Perbatasan Utara Purbalingga

Entahlah, apakah benar perkiraan saya saat menyatakan bahwa Kecamatan Karangreja adalah perbatasan Kabupaten Purbalingga yang berada disebelah utara. Kalau menilik pada arah perjalanan saya saat pergi ke Slawi, mungkin perkiraan saya tidak melenceng terlalu jauh. Tapi, diluar konteks benar dan salah, saya pikir semua hanyalah sebuah persepsi, dan itu wajar menurut saya. :)

Peta Kecamatan Karangreja, Kab. Purbalingga
Untuk kondisi geografis daerah perbatasan ini adalah berbukit-bukit, sehingga kondisi jalannya pun naik turun, dan banyak tikungan tajam disini, sehingga tak jarang kecelakaan terjai disini. Pada waktu tertentu, daerah ini sering tertutup kabut, biasanya saat sore dan menjelang malam hari.


Bicara soal Purbalingga bagian perbatasan ini, kadang terlintas dalam benak saya tentang sebuah "ide ngawur", seandainya ada investor yang mau mengelola dan menjadikan perbukitan dan hamparan hijau ini sebagai tempat wisata, saya pikir bisa menjadi alternatif wisata dengan nuansa alam di Purbalingga. Karena potensi alam disini menurut saya bisa dimaksimalkan, dengan modal awal kondisi alam yang masih hijau, ditambah dengan jalur alternatif yang cukup ramai. Latar belakang dibagian barat adalah Gunung Slamet, cukup rasanya menjadi tempat yang cukup nyaman untuk melepas penat dan "bersenang-senang".

Wujudnya bisa sebagai rest area, penginapan, atau bisa juga wisata alam. Berkaca dari Owabong yang dulunya "bukan apa-apa" hingga menjadi yang sekarang ini, tentunya tidak menutup kemungkinan jika nantinya wilayah perbatasan ini di permak menjadi tempat yang memikat bakal menjadi daya tarik tersendiri. :D


Tapi sudahlah, itu hanyalah sebuah gagasan yang ada dibenak saya, lupakan saja. Sekarang, menikmati pemandangan yang ada cukup rasanya memberi sedikit warna dalam cerita hidup saya. Sebab, hampir seminggu sekali saya 'menikmati' tempat ini. Ya, setiap perjalanan pulang pergi Slawi-Purbalingga saya pasti melewati tempat ini. Dan hari Sabtu dan Senin kemarin saya iseng men-jepret beberapa titik ditempat ini. Seperti pada foto-foto di atas. :)

*gambar peta dari kotaperwira.com

14 Comments:

  1. nuansa hijaunya masih begitu terjaga kayaknya indonesia banget hehe... di ikut sertakan aja dlm ajang tujuh warisan alam keajaiban dunia kaya pulau komodo :D

    ReplyDelete
  2. @yayack faqih: keajaiban dunia?, terlalu berlebihan, karena alam seisinya itu ajaib. :)

    ReplyDelete
  3. Sepertinya saya belum pernah lewat daerah itu mas kadi, atau pernah tapi ga tau :D

    Saya asli purbalingga tapi jarang sekali pergi jauh ke luar purbalingga, terutama dengan kendaraan sendiri - selain ke purwokerto.

    ReplyDelete
  4. boleh saja dijadikan objek wisata, asal bisa menjaga kelestarian.. :D

    ReplyDelete
  5. @eko susilo: ini jalur alternatif pemalang-purwokerto, mas. kalau misalnya pernah lewat karangreja, mungkin pernah melewati tempat ini :)

    @mabrurisirampog: ya, mungkin butuh keseimbangan mas :)

    ReplyDelete
  6. suasananya asih alami, ingin pulang kampung juga ah....

    ReplyDelete
  7. assalamu'alaikum Kang
    mudah-mudahan investornya Njenengan Kang, yang menjadikan kawasan itu semacam 'PUNCAK' untuk kawasan Purbalingga, karena kondisinya masih adem ayem

    ReplyDelete
  8. @fakta unik: ya, kurang lebih demikian suasana aslinya :)

    @Sriyono Semarang: ayo pulang kampung saja mas :)

    @Djangan Pakies: Walaikumsalam Kang,
    amin, semoga saja Kang :)
    kebetulan ditempat ini memang masih hijau, dengan tempat saya kira-kira 14 KM.

    ReplyDelete
  9. Masih hijau dan nampak indah, sangat cocok buat refreshing :D

    ReplyDelete
  10. @Nyenengke: demikianlah.. :D

    ReplyDelete
  11. Sepertinya idenya perlu ditindak lanjuti, kan sekarang sudah banyak tempat "biasa" yang diubah menjadi tempat yang "luar biasa" hehe.. saya sepakat dengan idenya :)

    ReplyDelete
  12. @TV Online - Live Streaming: Benarkah?, itu hanya ide ngawur kok, tapi seandainya saja ditindak lanjuti mungkin oke juga lho hehe..

    ReplyDelete
  13. salam kenal mas.. wah bis jalan-jalan ke purbalingga ya

    ReplyDelete