Manfaat Membaca Alquran Bagi Kesehatan Rohani dan Jasmani - Sukadi.net

October 1, 2021

Manfaat Membaca Alquran Bagi Kesehatan Rohani dan Jasmani

Alquran menjadi pedoman hidup bagi umat muslim. Mempelajari dan mengamalkan alquran dalam kehidupan sehari-hari tentu menjadi salah satu yang patut dilakukan oleh seorang muslim demi menjaga diri agar tetap mendapatkan petunjuk dalam menjalani hidup di dunia. Alquran merupakan as-syifa’ yang mana dengan membaca alquran dapat diguankan sebagai obat hati.

Ilustrasi. Image by Tayeb MEZAHDIA from Pixabay.com

Rajin membaca alquran termasuk kedalam golongan orang-orang yang memuliakan alquran. Bahkan bagi orang-orang yang mengamalkan pembacaan ayat suci alquran di bulan tertentu seperti bulan suci Ramadhan ini akan melipat gandakan pahala yang diperoleh dalam setiap membaca huruf dari ayat alquran. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan karena sering membaca alquran bagi kesehatan rohani dan jasmani.

Membaca Alquran Bisa Mencerdaskan Otak

Banyak orang yang mengharapkan anaknya bisa memiliki kecerdasaan di atas rata-rata atau lebih unggul dibandingkan dengan teman sebayanya. Selain mendukung pola belajar yang baik, siapa sangka mengajari anak-anak rutin manfaat membaca alquran ini pun dapat menjadikan anak memiliki kecerdasaan yang lebih tinggi. Membaca alquran pun salah satu aspek keterampilan dalam membaca, semakin sering membaca otak akan semakin terlatih mempelajari bahasa baru seperti yang ada dalam alquran.

Cara mengasah otak ialah sering menggunakannya, yakni salah satu caranya ialah mengajaknya membaca dan memperlajari sesuatu. Bahkan dalam alquran terdapat ayat-ayat doa yang membuat otak berkembang. Salah satunya QS. Al-Kahfi, memberikan keuntungan bagi pembaca yakni memberikan cahaya bagi pembacanya. Orang yang rajin membaca surat ini dapat mencerdaskan otaknya.

Daya Ingat Menjadi Lebih Kuat

Ketika membaca alquran kinerja yang dibutuhkan oleh otak akan meningkat, disamping ini daya ingatpun akan juga meningkat ajam. Otak mampu merekam dengan cepat apa yang dipelajari oleh pemiliknya. Misalnya seseorang sedang belajar membaca maka otak pun akan merespon dan menangkap apa yang ia baca lalu menyimpannya dalam daya ingat.

Waktu yang sangat dianjurkan dalam membaca alquran untuk meningkatkan daya ingat ialah sehabis solat maghrib dan subuh. Dengan rutin merangsang kinerja otak maka Anda akan menjadi pribadi yang tidak mudah lupa terutama pada ayat-ayat yang sudah dibaca, apalagi kalau manfaat membaca alquran dibaca berkali-kali.

Mampu Menjadi Penyembuh

Ketika sedang sakit, pastinya kita akan berharap kesembuhan salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan mengamalkan pembacaan alquran. Dengan membaca alquran Anda akan terhindar dari berbagai jenis penyakit dan tubuh tetap segar dan bugar. Alquran dikatakan sebagai as-syifa; yang artinya penyembuh. Di sini Alquran memberikan penyembuh bagi hati, dimana hati yang risau diberikan ketenangan.Dalam kondisi yang rileks dan tidak ada tekanan hati serta pikiran maka tubuh akan menjadi lebih sehat. 

Demikian manfaat membaca alquran yang bisa dibagikan, semoga apa yang disampaikan di atas dapat bermanfaat. Membaca alquran memiliki manfaat yang sangat banyak, akan sangat disayangkan apabila tidak tersedia waktu sedikit diantara 24 jam untuk membaca dan mengamalkannya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda