Kata, Judul Tulisan, Dan Kesalahan Persepsi

 On September 12, 2012  

Terkadang asik juga bermain dengan kata-kata, banyak orang yang salah mempersepsikan sebuah kata karena memang dalam keseharaian/secara umum biasanya kata tersebut biasa melekat. Padahal, secara arti, kata tersebut bisa bermakna sangat luas.

Seperti halnya dalam sebuah tulisan, banyak yang merasa terkecoh dengan sebuah judul. Misalkan saja dalam postingan saya yang berjudul cerita malam pertama, padahal tulisan tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan cerita 'hot', maupun yang perbau p*rnografi. Namun sepertinya pola pikir sesorang (saya) sudah di setting sedemikian rupa sehingga mempersepsikan bahwa malam pertama itu "pasti" ada hubungannya dengan pengantin baru dan cerita yang 'berbau ranjang'. Bukankah malam pertama itu artinya kurang lebih malam pada hari yang pertama?.

Mungkin malam pertama masihlah sangat umum, yang lebih spesifik lagi misalkan kata s*x, yang pertama terpikirkan pasti yang berbau p*rnografi atau yang 'berhawa panas'. Padahal, bisa saja yang dimaksud bukanlah arti yang di asumsikan mengenai s*x p*rnografi, tapi s*x dalam konteks ilmu pengetahuan.

Dalam pecarian di google serta mesin pencari yang lain, tentunya tak begitu memperhatikan isi, karena yang ter-index biasanya adalah judul tulisannya. Maka, sering kita menemukan dalam pencarian, judul tulisan tak sama dengan isi yang terkandung dalam judul tulisan tersebut. Pernah suatu kali saya menemukan sebuah postingan yang memanfaatkan sebuah judul dan "kelemahan" dari google, dimana hanya judul tulisannya saja yang menarik, tapi isi tulisannya tidak ada, hanya tertulis: masih dalam rencana.

Memang sudah menjadi sebuah keterlanjuran saat orang terlanjur memaknai sebuah kata dengan sesuatu yang umum di gunakan, meski pun terkadang makna kata tersebut berbeda dengan apa yang di asumsikan. Banyak yang memanfaatkan mesin pencari untuk membuat orang tertarik dengan sebuah judul tulisan, entah itu yang berbau 'hot', atau judul yang populer dalam pencarian, meski terkadang kurang atau tidak di imbangi dengan isi yang relevan dengan judul yang dibuat. Tak apa, semua orang punya hak untuk merangkai kata sesuai dengan persepsi mereka masing-masing, meski terkadang orang lain salah dalam mempersepsikan kata tersebut. :)
Kata, Judul Tulisan, Dan Kesalahan Persepsi 4.5 5 Sukadi September 12, 2012 Terkadang asik juga bermain dengan kata-kata , banyak orang yang salah mempersepsikan sebuah kata...


21 comments:

  1. banya juga blogger yang mempermainkan kata2 dengan memakai judul yang "HOT" hanya untuk menjaring pengunjung, padahal isi tulisannnya tidak sedahsyat judulnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entahlah, bisa jadi demikian. :)

      Delete
  2. setuju kang,,memagn sis dari artikel nya tidak tertangkap oleh google,,jadi banyak kata kunci yang bertebaran tapi isis tidak sesuai yang diharapkan..

    ReplyDelete
  3. halah.. mancing-mancing kata kunci "nyeleh" buat yg browsing2 ya? :D

    oya, berarti postingan saya yg terbaru yang judulnya "Cahaya tanpa bayangan" pasti gak akan kejaring google.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang begitu paham, soal posting terindex oleh google atau tidak, saya kurang tahu.. :)

      Delete
  4. Itu kata yang "orang indonesia" masih bnyk menghubungkan kesana ya mas. Lain lagi di blog saya dulu yang pernah saya debatkan dulu sama pengunjung ternyata saya salah, ternyata kata kunci tentang miyabi walau diberi gambar miyabi berpakaian kebaya google ttp tidak mau tau, dn gara2 itu blog saya di blaclist dr program google adsense ...dasar robot gedeg (google) :D

    Jadi intinya walau dilihat mata baik, robot google tetap menilai "kata" sebagai acuannya,,, Piss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, makanya banyak yang memanfaatkan 'kelemahan' google sebagai senjata menarik pengunjung :)

      Delete
  5. banyak katu kunci yang kurang sesuai dengan yang dicari oleh google
    kata - kata yang mengambang dapat salah pengertian

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa yang demikian. :)

      Delete
  6. Berarti SEOne mangansetab euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya menggunakan kata menjadi SEO yang terlihat mudah :)

      Delete
  7. Yang menjengkelkan, nek diubeng-ubengne, padahal nggak ana :D

    ReplyDelete
  8. Itu salah satu kelemahan mesin ra bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin saja mesin pencari perlu ditambahi pendeteksi kata :D

      Delete
  9. hal tersebut terjadi karena google bukanlah manusia melainkan hanya mesin yang hanya bekerja dengan perintah tanpa mempunyai kesadaran diri .


    ditunggu kunjungan nya yaa !!!

    ReplyDelete
  10. persepsi orang memang beda2 akan judul tulisan di blog, begitu juga dengan persepsi para blogger dalam memahami siapa saja kira2 pembaca blog nya sehingga berpengaruh pada penentuan judul posting/tulisan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat yang "pintar", biasanya judul tulisan menjadi sebuah senjata untuk menarik pengunjung, apalagi judul yang banyak dicari. Walau terkadang isi posting kurang sesuai dengan judulnya :)

      Delete
    2. asal "kurang sesuai"-nya tidak berlebihan gpp mas hehehe :D

      Delete
  11. Jangankan blogger, berita2 itu juga masih menggunakan judul hot. Terbukti ampuh walaupun isinya hanya tersinggung sebaris kata

    ReplyDelete