Modus Penipuan Yang Semakin Ngawur

 On December 4, 2011  

Mungkin bukan hal baru lagi kalau banyak orang yang ingin menipu lewat pesan singkat (SMS) di HP. Kalau beberapa tahun yang lalu, sering kasus penipuan dengan modus hadiah dari program maupun produk tertentu, "pemenang" disuruh menghubungi nomor telphon atau nomor HP yang tertera disana. Meskipun tak banyak, tapi ada juga yang sudah menjadi korbannya.

Setelah terjadi banyak pengaduan dan makin banyaknya orang yang menyadari modus tersebut, lambat laun penipuan lewat SMS dengan modus tersebut mulai berkurang. Dan kini, selang beberapa tahun kemudian, muncullah modus baru yang terkesan aneh dan lucu. Ada yang minta dikirim pulsa, ada yang mengaku ibu, mama, bapak, yang intinya minta dikirimi pulsa. Seperti ini contoh SMS nya:

"Beliin dulu mama pulsa As/20ribu di nomor barunya mama ini nomornya 085211428218 secepatnya penting, saya tunggu ya dan ini Nomornya orang aku pinjam."

Itu sudah agak lalu, yang terbaru, modusnya minta atau istilahnya SMS nyasar yang menyuruh mengirim uang ke nomor rekening tertentu. Waktu dapat pertama kali, saya pikir itu SMS nyasar, tapi setelah berkali dapat dengan isi yang serupa, maka saya simpulkan itu juga modus penipuan baru. Seperti ini salah satu isi SMS nya:

"Uangnya dikirim aja skarang ke rek BRI a/n: NINA FEBRIANTI no/rek: 0058-01-070890-50-1. Kalau sudah dikirim sms aja.thx"

Nah, dengan demikian maka saya simpulkan kalau si pengirim SMS masih dalam tarap uji coba, menipu dengan metode spekulasi. Bagaimana tidak?, dari contoh metode yang digunakan diatas, hampir semua tidak berlogika. Apakah dipikir semua orang punya HP?, atau kah semua orang sedang bertransaksi menggunakan rekening bank?. Ah, modus yang "bodoh", gumam saya. 

Menipu itu penuh dengan spekulasi, tapi kalau modus yang digunakan juga seolah ngawur, lalu apa jadinya?. Entahlah, apa lagi modus yang akan dipakai setelahnya, semoga saja kita lebih berhati-hati, bagaimanapun juga, modus penipuan lewat SMS menurut saya akan terus berganti. Apakah Anda juga pernah dapat SMS seperti ini?
Modus Penipuan Yang Semakin Ngawur 4.5 5 Sukadi December 4, 2011 Mungkin bukan hal baru lagi kalau banyak orang yang ingin menipu lewat pesan singkat ( SMS) di HP. ...


33 comments:

  1. Banyak modus baru bermunculan, meski yang namanya menipu via SMS itu penuh spekulasi, tapi kalau modusnya juga spekulatif jadinya tambah ngawaur dan lucu hehe

    ReplyDelete
  2. Kita kreatifnya salah arah pak, semua pada ingin cepat kaya, begitu tarif sms dimurahin, trik trik spekulatif menipu orang dikeluarin semua jurusnya...

    ReplyDelete
  3. Oalah ternyata sms yang berpura-pura nyasar itu model penipuan baru ya pak,kemarin saya baru saja dapat SMS nya.Makasih infonya pak...

    ReplyDelete
  4. @hanyalah.com: semoga saja mereka kehilangan ide sehingga tidak mencoba berspekulasi lagi untuk menipu.. :D

    @Sriyono: Ingin cepat kaya tapi "malas berfikir", kalau memang karena tarif yang murah, saya pikir caranya tidak harus yang murahan juga hehe..

    ReplyDelete
  5. @Blog IKA: Ada 2 kemungkinan menurut saya. Yang pertama, karena mereka memang bodoh, dan yang kedua, mereka pandai tapi seperti orang bodoh..

    @Sitti Rasuna: Yang penting jangan sampai jadi korban, Mbak :)

    ReplyDelete
  6. @Arif Zunaidi: Aha,dulu saya juga pernah bales sms semacam ini, tapi sekarang sudah males hehe

    @darmanto: kalau sekali dapat, saya anggap salah kirim, kalau dua kali, mungkin masih nyasar, kalau dapat tiga kali?, apakah masih bisa dianggap SMS nyasar? :D

    ReplyDelete
  7. Wah, saya juga pernah dapet sms kayak gitu tapi malah saya bales mas, saya bilang aja kalau uangnya udah di transfer.

    Bales menipu ceritanya, hehe. tambah gak mutu.

    ReplyDelete
  8. Misal ada yg tertipu pun apa iya hatinya sdh mati > mmberi makan diri dn keluarganya dg uang haram?

