Jangan Anggap Modus Kacangan, Ini Serius!

 On January 3, 2012  

SMS penipuan, sering kita mendengar atau bahkan mendapatkan kiriman SMS dari orang yang tidak bertanggung jawab. Ada yang pura-pura menjadi mama yang minta pulsa, ada yang pura-pura pemberitahuan undian, ada yang pemberitahuan nomor rekening, dan masih banyak lagi modus lainnya.

Beberapa kali saya menulis disini tentang beberapa SMS masuk yang menurut saya itu adalah modus penipuan. Saya menemukan sebuah komentar masuk dari anonim dalam postingan saya soal  modus penipuan lewat SMS. Berikut ini adalah komentar dari anonim tersebut:

gara gara mudus ini saya.. kena 125 juta..pembayaran mobil padahal g masuk logika yang sudah kena coba share... tapi saya rasa banyak yang kena. jadi jangan di pikir modus ini kacangan...

Entahlah, diluar konteks benar dan salah pernyataannya, tapi saya pikir perlu juga saya bagikan disini, agar nantinya kita (saya) akan lebih hati-hati dalam menyikapi sebuah SMS yang masuk. Karena saya pernah mendengar cerita bahwa dari SMS yang berbau spekulatif semacam ini ternyata mampu memakan banyak korban.

Seorang ibu pernah melapor ke polisi karena menjadi korban penipuan, awalnya dia mendapatkan SMS pemberitahuan kalau dia mendapatkan hadiah, lalu dia telfon nomor yang disertakan pada akhir SMS tersebut. Nah, dari kontak telfon inilah si ibu "di giring" ke ATM untuk mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening tertentu. Sekali berhasil, kemudian dibimbing lagi, berulang sampai akhirnya ibu ini sadar kalau dia telah ditipu. Saat dihubungi kembali nomor tersebut sudah tidak aktif.

Saudara saya pun hampir kena, dia sudah "di giring" sampai ATM, tapi belum sempat mentransfer sejumlah uang, keburu dia sadar kalau sepertinya SMS yang dia terima sebelumnya tidak mungkin. Belajar dari beberapa kasus tersebut, rasanya tidak berlebihan kalau orang yang berkomentar sebagai anonim tersebut memberikan penegasan bahwa modus-modus yang terlihat sepele tersebut bisa jadi modus yang sudah banyak memakan korban. Jadi, jangan anggap SMS semacam ini remeh, ini bukan modus kacangan, ini serius!.
Jangan Anggap Modus Kacangan, Ini Serius! 4.5 5 Sukadi January 3, 2012 SMS penipuan, sering kita mendengar atau bahkan mendapatkan kiriman SMS dari orang yang tidak bertanggung jawab. Ada yang pura-pura menjadi...


19 comments:

  1. Saya ada juga menerima SMS yang aneh ini, Mas .
    Alhamdulillah, selalu saya delete , karena memang aneh begitu ........

    Semoga kita semua dilindungi dari SMS penipuan sejenis ini ,aamiin

    terimakasih utk share nya Mas
    salam

    ReplyDelete
  2. ada unsur hipnotisnya gak ya?, masalahnya ada seseorg di telpon oleh nomer tertentu mengatasnamakan sbg keponakanya minta di kirimin uang dengan dalih dirinya habis mengalami kecelakaan, org itu prcaya aja masalahnya suara yg di telpon itu bener2 suara org yg sudah di kenal yaitu keponakanya. Tau2 keponakanya malah lagi masuk kuliah. Sadar2 dirinya merasa kena tipu setelah mentransfer banyak uang.

    ReplyDelete
  3. @bunda Lily: Saya beberapa kali dapat, Bunda
    tapi tidak pernah saya tanggapi, tapi ternyata banyak juga yang sudah jadi korban SMS semacam ini..

    Terimakasih, Bunda
    Salam

    ReplyDelete
  4. @Yayack Faqih: Saya kurang paham, tapi sepertinya mereka yang menelphon ke sana banyak yang "digiring" ke ATM dan mau mentransfer uang, ada yang kemudian sadar dan ada yang terlanjur mengirimkan uang.

