Operator Seluler Yang Semakin Ngawur - Sukadi.net

January 17, 2011

Operator Seluler Yang Semakin Ngawur

Hari ini saya merasakan ke-ngawur-an operator seluler yang saya gunakan, sebuah hal yang tidak seharusnya terjadi untuk ukuran operator yang sudah memiliki puluhan juta pelanggan, bahkan  usianya sudah  puluhan tahun. Sebenarnya apa yang saya alami hanyalah hal yang sepele, tapi menurut saya itu ngawur dan kurang mencerminkan profesionalisme.

Tadi siang, saya mendapatkan SMS dari operator, yang intinya adalah pemberitahuan tentang mobile newspaper yang gratis pada 30 hari pertama. Di SMS tersebut juga disertai dengan iming-iming kesempatan memenangkan iPhone 4 & iPad 3G. Karena saya tidak berminat, maka saya abaikan SMS tersebut. Permasalahan hadir ketika selang beberapa waktu saya mendapatkan SMS dari layanan mobile newspaper tersebut, yang intinya bahwa nomor saya sudah di aktifkan untuk berlangganan layanan mobile newspaper tersebut. Ngawur bukan?, padahal saya tidak merasa mendaftar untuk berlangganan, tapi kenapa saya otomatis di daftarkan.

Kurang senang dengan hal ini, kemudian saya menghubungi call center, untuk memperjelas duduk perkara sekaligus untuk protes. Dari penjelasan opertor, memang ternyata SMS berlangganan tersebut diaktifkan secara otomatis, karena pada 30 hari pertama memang gratis. Karena setelah 30 hari perbulannya harus membayar, maka saya minta sama operator untuk menghentikan layanan berlangganan tersebut, selain tidak tertarik, saya juga tidak suka cara yang digunakan untuk mendapatkan pelanggan.

Sebenarnya bukan sekali ini saja saya merasa dikecewakan oleh operator seluler yang saya pakai. Dulu saya juga pernah komplain ketika dapat SMS program bicara sekian menit gratis bicara sekian menit ke sesama operator. Masalahnya, setelah saya melakukan seperti yang disyaratkan, ternyata bonus tidak kunjung masuk. Sebenarnya bukan masalah bonus yang saya ributkan, tapi masalah promosi yang mengecewakan, walau sudah komplain, toh bonus tidak saya dapatkan.

Mungkin apa yang saya alami hanyalah sekelumit kecil ke-ngawur-an yang dilakukan oleh operator seluler, bukan hanya operator seluler yang saya gunakan, mungkin operator seluler yang lain juga sama. Apalagi sekarang ini operator seluler ramai-ramai bersaing mendapatkan pelanggan, promosi yang ditawarkan pun bermacam-macam, sampai-sampai (terkadang dan terkesan) tidak masuk akal. Tapi, apa yang saya rasakan bukanlah sebuah alasan untuk saya pindah ke operator lain, bagi saya ini hanyalah sebuah dinamika. Saya berharap, semoga hanya saya yang mengalamai hal kurang menyenangkan ini, semoga pelayanan dari operator seluler bisa lebih baik lagi, dan tidak ada ke-ngawur-an lagi dalam pelayanan maupun dalam promosi.

Apakah Anda punya pengalaman dengan operator seluler Anda?. :)

Bagikan artikel ini

42 comments

  1. wah, ko' terkesan memaksakan gitu ya mas, seharusnya operator seluler harus bersikap profesional, karena pelanggannya kan dari berbagai kalangan, bukan semuanya menginginkan mobile newspaper. semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi mas.

    ReplyDelete
  2. Untung aja operator selularnya nggak kenal No. HP saya...

    ReplyDelete
  3. @Dwi: iya Mas, saya pun juga kurang begitu suka dengan cara yang di gunakan... semoga saja nggak terulang lagi kedepannya. trimakasih Mas.

    @marsudiyanto: apa mungkin operator selulernya kenal nomor saya ya, Pak? :)

    ReplyDelete
  4. yah itu mah kejadian klasik pada akhir2 ini. Saya juga kena tuh, tiba2 dapat SMS, Anda mendapatkan layanan akses internet gratis sampai dengn tanggal 14-1-2011. Apabila anda tidak ingin berlangganan dapat melakukan unreg di menu hp anda.
    Masalah yang timbul di hp sederhana yang saya gunakan tidak ada fasilitas untuk itu. Mau unreg ga dikasih tahu catanya gimana yang otomatis tanpa melewatu menu di hp. Kalau ga di unreg, pada hari esoknya kita udah kena pengurangan deh. Bukan masalah 3000 atau 5000 rupiah yang akan di debet dari pulsa, tapi kita jadi membuang waktu dengan menelpon operator untuk unreg....apakah ini bisa kita adukan ke YLKI yah??

    ReplyDelete
  5. @NECKY: Kalau cuma SMS promosi saya nggak begitu masalah, tapi kalau sudah mengaktifkan secara otomatis tanpa sepengetahuan kita, itu yang menjengkelkan, bisa dimasukkan dalam kategori penipuan.
    Harusnya YLKI bisa menanggapi keluhan semacam ini, Pak.
    terimakasih

    ReplyDelete
  6. hehe.. untungnya saya terbebas dari hal ini mas hehee..
    kalau blh tau memang operatornya apa mas?

    ReplyDelete
  7. Kayaknya bukan panjenengan saja kug mas, aku juga sering dapat pelayanan gak enak,, tiba-tiba pulsa kezedot..

    ReplyDelete
  8. sekarang promosinya banyak yang menjebak customer. :(

    ReplyDelete
  9. konsumen hanya bisa mengeluh
    padahal sudah berulang-ulang dirugikan
    ya begitulah kita
    negeri ini belum melindungi rakyatnya'
    salam sukses..

    sedj

    ReplyDelete
  10. sebutin aja mas operatornya apa2.. jadi kalo banyak review negatif dari blogger seperti kita2 ini.. para operator ga semena2.. :) selama ini saya pikir ga ada tekanan ke pihak mereka.. karena keluhan sebatas obrolan diwarung kopi

    ReplyDelete
  11. @tomi: sukurlah kalau Mas Tomi nggak terkena... :)
    operatornya apa ya?, maaf mas, takut salah sebut :D

    @Anas: memang sekarang mengecewakan, untungnya saya belum sempat kesedot pulsanya, tap seandainya nggak komplain mungkin kesedot juga... :)

    @kumpulan hot threads kaskus: yah, kasihan yang nggak ngerti.. :(

    @sedjatee: karena hanya sebatas itu kemampuan konsumen, mau mengadu salah-salah malah di tuntut pencemaran nama baik... susah memang... :(

    salam sukses..

    ReplyDelete
  12. @Goyang Karawang: Saya pikir sedikit pengaruh dari apa yang kita sampaikan, sudah berapa sering orang mengeluh lewat tulisan dan media, namun tetap saja jadinya begini. Bukan saya nggak mau menyebutkan nama operator selulernya, namun saya buta hukum dan masih takut kalau salah ngomong bisa-bisa dituduh pencemaran nama baik... he.he..
    terimakasih

    ReplyDelete
  13. aku paling benci dengan telemarketing

    ReplyDelete
  14. Assalamu'alaikum Kang
    bertahun-tahun saya pake satu nomor dan setiap kali ada em es seperti itu ndak pernah saya buka, langsung delete.
    terima kasih penjelasannyua Kang semoga bermanfaat bagi semua orang

    ReplyDelete
  15. Saya pernah juga pakai operator "anu" maaf dari atas ga ada yang jelas nama operatornya jadi mau saya perjelas nanti dikata lancang..
    Intinya saya berlangganan paket internet 7 hari unlimited..
    Tapi sistem rupanya sedang error
    2 hari saya pakai selebihnya bayar..
    Untung sekarang sudah beres.. :)
    Salam..

    ReplyDelete
  16. saya juga sering dapat sms menang itulah menang ini lah tapi biasanya saya abaikan

    ReplyDelete
  17. enaknya kita apain, ya? boikot apa kampanye negatif? *tapi khusus kepada yang bandel lho, ya....*

    ReplyDelete
  18. @attayaya: kalau saya, lebih tepatnya nggak suka di bohongi/di bodohi.. :D

    @Djangan Pakies: Walaikumsalam Kang...
    saya juga dari awal nggak ganti-ganti Kang, mau ganti operator males, papun alasannya he.he.

    @Iki: Saya pikir hampir semua operator pernah menimbulkan kekurang nyamanan, tapi semua pasti ada penyelesain walau butuh proses dan waktu :)

    @andinoeg: kalau SMS menang hadiah sih pastinya bohongan, kecuali kalau kita memang ikut program undiannya :D

    ReplyDelete
  19. @blontankpoer: bingung mau di apain Pak, sulit mencari mana yang bandel mana yang tidak, mending manut wae, biarkan pelanggan yang menghakimi... :D

    ReplyDelete
  20. Akal2an operator itu Kang....

    ReplyDelete
  21. Operator apa mas yang digunakan?
    Buka-bukaan aja mas, gak masalah kok :D
    Kasian banget ya operatornya, memaksakan kehendaknya, heuheu...
    Parah deh :D

    ReplyDelete
  22. @Sugito Kronjot: mungkin juga Kang.. :)

    @Zippy: operator 'anu' :D
    nggak enak mau buka-bukaan, biar begini saja, kalau misalnya operator yang bersangkutan baca pasti terasa :D

    ReplyDelete
  23. hehe.. ya kan gak perlu disebutkan secara jelas mas hehehe

    ReplyDelete
  24. Sukadi Brotoadmojo18 January, 2011

    @tomi: pengennya sih begitu Mas, tapi... :(

    @eko susilo: sekarang memang semakin berani operatornya, kadang tanpa konfirmasi dulu tiba-tiba diaktifkan. harus lebih hati-hati terhadap setiap penawaran, biar nggak terjebak...

    @Admin: terimakasih informasinya ya... :)

    ReplyDelete
  25. Satu kata buat semua operator INA terutama yg GSM: DAMN!!!

    Mencekik.

    Sy sdh coba semua operator GSM, dan semua promo dan segalanya berakhir dgn ke-bullsdamnshit-annya. Maaf klo kasar ya...

    Semua pelanggan INA di fait accompli sm operator. Klo bkn krn urusan kuliah dan keluarga, sdh dari dulu kubuang sim card ke tempat sampah plg jorok. Sorry lg klo kasar.

    ReplyDelete
  26. sebenarnya yang mas rasakan hampir pernah di rasakan semua orang,termasuk saya...
    tapi mungkin itu imbas dari tren telekomunikasi yang tidak lagi mengandalkan voice dan sms,tren sudah bergeser ke data dan layanan konten...

    karena dari sisi profit layanan voice dan text sudah kurang menghasilkan,maka layanan konten dan data di genjot,termasuk dengan cara yang kurang fair seperti di atas..

    dan biasanya untuk menonaktifkan layanan seperti itu prosesnya agak lama dan berbelit,terbentur sop masing2 provider...
    semoga saja provider selluler lekas berbenah...

    ReplyDelete
  27. Kalo saya langsung komplin ke Graha ,,beres deh

    ReplyDelete
  28. kayaknya emang banyak tuh mas... operator seluler yang ngawur sekarang ini... promosinya aja yg digencarin... eh ternyata setelah dipake enggak sesuai kenyataan... payahhhh tenan...

    ReplyDelete
  29. Sama... Istriku jg pernah mengalami!

    ReplyDelete
  30. Wah, iya tuh. Saya juga pernah gitu, tiba2 dapat sms bahwa langganan ringtone telah sukses. Saya cek beberapa hari, pulsanya nggak kepotong, ya udahs aya biarkan..

