Ancaman Virus dan Kebutuhan Vaksin Untuk Kesehatan - Sukadi.net

September 29, 2020

Ancaman Virus dan Kebutuhan Vaksin Untuk Kesehatan

Sudah cukup lama Covid-19 mengancam kesehatan bahkan keselamatan masyarakat Indonesia, bahkan tingkat dunia, tanpa memandang jenis kelamin maupun usia. Sebegitu menakutkannya sehingga pemerintah dengan berbagai upaya berusaha agar masyarakat dapat terhindar, ekonomi tetap terjaga dan Corona segera berakhir.

Ilustrasi. Image by Tumisu from Pixabay.com

Indonesia sendiri  bisa dikatakan sebagai salah satu negara dengan korban terbesar di Asia, selain Jakarta, wilayah Jawa Timur menjadi salah satu yang paling banyak, diantaranya di Kota Surabaya, bahkan sembat menjadi sorotan karena kabarnya termasuk wilayah zona hitam. Mohon koreksi bila informasi yang saya terima keliru.

Data tanggal 28-09-2020 dari sumber  covid19.go.id

Covid-19 memang ancaman yang banyak ditakutkan saat ini, boleh saja beranggapan begitu, walau sebenarnya banyak ancaman penyakit lain yang bisa menyerang bila tidak berhati-hati.

Untuk menghasilkan kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit, salah satu yang diperlukan adalah vaksin. Hingga kini yang menjadi isu hangat adalah produksi vaksin untuk Covid-19, karena memang  informasinya belum ada obat khusus yang disarankan untuk pencegahan atau mengobati virus corona. Kita berharap agar segera ditemukan vaksin atau obat untuk mencegah dan mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus corona ini.

Hingga saat ini sudah banyak jenis vaksin yang dipergunakan di Indonesia, untuk jenis penyakit berbeda tentu saja. Pada bayi pemberian vaksinasi sebaiknya dilakukan dengan rutin sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, hal ini bertujuan agar bayi terhindar dari gangguan penyakit.

Bukan hanya bayi, orang dewasa pun juga membutuhkan vaksin agar dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Dari referensi yang saya baca, beberapa jenis vaksin yang digunakan untuk orang dewasa diantaranya:

1. Vaksin Influenza

Penyakit yang sering menyerang, terutama pada saat musim penghujan adalah flu atau influenza. Jenis penyakit ini diakibatkan oleh infeksi di sekitar saluran pernafasan. Peran dari pemberian vaksin influenza adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap gangguan penyakit flu. Untuk mencegah serangan atau penularan flu, dianjurkan untuk melakukan vaksinasi secara rutin setahun sekali.

2. Pneumonia

Pheumonia merupakan penyakit radang paru yang dipicu bakteri Streptococcus, bagian yang diserang adalah saluran napas bagian bawah. Penyakit ini bisa ditularkan melalui udara, misalnya saat batuk, bersin, maupu bicara. Dengan pemberian vaksin Pneumonia diharapkan mampu menurunkan resiko terserang penyakit ini. Untuk meminimalisir serangan penyakit Pheumonia dapat diupayakan dengan menjaga daya tahan tubuh, karena orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah akan lebih mudah terserang.

3. Hepatitis A dan Hepatitis B

Penyebab Hepatitis A adalah penyebaran virus hepatitis A melalui kotoran pengidap, biasanya melalui makanan. Sedangkan hepatitis B diakibatkan oleh virus hepatitis B, bila terserang virus ini bisa mengakibatkan peradangan hati akut, bahkan bila tidak segera ditangani bisa berkembang menjadi sirosis hati atau kanker hati. 

Itu adalah beberapa jenis vaksin yang dapat diterima oleh orang dewasa, selain apa yang sudah saya sebutkan di atas, masih ada beberapa jenis vaksin lainnya, misalnya vaksin cacar, HPV, MMR, dan sebagainya.

Sekedar informasi, bagi Anda yang berdomisili di Surabaya atau di wilayah sekitarnya, mendapatkan Vaksin Surabaya menjadi salah satu pilihan untuk mencari vaksin yang diperlukan, ada banyak macam jenis vaksin, bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Bagi yang sedang membutuhkan vaksin atau sekedar informasinya, dengan mudah bisa mencari dengan mengunjungi website halodoc.com, dimana disana disediakan informasi lengkap mengenai vaksin dan tempat mendapatkannya. Atau bisa juga dengan download aplikasi Halodoc di di App Store dan Google Play!.

Kita tidak tahu sampai kapan Covid-19 akan berakhir, oleh karenanya, perlu kewaspadaan, menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan agar dapat terhindar dari bahaya Covid-19. Tidak hanya Covid-19 saja, ancaman dari penyakit lain juga patut kita waspadai. Seperti sudah saya singgung diatas, banyak virus yang bisa sewaktu-waktu menyerang bila kita tidak waspada. Semua kembali pada diri kita masing-masing, untuk menjaga pola hidup sehat dan mematuhi anjuran kesehatan. 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda