Tips Memilih Genset Sesuai Kebutuhan

 On April 15, 2020  

Menggunakan generator set atau genset ketika terjadi kekurangan suplai listrik memang menjadi jalan keluar yang mudah. Walau sewa genset sangat mudah dijumpai, tetapi tidak semua cocok untuk segala kebutuhan. Genset untuk pabrik tentunya berbeda dengan genset untuk rumah tangga. Pemakaian genset biasanya berdasarkan kebutuhan penggunanya.
Genset. Sumber www.sewatama.com
Cara Memilih Genset Untuk Rumah Tangga

1. Sesuaikan Kebutuhan Daya

Tiap rumah tangga pasti memiliki kebutuhan yang berbeda dari rumah tangga lainnya. Semua itu berdasarkan dari banyak sedikitnya perangkat elektronik yang harus didukung oleh suplai listrik. Semakin banyak perangkat elektronik yang dimiliki, maka akan semakin besar daya genset yang dibutuhkan.

Agar ideal, maka pemilihan genset haruslah lebih besar 30% kapasitasnya dibandingkan dengan kebutuhan riil rumah tangga. Hal ini disebabkan terkadang penghitungan kebutuhan daya listrik bisa keliru, jadi daripada memilih genset yang pas lebih baik untuk dilebihkan dayanya.

2. Bahan Bakar

Ketika sudah menghitung keperluan daya listrik, maka yang perlu dipertimbangkan selanjutnya adalah mengenai bahan bakar. Ada empat macam genset yang kita kenal di pasaran. Keempat genset tersebut adalah genset gas, genset bensin, genset diesel dan genset turbin.

Agar pemenuhan kebutuhan pasokan listrik maksimal, Anda harus mempertimbangkan bahan bakar yang sesuai pula. Terlebih jika Anda berada di daerah yang jauh dari keramaian, pengadaan bahan bakar ini perlu diperhitungkan.

Pilih yang paling cepat dan mudah didapat. Jadi ketika dibutuhkan dalam keadaan mendadak, bisa segera digunakan.

3. Harga

Sudah bisa dipastikan bahwa salah satu faktor terpenting ketika akan memasang genset adalah mengenai perhitungan harga. Perbedaan jenis genset membuat harganya pun berbeda. Untuk membeli atau menyewa genset, Anda harus menyeimbangkannya dengan anggaran yang sudah Anda buat sebelumnya.

4. Pasang Permanen atau Sewa

Jika kebutuhan akan genset adalah hal yang rutin, misalkan Anda berada di kawasan yang masih sulit listrik atau listrik kerap padam dan mengganggu aktivitas vital, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk memasang permanen.

Tetapi jika Anda hanya membutuhkan untuk acara atau keperluan tertentu saja, Anda bisa mempertimbangkan menyewa genset di tempat yang sudah terpercaya, seperti di Sewatama. Hal ini tentunya akan menghemat anggaran daripada harus membeli genset.

Kemudahan memilih genset sekarang ini juga harus dibarengi dengan pengetahuan tentang tata cara dan penggunaan genset yang baik. Semua itu akan menjadi perpaduan yang baik terlebih jika bisa menyesuaikan dengan pasokan listrik yang dibutuhkan.
Tips Memilih Genset Sesuai Kebutuhan 4.5 5 Sukadi April 15, 2020 Menggunakan generator set atau genset ketika terjadi kekurangan suplai listrik memang menjadi jalan keluar yang mudah. Walau sewa genset s...


No comments:

Post a Comment