Kenali Istilah Serta Karakteristik Dan Contoh Liabilitas Dalam Dunia Bisnis - Sukadi.net

February 20, 2022

Kenali Istilah Serta Karakteristik Dan Contoh Liabilitas Dalam Dunia Bisnis

Apakah anda tertarik untuk terjun ke dunia bisnis? Jika iya sebelum anda memulai bisnis tersebut jangan lupa banyak mencari informasi terkait dunia bisnis. Bahkan saat menjalani bisnis tidak jarang anda akan menemukan istilah bisnis yang mungkin terdengar masih asing. Padahal dengan mengetahui istilah-istilah dalam bisnis tersebut tentunya anda akan lebih mengerti tentang bisnis yang dijalani.

Ilustrasi. Image by Werner Heiber from Pixabay.com

Salah satu istilah yang seirng muncul dalam dunia bisnis adalah Liabilitas. Mungkin bagi beberapa orang yang baru memulai bisnis istilah ini masih terdengar cukup asing. Padahal sebeannrnya istilah ini sering digunakan dalam dunia bisnis karena liabilitas ini merupakan salah satu komponen penting dalam pembentukan bisnis dan juga pengembangan bisnis pada perusahaan yang sudah berjalan.

Menurut pengertian beberapa ahli Liabilitas adalah suatu kewajiban yang harus dipenuhi oleh perusahaan atau badan usaha dan harus dibayarkan sebelum atau sesuai dengan waktu tempo yang telah ditentukan. Singkatnya liabilitas ini merupakan hutang perusahaan yang harus dibayarkan kepada pihak yang menjadi pemberi pinjaman.

Lalu seberapa pentingnya ada liabilitas dalam bisnis atau usaha yang sedang anda jalani. Tentunya liabilitas ini cukup penting karena pinjaman yang dilakukan biasanya merupakan pinjaman untuk mengembangkan bisnis yang sedang berjalan. Terkadang jika modal yang dibutuhkan terlalu besar maka perusahaan akan melakukan pinjaman kepada pihak terkait agar bisnisnya tetap bisa bertahan.

Banyak orang sering mempertanyakan tentang perbedaan antara Liabilitas dan juga Asset. Sebenarnya jika dilihat dalam laporan neraca baik antara liabilitas dan juga asse memiliki nilai dan bentuk yang sama. Namun meski begitu tetap ada perbedaan antara asset dan juga liabilitas karena asset sudah sepenuhnya milik perusahaan sedangkan liabilitas masih memiliki kewajiban untuk diselesaikan meskipun pada akhirnya itu akan menjad asset.

Jadi untuk lebih jelasnya tentang perbedaan antara asset dan juga liabilitas adalah asset termasuk kedalam sumber daya keuangan yang dimiliki perusahan dan bisa memberikan manfaat ekonomi pada perusahaan di masa mendatang. Sedangkan liabilitas bisa memberikan hal tersebut tetapi perusahaan masih memiliki kewajiban untuk melunasinya dalam tenggat waktu yang ditentukan.

Selain itu nilai pada asset yang dimiliki perusahaan setiap tahunnya cenderung mengalami depresiasi atau penurunan. Berbeda halnya dengan liabilitas yang justru sebaliknya karena nilainya tidak mungkin berkurang, malah justru mengalami penambahan karena hutang bisanya memiliki suku Bunga yang harus dibayar.

Perbedaan yang terakhir antara asset dan juga liabilitas adalah pada penulisan laporan nerasa keuangan. Untuk asset penulisannya ada pada bagian kanan laporan keuangan sedangkan untuk liabilitas berada pada bagian kiri laporan. Itu karena asset yang masih berupa liabilitas masih termasuk kedalam hutang yang dimiliki oleh perusahaan dan harus dilunasi sebelum bisa menjadi asset seutuhnya.

Jika anda sudah memahami tentang perbedaan anatra asset dan juga liabilitas maka selanjutnya anda harus mengetahui tentang karakteristik liabilitas. Berikut ini penjelasan mengenai karakteristik liabilitas yang harus anda ketahui :

  • Liabilitas atau kewajiban membayar hutang perusahaan biasanya memiliki waktu tenggat atau jatuh tempo pembayaran.
  • Liabilitas ini bisa berubah menjadi asset perusahaan jika kewajiban liabilitas ini sudah terpenuhi atau sudah lunas.
  • Biasanya untuk bisa menyelesaikan urusan liabilitas ini diperlukan asset serta entitas lain yang menunjang dalam perusahaan.
  • Liabilitas ini merupakan sesuatu yang wajih dipenuhi perusahaan dalam keadaan apapun.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda