Bermain Dengan Kata: Buah

 On July 8, 2015  

Secara harfiah, pengertian buah adalah hasil atau bagian dari tanaman yang berasal dari bunga yang merupakan hasil penyerbukan putik oleh benangsari. Namun, dalam perkembangannya ada banyak istilah yang digunakan dalam keseharian yang menggunakan buah sebagai perumpamaannya. 
Bermain Dengan Kata: Buah
Buah Pisang
Sesuatu yang dibawa dari bepergian biasanya disebut dengan buah tangan, maksud istilah ini adalah oleh-oleh. Contoh kalimat: Ani mendapatkan buah tangan sebuah boneka dari ayahnya yang baru pulang dari Jakarta.

Anak disebut juga dengan buah hati, mungkin karena anak merupakan hasil cinta dari orang tua, apapun bisa dilakukan oleh orang tua demi anak mereka. Contoh kalimat: Joko adalah buah hati dari Pak Jono dan Bu Yati.

Hasil kreatifitas atau pemikiran manusia biasa juga disebut dengan buah karya, atau sama artinya dengan hasil karya. Contoh kalimat: Lukisan yang tergantung disudut ruangan itu adalah buah karya dari Affandi.

Orang yang menjadi topik pembicaraan banyak orang biasa disebut sebagai buah bibir. Contoh kalimat: Hubungan Anto dan Anna yang tidak direstui orang tua mereka menjadi buah bibir di kampung ini.

Pilihan yang serba sulit, biasanya pilihan tersebut serba tidak menguntungkan, biasa disebut dengan istilah buah simalakama. Contoh kalimat: Narjo menghadapi pilihan yang serba sulit, bagai buah simalakama.

Masih banyak istilah lain yang menggunakan buah sebagai obyek perumpamaan. Dalam perkembangannya, tidak menutup kemungkinan akan semakin bertambah menyesuaikan perkembangan dan bahasa yang kian rancu. Eh, mohon maaf, jadinya kok seperti pembahasan pelajaran Bahasa Indonesia begini, padahal saya tak pandai-pandai amat dalam bidang ini. Tak apa, semoga saja bisa bermanfaat, buah pemikiran yang sangat disayangkan kalau tidak saya tuangkan disini. 

Oh, iya, hampir kelupaan. Laki-laki dan perempuan juga memiliki buah, tapi tak perlu saya jelaskan, bukan?.
Bermain Dengan Kata: Buah 4.5 5 Sukadi July 8, 2015 Secara harfiah, pengertian buah adalah hasil atau bagian dari tanaman yang berasal dari bunga yang ...


5 comments:

  1. kok buah pisangnya gak ada mas, wah bahasa indonesia banget nih tema blognya :D salam kenal ya #blogwalking :)

    http://dsukmana.wordpress.com
    http://soloinfoID.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan tidak ada, tapi belum ada, nanti bisa ditambahkan kalau memang perlu :)
      salam kenal, terimakasih kunjunganna

      Delete
  2. artikelnya kereennn , cukup menambah wawasan juga, shipppp

    ReplyDelete
  3. lucu banget gan artikelnya...
    ternyata ada banyak ungkapan dari kata buah ini
    yang pertama kali ane dengar yaitu buah sikalakama..
    artinya juga sangat sulit :p

    ReplyDelete
  4. buah jantung tidak ada gan?

    informasi yang sangat bermanfaat ini bagi anak muda sekarang karena kata2 ini sudah jarang terdengar di zaman ini

    ReplyDelete