas, jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk penyebab demam berdarah.
Perkuat Daya Tahan Tubuh untuk Cegah DBD 4.5 5 Sukadi July 2, 2019 Salah satu cara terhindar dari DBD adalah dengan memperkuat daya tahan tubuh. Itu bisa lewat asupan dan istirahat cukup. Demam berdarah...


No comments:

Post a Comment