    ReplyDelete
  31. jadi setelah satu bulan harus bayar ya
    masalahnya aku dapat MMS dari KOMPAS gartis 1 bulan

    ReplyDelete
  32. mmm, sejauh ini sih blm pernah tuh...coz tiap aku nerima sms yg intinya tentang peregistrasian atw berlangganan, aku cuekin aja... yg penting selama pulsa aku msh utuh alias blm kesedot, aku biarin aja sob.

    ReplyDelete
  33. sebuah pengalaman yg akan menjadi sebuah pelajaran utk kita2 sob.. mksh ya udh dishare

    ReplyDelete
  34. hi, I'm a newbie, please support me, follow me please
    I'll do the same
    ^_^

    ReplyDelete
  35. aku juga dapat dari TELKOMSEL (kompas)

    ReplyDelete
  36. Mungkin saatnya kita ganti nomer ke kartu BLT aja Mas.. jika habis pulsane bisa langsung minta ke balai desa hahaha

    ReplyDelete
  37. Udah pernah juga 'ngomel' soal operator seluler di sini, di sana dan di situ.

    Dan semuanya disebutin operatornya :D
    Soal hukum memang gak ngerti, tapi yang penting berusaha menjaga kata-kata aja, supaya tidak 'menyerang', apalagi sampai menggunakan kata-kata kasar.

    *tetap menantikan operator yang ideal*

    ReplyDelete
  38. operator jaman sekarang hufff,,kayaknya mau bangkrut tu operator,,hihihih

    ReplyDelete
  39. saya juga sering dapet sms seperti itu..
    sering juga dapet sms promosi gitu, disuruh ikut undian, kaLo yang sudah paham mungkin ga masaLah dan ga akan ikut REG dll, tapi kaLo yang masih awam kan bisa dirugikan...

    ReplyDelete
  40. saya kemarin juga dapat, tp langsung diunreg

    ReplyDelete
  41. @Skydrugz: memang tidak semua operator memberi kepuasan, terkadang promosi yang ditawarkan malah menjebak, wajar kalau banyak orang yang merasa kurang puas dan tidak senang dengan pelayanan operator di Indonesia.

    @widodo: mungkin akibat bermunculan operator baru dan jor-joran tarif yang imbasnya ke persaingan yang kurang sehat, kalau perlu menjbak pelanggan.. :)

    @Top Topik Terkini: tidak semua komplain bisa langsung beres, kok. banyak yang merasa dipermainkan dengan komplain yang mereka ajukan... :)

    @albertoes goentoer tjahjadi: bikin mangkel Pak kalau misalny kena jebkan promo operator.. :)

    @Rizky2009: kalau sudah dikembalikan pada prinsip kebutuhan, jadinya harus menerima setiap hal yang terkadang kita anggap merugikan.. :)

    @Pakeko: berarti saya nggak sendiri :)

    @Haqqi: masalahnya saya tanya customer servis, sebulan gratis bulan depannya lagi bayar.. :)

    @Imtikhan: nah, berarti sama seperti saya Mas. tapi saya langsung komplain dan tak suruh unreg langsung.. :D

    ReplyDelete
  42. @Penghuni 60: semoga saja nggak kejadian sama Anda, kalau saya juga belum sempat kepotong pulsanya kok, tapi seandainya nggak tak unreg mungkin bulan depannya bakalan kepotong :D

    @Science Box: sama-sama... :)

    @Kay: terimakasih :)

    @Tip Trik Tip: semoga saja jebakannya nggak kena... :D

    @Lozz Akbar: pengennya sih seperti itu, tapi sekarang sudah nggak musim BLT e Mas.. :D

    @erricgunawan: ya, beda orang beda pandangan, itu wajar. saya juga nunggu operator yang ideal.. :)

    @HeQris: mungkin juga.. :D

    @Hari Mulya: kalau sekiranya merugikan, nggak pernah saya tanggapi, kalau perlu komplain sama customer service nya.. :D

    @Pencerah: sama dong.. :)

    ReplyDelete