Tips Komunikasi Efektif dalam Pernikahan

 On June 28, 2020  

Tips Komunikasi Efektif dalam PernikahanDi dalam hubungan pernikahan, ada dua orang yang saling terhubung. Yang dulunya terpisah dan tidak mengenal maka kemudian diharuskan untuk saling beradaptasi dan kompak dalam setiap aktivitas di dalamnya. Tentunya tujuan dari kehidupan baru ini adalah agar mampu mencapai kebahagiaan yang dimaksudkan. Untuk menciptakan hubungan pernikahan yang harmonis dan menyenangkan, kedua pasangan yakni suami dan istri harus melakukan komunikasi yang baik. Komunikasi itu tidak hanya soal berbicara satu sama lain, tetapi ada hubungan komunikasi yang dilakukan tanpa harus bicara. Misalnya adalah sikap seorang istri terhadap suami, maupun sebaliknya.  
Ilustrasi. Image by Olessya from Pixabay.com
Nah, agar tidak terjadi kesalahpahaman antara suami dan istri dalam berumah tangga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dan berikut ini adalah tips dalam pernikahan untuk menciptakan komunikasi yang efektif.

1. Isi komunikasi

Sangat penting untuk melakukan komunikasi interaktif dan bermanfaat antara suami dan istri dalam menjaga hubungan berumah tangga tetap utuh dan harmonis. Berusahalah untuk menciptakan nuansa yang nyaman terhadap pasangan saat melakukan percakapan. Isilah komunikasi anda dengan percakapan yang mengesankan dan terbuka. Sangatlah penting untuk mengetahui apa yang disukai dan tidak oleh pasangan. Jangan malu untuk berbicara tentang apa kekurangan dan keunikan yang anda miliki. Melalui komunikasi tersebut, kita bisa mengetahui secara persis keinginan yang dimiliki oleh pasangan. Melalui komunikasi dan obrolan yang baik, kita pun dapat menghindari tumbuhnya prasangka buruk.

2. Timing

Tidak selamanya komunikasi menjadi cara efektif dalam mengatasi masalah rumah tangga. Maka agar komunikasi bisa memenuhi tujuan yang ingin dicapai, pilihlah waktu yang tepat untuk berkomunikasi. Misalnya saja adalah pada saat anda asyik nonton televisi atau sedang sibuk, menyelesaikan pekerjaan akan sangat sulit karena susah sebagai pendengar yang baik saat diajak berdiskusi bersama pasangan. Maka carilah waktu yang tepat di mana keduanya mampu mendengar dengan baik.

3. Percakapan simpatik

Percakapan simpatik adalah percakapan yang dilakukan oleh dua orang yang saling berbagi pengalaman, pikiran, perasaan dan hasrat mereka masing-masing. Percakapan ini lebih terbuka dan jujur dalam mengungkapkan setiap masalah rumah tangga. Karena itu, percakapan ini lebih emosional. Maka cara ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi anda dalam menciptakan komunikasi yang efektif.

4. Terbuka

Percakapan bisa dimulai dari mana saja dan kapan saja dan tidak selalu berbicara hal-hal yang berat. Obrolan ringan dan orangnya pun bisa anda jadikan sebagai metode untuk mendekatkan diri dengan pasangan. Ada banyak topik yang bisa anda gunakan dalam menjalin hubungan komunikasi yang baik. Mulai dari pendidikan anak ekonomi keluarga hubungan sosial hingga hubungan seksual bisa anda perbincangan. Jangan malu untuk berkomunikasi secara terbuka.

5. Jadi pendengar aktif

Untuk mencapai tujuan yang diinginkan maka kedua belah pihak baik istri maupun suami harus menjadi pendengar yang aktif. Pendengar yang aktif mampu memahami setiap masalah yang dikatakan oleh pasangan. Sehingga nantinya mampu memberikan masukan yang logis dan nyaman di hati pasangan. Seorang membutuhkan pendengar yang simpati yang mana tulus kepada setiap pembicara. Berusahalah untuk tidak menyala karena ini akan membuat hubungan retak.

Demikian itu adalah beberapa tips dalam pernikahan yang bisa anda terapkan agar mampu menciptakan komunikasi yang baik dan nyaman kepada pasangan. Hidup berumah tangga itu terkadang sulit namun juga bisa mudah asalkan anda menanggapi nya dengan pemikiran yang positif. Anda perlu bertindak secara aktif dalam mengatasi setiap masalah yang muncul secara bersama-sama.
Tips Komunikasi Efektif dalam Pernikahan 4.5 5 Sukadi June 28, 2020 Tips Komunikasi Efektif dalam PernikahanDi dalam hubungan pernikahan, ada dua orang yang saling terhubung. Yang dulunya terpisah dan tidak ...


No comments:

Post a Comment