Cara Mengatasi Vertigo Pada Anak

 On January 4, 2020  

Vertigo memang tak hanya menyerang orang dewasa namun juga bisa menyerang anak-anak. Vertigo merupakan suatu gejala pusing yang luar biasa dan munculnya bisa kapanpun tanpa bisa diprediksi. Pada beberapa kasus yang pernah terjadi, penderita vertigo bisa sampai kehilangan kesadaran. Pada umumnya, vertigo ada dua jenis berdasarkan pada penyebabnya yakni vertigo perifer dan juga vertigo sentral. Untuk gejala vertigo secara umum sama yakni penderita mengalami pusing hingga tak mampu menjaga keseimbangan. 
Ilustrasi. Image by OpenClipart-Vectors from Pixabay.com
Vertigo perifer bisa terjadi apabila ada gangguan organ keseimbangan yang terletak pada telinga. Sementara vertigo sentral bisa terjadi apabila ada masalah pada otak kecil. Vertigo pada anak perlu diwaspadai lantaran dikhawatirkan ada hal serius yang terjadi. 

Cara mengatasi vertigo pada anak

Seringkali anak hanya mengeluh sakit tanpa mampu untuk menjabarkan apa yang dirasakan. Pada kasus seperti ini Anda sebagai orangtua wajib untuk aktif serta sigap untuk mengatasinya. Lantas bagaimana cara mengatasi vertigo pada anak bahkan jika vertigo ini muncul tiba-tiba? Berikut ulasan selengkapnya. 

1. Suruh anak duduk ketika sakit kepala

Setiap penderita vertigo memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda, ada yang hanya sebentar ada pula yang berlangsung lama. Cara pertama untuk mengatasi rasa pusing yang tak tertahankan adalah dengan menyuruhnya duduk dalam kondisi tegak selama beberapa menit. Tak lupa juga ingatkan untuk selalu menghindari posisi duduk membungkuk karena posisi seperti ini dianggap sebagai penyebab vertigo sering kambuh. 

2. Perbanyak minum air putih

Kurang minum air putih dapat membuat seseorang kekurangan cairan atau dehidrasi sehingga tekanan darah pun bisa turun. Dalam kondisi demikian sering membuat vertigo muncul secara tiba-tiba. Untuk menghindarinya ada baiknya Anda menyuruh anak untuk selalu minum air putih yang banyak meski sulit. 

Itulah penjelasan singkat mengenai gejala vertigo dan cara mengatasinya pada anak. Apabila vertigo tersebut sudah terlalu parah maka sebaiknya segera konsultasikan pada dokter untuk bisa segera ditangani. 

Bagi Anda yang sedang membutuhkan informasi seputar kesehatan yang terpercaya maka Guesehat.com adalah solusinya. Guesehat ini merupakan website yang konsen memberikan informasi mengenai dunia kesehatan. 

Di Guesehat terdapat pula fitur-fitur menarik yang mana Anda bisa melakukan cek kesehatan secara online. Bagaimana menarik bukan? Informasi selengkapnya bisa Anda cek di www.guesehat.com   
Cara Mengatasi Vertigo Pada Anak 4.5 5 Sukadi January 4, 2020 Vertigo memang tak hanya menyerang orang dewasa namun juga bisa menyerang anak-anak. Vertigo merupakan suatu gejala pusing yang luar biasa ...


No comments:

Post a Comment