    ReplyDelete
  9. Terkadang malah saya bales: "Tuhan itu ada"

    Semoga aja si pengirim bisa berpikir dua kali :)

    ReplyDelete
  10. @Dwi Jo: aha, boleh juga idenya, Mas.. ingin menipu tapi kena tipu hehe

    @Cara Mengobati: semoga tidak kena tipu :)

    @eko susilo: entahlah, Mas.. nyatanya silih berganti modus yang digunakan untuk menipu lewat SMS :(

    @Ipras: semoga saja demikian... :)

    ReplyDelete
  11. Namanya jaman sdah edan mas, semua jadi ikut-ikutan. yang terpenting buat kita adalah selalu waspada dan jangan terpengaruh dengan iming-iming atau rayuan yang gak jelas sumbernya

    ReplyDelete
  12. assalamu'alaikum Kang,
    susahnya kalo SMS itu hadir pas tengah malem, kasian si kecil bangun mendengar dering hape. Makanya kalo malem saya matikan hapenya karena sering dapat sms seperti itu.
    makin bertambah hari makin unik saja cara orang mengelabui orang lain. Semoga kita dihindarikan dari hal-hal yang demikian

    ReplyDelete
  13. Kalau saya, saya cuekin aja. Tapi ya was-was juga kalau cara penipuannya nanti makin canggih.

    ReplyDelete
  14. @Berita Gadget: ya, yang penting harus hati-hati, banyak yang ngawur dan tidak jelas, ujung-ujungnya penipuan :(

    @Djangan Pakies: Walaikumsalam Kang,
    SMS nya tidak jelas kapan datangnya sewaktu-waktu dan sebenarnya tidak kita inginkan. Semoga kita tidak kena "perangkap" yang seperti ini. amin

    @isnuansa: saya juga tidak tanggapi karena sudah sering modus yang seperti ini.. :(

    ReplyDelete
  15. hati-hati mas.. soalnya kalau bales sms malah pulsa kita yg kesedot tanpa henti

    ReplyDelete
  16. @tomi: iya, Mas.. saya tidak pernah menanggapinya.. terimakasih :)

    ReplyDelete
  17. buat yg nggak punya HP ayem dong, paling tidak nggak ada gangguan deringan HP dan gangguan penipuan :)

    ReplyDelete
  18. @Ely Meyer: adem karena ga dapat SMS, panas karena kepingin punya HP :D

    ReplyDelete
  19. Saya sih sudah berkali2 mas dapat sms seperti itu.
    Tapi ya saya cuekin aja, gak ditanggapin sedikitpun :D

    ReplyDelete
  20. Penipuan seperti itu sering terjadi dan meresahkan,tapi ya waspada saja dan hati hati..

    ReplyDelete
  21. @Cara Mengobati: ya, sayapun tidak memperdulikannya :D

    @Zippy: Berarti sama dengan saya :D

    @SUKSES: seperti pesan bang napi: waspadalah.. waspadalah.. :D

    ReplyDelete
  22. yang anehnya kang ada juga yang tertipu seperti terhipnotis betul-betul kirim uang meski cuma dapat sms seperti itu ck ck

    ReplyDelete
  23. itu mah penipuan perorangan mas,soalnya spamming sms kaya begitu gampang,aku aja bisa,hehehe

    ReplyDelete
  24. sekarang yang paling parah yang punya anak seumuran anak SD, ada sms atau telpon ngaku ngaku dokter, bilang si anak dirawat harus segera dibayar kalau tidak tidak akan ditangani... temenku kemarin kena, tapi dia cek dulu ke sekolah ternyata anaknya ada... parahh

    ReplyDelete
  25. sering juga sih terima sms yang berbunyi gitu..
    klo udah jengkel kadang aku balas"sorry penipu anda tipu" hehee

    ReplyDelete
  26. kalau saya mah saya cuekin aja.... mungkin itu kerjaan orang2 males aja... hu-uh

    ReplyDelete
  27. Wkwkwkkkkkk.......
    saya dulu pernah d kerjain hampir sama kyk gitu, waktu itu saya di kejut kan "selamat anda mendapatkan Mobil Avanza" kirimkan data diri anda Nama, No KTP, Tmpt Tggl lalu kirim ke no sekian2....

    saya ikuti aja dengan maksud ingin mengerjain kembali alhasil setelah saya puas mengerjainnya saya ketawa2 sendiri lihat sang penipu kena tipu.. wkkwwkkkkkkkkk

    ReplyDelete
  28. aku pernah dapet tuh Mas, yg minta ditransfer kan uang ...
    hedeh hedeh...dipikirnya siapa? opo mbahmu tho ??
    lagi pula kok ya tega2nya kirim sms ingin mendzolimi pensiunan gini .... :(
    salam

    ReplyDelete
  29. Jujur, saya sempat hampir ketipu saat menunggu rek orang lain untuk TT sesegera mungkin. Tiba2 no ini masuk, untungnya saya segera konfirmasi.

    Hebat ya penipuan sekarang, kesempatan begini bisa memungkinkan diantara 1000 :D

    ReplyDelete
  30. gara gara mudus ini saya.. kena 125 juta..pembayaran mobil padahal g masuk logika yang sudah kena coba share... tapi saya rasa banyak yang kena. jadi jangan di pikir modus ini kacangan...

    ReplyDelete
  31. Saya juga hampir tertipu, ada yang nelpon menggunakan no 082191940056, mengaku sebagai edi marketing dari Almadani ( http://www.sarimbitalmadani.com )
    untungnya saya check cross ke pak edi, dan beliau bilang tidak pernah menghubungi.
    hati2 terhadap no 082191940056
    dengan pura2 menawarkan produk busana muslim dengan discount yang menggiurkan.
    terima kasih atas dimuatnya tulisan ini

    ReplyDelete
  32. banyak mas, modus penipuan kayak gini
    dan saya sih abaikan saja, wong gak tercantum di memori telepon hhehe

    ReplyDelete