5 Cara Membuat Es Kopyor - Sukadi.net

July 17, 2021

5 Cara Membuat Es Kopyor

Cara membuat es kopyor memang sangatlah mudah. Tahukah Anda bahwa bahan utama yang digunakan untuk membuat es ini yaitu kelapa kopyor. Kelapa kopyor merupakan salah satu jenis kelapa yang mempunyai kesalah genetik sehingga tekstur daging yang dihasilkan lebih lembut. 

Ilustrasi. Image: www.yummy.co.id

Berikut ini akan dijelaskan 5 cara membuat es kopyor dengan cara yang sangat mudah.

1. Es Kopyor Simple

Untuk membuat es kopyor dengan cara yang simple ini bisa Anda lakukan di rumah. Beberapa bahan yang dibutuhkan diantaranya yaitu  300 gram kelapa kopyor, 550 ml air kelapa muda, 60 ml sirup, dan es batu. 

Setelah semua bahan telah disiapkan, Anda dapat mengeluarkan daging buah kelapa beserta airnya dari batok kelapa. Kemudian, menyiapkan wadah seperti gelas ataupun mangkok untuk dituangkan sirup serta air dan daging buah kelapa. Setelah itu, Anda dapat menambahkan es batu dan es kopyor siap untuk disajikan. 

2. Es Kopyor Agar-Agar

Apabila Anda kesusahan untuk mendapatkan kelapa kopyor, Anda dapat menggantinya dengan agar-agar. Tenang saja walaupun bahan utama yang digunakan agar-agar, namun tekstur yang dihasilkan tidak kalah jauh apabila menggunakan kelapa kopyor.

Untuk membuat es kopyor agar-agar ini bahan utama yang dibutuhkan yaitu 450 ml santan, 200 ml air, 100 gram gula pasir, serta 1 bungkus agar-agar plain. Bahan pendukung yang dibutuhkan diantaranya yaitu 4 liter air matang, es batu serta sirup.

Langkah pembuatan es ini yaitu dengan mencampurkan agar-agar plain dengan air, kemudian tuangkan santan ke dalam larutan agar-agar. Setelah larutan agar-agar ini telah mendidih, masukkan es batu kedalam air yang matang kemudian tuangkan larutan agar-agar kedalam campuran air es. Teknik ini akan membentuk serabut kopyor yang akan membentuk seperti layaknya kelapa kopyor. 

Untuk proses penyajiannya, Anda dapat menuangkan sirup ke dalam gelas serta memberikan serabut kopyor yang telah dibuat sebelumnya. Tambahkan es batu dan juga air matang, dan es kopyor agar-agar siap untuk disajikan. 

3. Es Kopyor Tanpa Santan

Cara membuat es kopyor tanpa santan ini sangatlah mudah. Bahan utama yang dibutuhkan yaitu 6 sdm gula pasir, 2 sachet susu kental manis, 1 bungkus agar-agar, a liter air, ¼ sdt garam, dan juga sirup.

Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan air, agar-agar, gula, garam serta susu kental. Kemudian masak campuran bahan tersebut hingga matang. Setelah adonan matang, Anda dapat menuangkan sesendok demi sesendok adonan kedalam air yang berisi bongkahan es batu. 

Cara ini digunakan untuk menghasilkan serabut kopyor. Kemudian sajikan es kopyor tanpa santan ini dengan menggunakan gelas cantik milik Anda. 

4. Es Kopyor Tanpa Sirup

Untuk Anda yang tidak terlalu suka dengan rasa manis, namun ingin menikmati es kopyor. Anda dapat membuat es kopyor sendiri dengan cara yang sangatlah mudah. Bahan yang digunakan yaitu 700 cc air, 200 gr gula, 1 sachet nutrijell coklat, dan 1 sachet susu kental.

Langkah pembuatannya yaitu dengan merebus semua bahan menjadi satu hingga mendidih. Kemudian membuat serabut kopyor dengan menuangkan adonan ke dalam air es secara bertahap. Setelah membentuk serabut kopyor Anda dapat menyajikannya dengan menambahkan sedikit susu kental manis, air, serta es batu. Es kopyor siap untuk disajikan. 

Demikian 5 cara membuat es kopyor mudah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Anda juga dapat memodifikasi berbagai resep tersebut sesuai dengan kreatifitas yang Anda miliki. 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda