Tips Sukses Jadi Karyawan dan Freelancer Sekaligus

 On September 19, 2019  

Mencari usaha sampingan adalah pilihan yang bagus saat anda ingin menabung dan berinvestasi sebagai karyawan. Hal ini dikarenakan jika penghasilan hanya bersumber dari kantor/perusahaan anda bekerja seringnya tidak cukup. Jangankan untuk menabung/berinvestasi, untuk memenuhi kebutuhan saja sudah pas-pasan. alhasil banyak karyawan yang mencari penghasilan tambahan dengan membuka usaha sendiri atau bekerja di tempat lain.
Ilustrasi. Image by SnapwireSnaps from Pixabay.com
Bekerja di tempat lain sebagai part timer/ freelance sangat bagus dilakukan. Namun sebaiknya anda memikirkan dampak dari mengambil pekerjaan sampingan ini dengan tugas anda. Apakah tugas kantor anda akan terganggu apa tidak. Nah ada baiknya, anda mencari cara jitu untuk bisa menjalankan keduanya dan tidak mengganggu urusan kantor. 

Tips Menjadi Karyawan dan Freelancer Sekaligus

Berikut ini tips dan trik agar pekerjaan freelancer yang anda kerja tidak bakal menggangu. Tentunya pemasukan tetap lancar untuk kerjaan tetap dan freelancer. 

1. Mengerjakan pekerjaan kantor tepat waktu

Mengerjakan pekerjaan kantor tepat waktu adalah sebuat komitmen penting yang harus ditepati saat anda mencari pekerjaan sampingan. Jangan pernah menunda pekerjaan kantor anda bahkan hingga dibawa ke rumah. Usahakan anda mengerjakan tepat waktu atau seefisien. Karena semakin banyak pekerjaan yang belum anda kerjakan maka anda tidak akan selesai tugas-tugas tersebut.

Setelah pekerjaan kantor anda selesai, anda bisa mengerjakan usaha  sampingan yang anda jalankan. Tentunya waktu ini sangat efesien, anda bisa mengerjakan freelancer ketika sore.

2. Mengerjakan usaha sampingan seteleh jam kantor

Ada banyak peluang usaha yang bisa kamu jalani, tetapi yang penting kamu mengerjakan setelah jam kantor. Jadi deadline pekerjaan kantor akan selesai dan anda tidak stress. Selama di kantor maka anda mengerjakan pekerjaan kantor, setelah jam pulang kerja selesai anda bisa memulai usaha sampingannya Jadi anda memiliki waktu istirahat walaupun anda bekerja di kantor dan seorang freelancer. 

3. Mencari pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan online

Jika anda tidak bisa bekerja sampingan di tempat lainnya, anda bisa mencoba kerja sampingan online. Pertama pahami dulu bakat dan minat tertentu yang bisa anda tawarkan secara online. Pemasaran secara online bisa dilakukan melalui akun sosial media yang anda miliki. 

Contohnya : Anda sangat jago menulis, maka anda bisa menjadi online freelance yang menulis artikel untuk orang dan/ perusahaan lainnya. Akan tetapi bagaimana dengan yang tidak memiliki bakat? Jangan berkecil hati, anda masih tetapi bisa memanfaatkan internet untuk menemukan pekerjaan sampingan yang tepat. Ataupun membuka bisnis online. Ragam bisnis online yang bisa anda lakukan adalah menjadi seorang reseller produk. Tentunya pekerjaan ini tidak berat.

4. Memfokuskan diri pada kedua pekerjaan

Ketika anda masih sebagai karyawan untuk perusahaan dan sifatnya masih terikat. Jadi anda harus fokus untuk pada pekerjaan sampingan satu saja. Karena jika terlalu banyak mengambil freelancer, yang ada pekerjaan kantor menjadi berantakan dan terbengkalai. Begitu juga dengan sebuah usaha bisnis.

Lebih baik anda fokus pada satu usaha tetapi menghasilkan uang tambahan? Daripada banyak pekerjaan namun pemasukkan juga masih sama saja. Yang ada malah semakin berantakan. 

5. Membuat bisnis plan, visi dan misi dari bisnis anda

Ketika anda memulai membuka usaha sampingan berupa bisnis, maka anda harus membuat bisnis plan. Bisnis plan tersebut berisi hal-hal mengenai persiapan suatu produk, modal, riset pasar, strategi pemasaran, tujuan bisnis dan masih banyak lain. Intinya adalah sebuah perencanaan bisnis anda untuk arahan kedepannya bagaimana.

Tentunya hal ini bisa lebih terukur saat kita mengerjakannya. Selain itu kita juga menjadi lebih tahu, langkah awal apa yang harus kita ambil. Dan saat sudah berjalan kita bisa mengukur kemampuan sampai mana pencapaian bisnis yang kita jalankan.

6. Pintar bekerjasama dengan orang lain

Memiliki bisnis sendiri jangan lantas membuat anda besar kepala atau sombong. Sebaliknya anda harus berendah hati dengan mau menjalin kerjasama dengan orang lain. Karena hal ini akan membantu anda dalam menjalankan bisnis anda. 

Terutama saat anda tidak ada waktu luang, anda bisa mendelegasikan orang lain untuk menjalankan bisnismu. Sebaliknya jika kita tidak pintar menjalin kerjasama yang ada malah bisnis akan mengalami kemunduran. 
Tips Sukses Jadi Karyawan dan Freelancer Sekaligus 4.5 5 Sukadi September 19, 2019 Mencari usaha sampingan adalah pilihan yang bagus saat anda ingin menabung dan berinvestasi sebagai karyawan. Hal ini dikarenakan jika peng...


No comments:

Post a Comment