Inilah Tugas Malaikat Ridwan yang Perlu Anda Ketahui

Islam merupakan agama yang memiliki penganut paling banyak di dunia, dalam agama islam ada yang namanya Malaikat yang merupakan salah satu dari rukun iman dalam agama islam. Sebagai seorang umat yang baik maka bukan hanya bertugas untuk mempercayai ciptaan Allah SWT saja tetapi sangat penting untuk Anda juga mengetahui nama-nama dari malaikat beserta dengan tugasnya masing-masing.

Ilustrasi. Image by Kranich17 from Pixabay.com

Malaikat itu sendiri merupakan sebuah makhluk yang telah diciptakan oleh Allah SWT untuk mengemban sebuah tugas  yang harus dikerjakan dan dilaksanakan. Seorang malaikat diciptakan dari cahaya atau dalam Al-Quran disebut dengan cahaya, sehingga perlu Anda ketahui bahwa malaikat bukan manusia pilihan yang diciptakan dari tanah namun malaikat adalah makhluk yang terbuat dari cahaya.

Sebagai seorang muslim maka sangat penting dan wajib untuk Anda mengetahui nama-nama serta tugas dari setiap malaikat sehingga Anda bisa mempersiapkan akhirat Anda kelak sebagai bekal yang akan Anda bawa.

Terdapat 10 nama malaikat yang sangat wajib untuk Anda ketahui diantara yakni Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, Mungkar, Nakir, Raqib, Atid, Malik, dan juga Ridwan. Setiap malaikat memiliki tugasnya masing-masing yang telah diperintahkan oleh Allah SWT dengan amanah yang harus dikerjakannya dengan sebaik mungkin.

Malaikat Ridwan yang merupakan malaikat kesepuluh yang memiliki tugas yang sangat penting dari Allah, tugas Malaikat Ridwan adalah menjaga pintu surga dan mempersilahkan orang-orang yang bertakwa masuk ke surganya Allah. Malaikat Ridwan akan menyambut hamba-hamba Allah yang memiliki kesempatan untuk masuk ke dalam Surga Allah SWT. Bila Anda ingin bertemu dengan Malaikat Ridwan maka Anda harus masuk ke dalam golongan orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT. 

Sebab hal ini telah sering disebutkan pada surah Az-Zumar pada ayat 73 yang menyatakan bahwa hanya orang-orang yang bertakwalah kepada Allah yang akan dating secara berombongan menuju pintu surga, kemudian para penjaga pintu surga seperti Malaikat Ridwan akan menyambutnya dengan hangat serta dengan doa-doa keselamatan seperti “kesejahteraan dilimpahkan atasmu (hamba yang takwa) kebahagiaan serta masuklah ke dalam surga dan kamu akan kekal di dalamnya:

Jadi Malaikat Ridwan memiliki tugas menjaga pintu surga dan bukanlah untuk menanyakan banyak hal kepadamu masalah duniawi, sebab setiap malaikat telah memiliki tugasnya masing-masing dan tidak ada yang akan berperan ganda. 

Demikianlah informasi mengenai tugas malaikat Ridwan yang merupakan malaikat kesepuluh yang diciptakan Tuhan untuk mengemban amanah sebagai penjaga pintu surga, bukan hanya tugas dari malaikat Ridwan saja yang perlu Anda ketahui tetapi kesembilan malaikat lainnya yang disebutkan dalam Al-Quran juga penting untuk Anda ketahui.

Post a Comment for "Inilah Tugas Malaikat Ridwan yang Perlu Anda Ketahui"