    ReplyDelete
  5. Serius, kang! kita harus hati-hati!

    ReplyDelete
  6. Harus lebih berhati-hati, jangan sampai kena perangkap SMS penipuan..

    ReplyDelete
  7. teman saya seorang cewek juga pernah kena sampai 4 juta lebih mas, padahal dia juga anak kuliah. terpaksa bapaknya harus jual sapi, karena ditagih penjual pulsa yang membawa polisi, soalnya si cewek ngutang pulsa untuk di transfer kepada si penipu.

    sepertinya kita memang harus selalu hati-hati dengan modus penipuan semacam sms ini.

    ReplyDelete
  8. sebenarnya itu tergantung ke pribadinya jg kang.. kalau kita pakai prinsip jgn percaya dengan hal yg berbau mudah dan gampang, pasti tidak akan tertipu :D
    sama kayak bisnis online yg menjamurr

    ReplyDelete
  9. @Eko Prih: siap, Pak! :)

    @Arti Peribahasa Indonesia: ya, semoga kita lebih hati-hati lagi.

    @blogger templates: terimakasih :)

    ReplyDelete
  10. @dwi gunungkidul: iya mas, sepertinya makin marak penipuan lewat SMS, dan korbannya juga sudah banyak.

    @tomi: kalau dipikir sebenarnya hal itu kembali kepada diri masing-masing, tapi kalau pas lagi "apes" bisa saja hal yang mudah itu terjadi :)

    ReplyDelete
  11. saya juga dulu pernah dah nyampe ATM, tapi saya cuma mainin aja lalu saya bilang saldo ATM saya cuma 30rb eh dianya marah-marah wkwkw.. kalau skarang mah SMS gituan udah saya abaikan aja..males hehe

    ReplyDelete
  12. assalamu'alaikum Kang,
    kita yang lebih mengerti tentang permasalahan ini perlu juga memberikan penjelasan pada orang di sekitar kita, karena ketidak pahamanlah membuat seseorang terbujuk mengikuti perintah si penelpon/SMS yang ada

    ReplyDelete
  13. Saya heran dengan pemerintah yang memberlakukan registrasi kartu. Sebenarnya pelaku bisa dicari, apalagi sekarang untuk melacak sumber sinyal sudah ada. tapi ko' dibiarin ya???

    ReplyDelete
  14. @crazyhusband: apakah mendingan isi ATM dikosongkan saja ya? hehe..

    @Kaget: itu permasalahan yang kompleks, sudah terlalu banyak masalah yang harus ditangani :D

    ReplyDelete
  15. Kayaknya masalah yang seperti ini harus bisa diselesaikan nie demi kenyamanan pengguna ,,

    ReplyDelete
  16. sms itu pernah saya tanggapi tapi cuma saya bales smsnya. " lagi ga ada duit"

    ReplyDelete
  17. anak saya sebagai tertuduh oleh teman akrabnya, katanya anak saya telp minta tolong dikirimi pulsa untuk para polisi yang nangkap anak saya karena nabrak orang dan polisinya mau damai cuma minta dikirim pulsa anehnya temen anak saya ini ngga check dulu, ke anak saya, langsung kirim. jumlahnya lumayan banyak 1 jt lebih. padahal anak saya sedang ada dikampung orang tua saya di purwokerto sedang belajar mengaji nomor yang telp adalah nomor daerah yang bukan dari daerah anak saya ini. nomor si penipu : 02679153487. dan apesnya lagi temen anak2 saya ini tetap menuduh yang melakukan penipuan adalah anak saya dan minta ganti uang yang dikirim ke penipu.

    ReplyDelete
  18. mas, gimana caranya supaya kita bisa mengambil scrip idblognetwork setelah kita mendaftar..?? mohn bantuan nya y mas, terima kasih sebelum nya.. sukses selalu...

    ReplyDelete