Perempuan, Sosok Yang Tak Terdeskripsikan

 On March 8, 2012  

Tak sengaja, saya sungguh baru mengetahui kalau hari ini adalah hari perempuan sedunia, entah lupa atau mungkin malah baru tahu, kalau misalnya tidak membuka google, mungkin saya tidak menyadarinya. Mungkin karena saking banyaknya hari-hari bersejarah atau hari yang khusus, hingga tak hafal satu persatu. Tak lupa saya mengucapkan selamat hari perempuan, buat perempuan di seluruh dunia.

Perempuan Dan Deskripsi
Bicara tentang perempuan memang tak ada habisnya, sosok yang begitu istimewa. Wajar jika perempuan mempunyai hari khusus dan di peringati tiap tahunnya. Di Indonesia sendiri juga ada satu hari khusus buat kaum perempuan, lebih khususnya untuk kaum ibu. Ya, di Indonesia tiap 22 Desember diperingati sebagai hari ibu.

Seandainya di buat sebuah deskripsi, saya kira tak ada deskripsi yang pas untuk menggambarkan sosok perempuan. Karena banyak hal yang terdekripsikan pada sosok laki-laki, namun juga terkadang juga bisa di sandang oleh kaum perempuan.


Perempuan bukan hanya seperti deskripsi bahasa ini:
1. 1 orang (manusia) yg mempunyai puki, dapat menstruasi, hamil, melahirkan anak, dan menyusui; wanita; 2 istri; bini: -- nya sedang hamil; 3 betina (khusus untuk hewan); sumber
Perempuan bisa lebih dari itu. Deskripsi tersebut saya anggap lebih cenderung kepada kodrat seorang perempuan. Dalam kondisi tertentu, perempuan juga bisa menjadi seperti seorang laki-laki, bahkan bisa lebih dari itu.

Hari Perempuan, Lalu?
Saat perempuan mempunyai satu hari istimewa, lalu apakah hanya sebatas seremoni?, apakah ada sisi positif yang bisa ditimbulkan setelahnya?. Memang, saya percaya kalau dengan adanya hari untuk perempuan diharapkan bisa memberi efek positif. Karena memang banyak hal yang masih menjadi ganjalan, saat perempuan ditempatkan sebagai objek, saat masih banyak kasus diskriminasi terhadap perempuan, saat perempuan masih di anggap lemah.

Laki-laki dan perempuan mempunyai kodratnya masing-masing. Semoga saja hari perempuan bukan hanya sebuah seremoni, sebuah dalih untuk lari dari kodratnya. Dengan adanya hari khusus buat para ibu, para perempuan, semoga bisa membuat perempuan menjadi 'apa yang seharusnya'. Sekali lagi, selamat buat kaum perempuan di seluruh dunia, turatama buat Ibu dan Istriku tercinta.
Perempuan, Sosok Yang Tak Terdeskripsikan 4.5 5 Sukadi March 8, 2012 Tak sengaja, saya sungguh baru mengetahui kalau hari ini adalah hari perempuan sedunia, entah lup...


11 comments:

  1. Semoga Sosok Yang Tak Terdeskripsikan itu selalu dalam lindunganNya, termasuk istri dan ibuk saya juga

    ReplyDelete
  2. @marsudiyanto: Amin... Semoga saja demikian, Pak.

    ReplyDelete
  3. semoga saja hari perempuan sedunia ini tdk hanya sebagai suatu seremoni saja.
    krn msh banyak didepan mata kita menyaksikan langsung, bagaimana msh banyak perempuan2 yg dikarenakan kodratnya, akhirnya lebih banyak terdiskrimasikan.
    semoga saja perempuan2 di negeri kita selalu dlm lindungan Yang Maha Pelindung, agar bisa menjalankan perannya sebagai apapun dgn maksimal,aamiin
    salam

    ReplyDelete
  4. Assalamu'alaikum Kang, saya justru sangat tertarik kolom yang ditulis majalah Hidayatulloh yang saya baca tadi malam. Intinya mewanitakan wanita. Islam menempatkan wanita pada posisi mulia, yang membedakan dengan posisi laki-laki. Kondisi inilah yang menyebabkan keseimbangan yang sangat baik, jika mereka benar-benar memahami fungsi dan posisi mereka masing-masing. Majalah ini juga menjelaskan bagaimana posisi wanita jika harus mencari nafkah yang dijelaskan secara baik. Dan yang menjadi kekhawatiran adalah akhir-akhir ini adanya kecenderungan untuk menyamakan kedudukan gender atas persamaan hak, ini ditengarai bisa mengganggu keseimbangan yang telah digambarkan dalam Islam.

    ReplyDelete
  5. saya malah baru tau hari ini mas kalau kemarin merupakan hari perempuan sedunia.
    ya semoga sosok perempuan tetap menjunjung tinggi adat ketimuran dan tidak meninggalkan senyum anggunnya.. :)

    ReplyDelete
  6. @bunda Lily: Semoga saja demikian, Bunda. Semoga perempuan menjadi 'apa yang seharusnya'.

    Salam

    @Djangkies: Walaikumsalam, Kang
    Banyak yang masih salah kaprah dalam pemahaman, banyak yang salah dalam anggapan, semoga saja perempuan menjadi 'apa yang seharusnya'. :)

    ReplyDelete
  7. @Dwi: semoga saja demikia, mas.. saya juga baru tahu, kalau tidak lihat di google mungkin saya ketinggalan informasi hehe..

    ReplyDelete
  8. your post is nice.. :)
    keep share yaa, ^^
    di tunggu postingan-postingan yang lainnya..

    jangan lupa juga kunjungi website dunia bola kami..
    terima kasih.. :)

    ReplyDelete
  9. postingan yang sangat menarik :)
    sangat bermanfaat.. ^_^
    keep posting yaa..

    ingin barang bekas lebih bermanfaat ?
    kunjungi website kami, dan mari kita beramal bersama.. :)

    ReplyDelete
  10. Perempuan, sosok manusia yang sampai saat ini masih menjadi misteri saya. Saya sudah menantikan momen yang tepat mencari gambar seperti ini, tapi tak nemu juga dilingkungan sekitar. kalau melihat perjuangan wanita, terkadang lebih membesit di fikiran betapa kuatnya perjuangan mereka

    ReplyDelete
  11. perempuan memang sosok yang mulia karena dia yang telah melahirkan kita

    ReplyDelete